Desember 6, 2022

Saat sedang menjalankan sebuah situs, maka tidak jarang DNS akan mengalami error. Notifikasi yang mengindikasikan hal ini adalah munculnya tulisan “Not Responding”. Lantas adakah cara mengatasi DNS server not responding ini? Tentu saja ada.

Namun bagi yang yang belum terbiasa, maka harus tahu dulu seperti apa cara penyelesaian prosesnya. Setidaknya ada lima proses yang bisa dijadikan acuan penyelesaian. Penasaran seperti ini prosesnya? Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini:

1. Identifikasi Masalah Jaringan di Perangkat

Sebagai proses paling mendasar, pengguna bisa mulai melakukan identifikasi masalah jaringan di perangkat. Jadi terkadang, permasalahan utama bukan berada pada DNS atau bagian lainnya. Malah hal yang umum terjadi adalah masalah di bagian jaringan.

Oleh sebab itu, pengguna bisa memulai dengan menjalankan diagnostik jaringan. Untuk pengguna Windows, maka bisa memulai proses dengan masuk ke control panel, dan lanjutkan masuk ke bagian jaringan. Nantinya akan ada menu yang bisa diikuti.

Sedangkan untuk pengguna Mac, maka prosesnya bisa dijalankan di tombol “Option” dan masuk ke bagian “Wifi Status”. Saat ada opsi “Open Wireless Diagnostic”, maka bagian ini yang dijadikan pilihan untuk mulai mengidentifikasi masalah jaringan yang ada.

2. Gunakan Web Browser yang Lain

Solusi lain yang bisa dijadikan pilihan adalah dengan memanfaatkan web browser lainnya. Bisa jadi browser yang sedang difungsikan memiliki masalah, yang menyebabkan DNS juga mengalami kendala. Oleh sebab itu, disarankan untuk pindah browser.

Pilihan browser yang biasa dipakai adalah Mozilla Firefox. Jika ada kendala di browser ini, maka bisa memanfaatkan Google Chrome atau Microsoft Edge. Begitu juga sebaliknya, dengan memanfaatkan browser lain yang biasanya tidak difungsikan.

Biasanya, proses berpindah browser ini akan memberikan penyelesaian yang optimal. Jadi, pengguna tidak harus menjalankan proses yang rumit. Ganti saja browsernya, kemudian coba dan sesuaikan dengan proses yang sedang dibutuhkan untuk kelanjutan penggunaan.

3. Restart PC yang Dipakai

Cara mengatasi DNS server not responding yang ketiga adalah dengan merestart PC. Biasanya, kondisi perangkat yang dijalankan terus-menerus juga akan membuat prosesnya terhambat. Oleh sebab itu, perangkat juga harus diistirahatkan sementara.

Salah satu metode yang bisa difungsikan adalah dengan melakukan restart pada PC yang dipakai. Setelah PC di-restart, maka coba lagi prosesnya mulai awal dan lihat hasilnya. Biasanya, permasalahan akan selesai dan tidak akan menyebabkan masalah berkelanjutan.

4. Nonaktifkan Antivirus

Selanjutnya, pengguna juga bisa menonaktifkan antivirus yang sedang dimanfaatkan. Fungsi dari antivirus ini sebenarnya berguna untuk melindungi perangkat dan software dari ancaman yang membahayakan. Namun biasanya, antivirus juga bisa memblokir layanan internet.

Oleh karenanya, pengguna disarankan untuk menonaktifkan antivirus agar proses pemanfaatan DNS bisa berjalan dengan baik. Jika pemanfaatannya selesai, maka antivirus bisa kembali difungsikan. Dengan demikian, tidak akan ada kendala yang berlanjut.

5. Ubah Alamat DNS Server

Jika semua metode di atas tidak ada yang berhasil, maka metode terakhirnya adalah dengan mengubah alamat DNS server. Memang benar, jika metode ini jauh lebih rumit dari yang lainnya. Namun jika hanya metode ini yang berhasil, maka patut untuk dicoba.

Itulah penjelasan lengkap tentang cara mengatasi DNS server not responding yang bisa dijadikan acuan. Agar tidak ada permasalahan berlanjut, pastikan setiap prosesnya dipahami dengan baik dan jangan ada yang terlewat. Dengan demikian, prosesnya akan membuahkan hasil.



Artikel ini bersumber dari dewabiz.com.