November 26, 2022

Untuk merintis bisnis memang banyak yang harus disiapkan, tak terkecuali modal. Banyak pula pemula yang merasa pesimis untuk merintis bisnis karena merasa hanya punya modal sedikit.

Kalau Juragan juga merasa seperti itu, tenang Gan! Dalam webinar JUBIR (Juragan Bisnis BukuWarung) yang lalu, BukuWarung berhasil mengulik-ulik tips bisnis dengan modal terbatas bersama Teuku Wisnu!

download aplikasi bukuwarung

Sebagai pemilik beragam bisnis, mulai dari kue kekinian hingga developer perumahan, Teuku Wisnu tentu sudah banyak mengalami pasang surut dalam merintis bisnis.

3 Tips Bisnis Modal Terbatas untuk Pemula ala Teuku Wisnu

Nah, kira-kira apa aja tips bisnis dengan modal terbatas ala Teuku Wisnu? Yuk, cekidot pembahasan berikut ini!

1. Cermat menangkap peluang di momen yang tepat

Buat Toko Online Sendiri

Buka usaha walau dengan modal terbatas tetap bisa untung kalau kita bisa cermat menangkap peluang di momen yang tepat, Gan

Seperti yang Teuku Wisnu jelaskan, “Misalnya untuk pengusaha baju muslim, pasti tahu bahwa permintaan baju muslim akan tinggi di momen menuju bulan Ramadan hingga Lebaran. Secara hukum bisnis, semakin tinggi demand, maka supply-nya juga harus banyak. Jadi harus bisa forecast (memprediksi) untuk meningkatkan jumlah stok di momen tersebut. Kalau biasanya hanya produksi 500 baju per bulan, maka ketika menjelang Ramadan bisa meningkatkan produksi menjadi 1.000 bahkan hingga 5.000 baju.”

Tidak hanya soal produksi atau stok, peluang juga bisa datang dari menyediakan pilihan model yang lebih variatif. “Menuju Lebaran, orang biasanya pengen banget tuh beli baju muslim satu family set. Jadi bisa kembaran sama suami, istri, dan anak-anak.” Jika cermat melihat peluang dari permintaan seperti ini, Juragan bisa memaksimalkan penjualan dan keuntungan Juragan.

atur keuangan usaha

Teuku menambahkan, “Ketika kita bisa menyanggupi permintaan customer yang tinggi tersebut, maka semakin tinggi pula penjualan dan keuntungan kita. Tapi ketika kita tidak bisa menyanggupi, maka akan ada lost sales. Kita menyia-nyiakan peluang yang di mana kita tahu bahwa pada momen-momen tertentu, permintaannya pasti tinggi.”

2. Dari masalah, terbitlah produk jualan

Ketika baru ingin merintis usaha, seringkali terkena dilema mau jualan produk apa, bingung apakah produknya sudah cocok untuk pasar, dan lain-lain. 

atur keuangan usaha

Katakanlah kamu memutuskan untuk jualan lontong pedas karena kamu suka makanan pedas. Nah, ada satu tips menarik dari Teuku: “Jangan sampai kita bikin sesuatu hanya karena kita suka. Boleh-boleh aja sebenarnya, tapi kita harus tahu, kira-kira ada pasar yang ‘makan’ produk itu gak?”

Teuku juga menjelaskan, “Jangan memulai usaha karena produknya. Tapi mulailah usaha karena customer dan problem-nya. Jadi yang harus kita lihat adalah problem dari orang itu apa sih.”

“Contoh nih, kami bikin produk Malang Strudel karena ada problem dari orang-orang yang habis jalan-jalan di Malang pengen pulang bawa oleh-oleh, tapi yang keren. Yang experience-nya beda. Maka dari itu, muncullah produk Malang Strudel untuk menjadi solusi atas problem tersebut.”

Nah kalau Juragan, kira-kira apa nih problem dari calon customer Juragan serta solusi yang bisa Juragan berikan?

3. Modal terbatas? Jangan cemas!

Sudah jadi rahasia umum kalau keterbatasan modal jadi masalah yang dialami banyak pemula. Tapi tahu gak Gan, kalau modal untuk memulai bisnis bukan hanya soal uang? Modal juga bisa dalam bentuk skill atau kemampuan, lho.

Kalau Juragan ingin memulai usaha makanan tapi modalnya sangat terbatas, mulai dari uang hingga kemampuan memasak yang tidak seberapa, Teuku Wisnu punya tipsnya: “Ambil aja produk orang. Jadi gak perlu ribet modalnya, masaknya, packaging-nya.”

“Walau kita gak punya modal, tetap ada peluang. Contoh, ada orang yang jualannya laku banget di Sektor 9 dan pingin buka di titik-titik yang lain, seperti Sektor 7 misalnya. Tapi dia gak bisa, karena gak ada orang yang ngurusnya. Nah, ini adalah peluang yang harus ditangkep oleh orang-orang yang pengen jualan tanpa modal.”

“Coba ngobrol sama orangnya, “Bu, saya lihat-lihat barang Ibu laku banget nih. Boleh gak Bu, saya bantu jualin di Sektor 7? Ibu gak perlu bayar saya, tapi saya ambil keuntungan dari penjualan saya ya, Bu.” Nah, gitu kan enak. Kita hanya perlu bantu jualan aja,” lengkap Teuku.

Nah itu tadi 3 tips merintis bisnis ala Teuku Wisnu yang bisa dicoba pemula dengan modal yang terbatas. Jangan lupa untuk tonton webinar JUBIR bareng Teuku Wisnu di YouTube BukuWarung untuk pembahasan yang lebih lengkap dan jelas. Semoga bermanfaat ya, Gan!

Artikel ini bersumber dari bukuwarung.com.