Desember 5, 2022

Mukjizat adalah sesuatu yang diberikan oleh Allah SWT kepada orang yang terpilih. Orang yang terpilih tersebut mendapat mukjizat karena mereka istimewa, seperti Nabi dan Rasul.
 
Dalam Islam, ada banyak nabi dan rasul yang dikenal memiliki mukjizat, salah satunya adalah Nabi Isa AS. Nabi Isa memiliki sejumlah mukjizat yang pernah terjadi.
 
Selain itu, Nabi Isa juga merupakan satu dari lima nabi dan rasul yang berpredikat ‘ulul ‘azmi atau nabi yang diberikan keistimewaan dengan keteguhan hati yang luar biasa dalam mengemban risalah Allah.


Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah sejumlah mukjizat Nabi Isa yang disebutkan dalam Alquran:
 

1. Nabi Isa diciptakan tanpa seorang ayah

Mukjizat Nabi Isa yang pertama adalah diciptakan tanpa seorang ayah. Ibu Nabi Isa, yakni Siti Maryam mengandungnya tanpa ada peranan seorang laki-laki, yang mana Allah lah yang meniupkan roh Nabi Isa dalam jiwa sang Ibu, dan Allah juga lah yang menolong Siti Maryam dari segala tudingan orang-orang kafir kepadanya.
 

2. Menghidupkan orang mati dengan izin Allah

Nabi Isa AS juga diberikan mukjizat mampu menghidupkan orang mati, , sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an surat Ali-Imran ayat 49, yang artinya: “Dan aku (Isa) menghidupkan orang mati dengan seizin Allah”.
 

3. Bisa menyembuhkan orang buta

Mukjizat Nabi Isa bisa yakni mampu menyembuhkan orang buta yang sejak lahir tidak bisa melihat, sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an surat Ali-Imran ayat 49, yang artinya: “Dan aku (Isa) menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahir dan orang yang berpenyakit kusta”.
 

4. Mampu berbicara saat masih bayi

Mukjizat Nabi Isa yang lainnya adalah mampu berbicara kepada orang ketika masih bayi, dan mampu berucap dengan baik dan logis saat ia dewasa.
 
Dalam Alquran surat Maryam ayat 30 disebutkan: “Berkata Isa: “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi”.
 
Mukjizat yang diberikan adalah untuk melindungi ibunya dari fitnah lingkungan sekitar.
 

5. Membentuk seekor burung dari tanah liat

Mukjizat Nabi Isa AS lainnya adalah diberikan kemampuan oleh Allah dengan menciptakan burung dari tanah liat. Hal ini disebutkan dalam Al-Qur’an Surat Ali Imran ayat 49 yang artinya: “Sesungguhnya aku telah datang kepada kalian dengan membawa sesuatu tanda (mukjizat) dari Tuhan kalian, yaitu aku membuat untuk kalian dari tanah sebagai bentuk burung kemudian aku meniupnya, makai a menjadi seekor burung dengan seizin Allah”.
 
 

(WAN)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.