Desember 8, 2022

Properti seringkali dijadikan sebagai lahan investasi yang efektif dan menguntungkan. Karena itulah, mulai banyak pengusaha yang mendirikan Perusahaan Real Estate di Jakarta sebagai salah satu usahanya. Selain itu, banyak juga masyarakat yang membeli rumah lebih dari satu dengan tujuan sebagai lahan investasi. Pada saat rumah tersebut belum ingin digunakan, maka rumah tersebut dapat dimanfaatkan untuk di kontrakan, dan saat pemilik rumah membutuhkan dana maka rumah tersebut akan dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi dibanding saat membelinya. Hal ini wajar terjadi, karena tanah dan rumah memang selalu mengalami kenaikan nilai setiap tahunnya.

Namun, menjual rumah tidaklah mudah. Ada beberapa orang yang berhasil menjual rumahnya dalam waktu singkat, namun banyak juga yang membutuhkan waktu lama untuk menjual rumahnya. Hal ini juga dialami oleh perusahaan real estate yang seringkali membutuhkan waktu panjang untuk berhasil menjual produknya. Ada beberapa hal yang mempengaruhi rumah lama terjual :

Saat konsumen akan memutuskan untuk membeli rumah, tentunya konsumen tidak akan langsung memutuskan hanya dengan melihat satu rumah saja. Saat inilah yang cukup rawan, penjual haruslah mampu meyakinkan konsumen bahwa rumahnya memiliki berbagai kelebihan. Dengan begitu, penjual tidak hanya bisa menarik minat konsumen untuk membeli rumahnya tetapi juga bisa menaikkan harga rumah yang dijual.

Bersikaplah lebih fleksibel pada konsumen mengenai harga. Lebih baik jika tidak memberikan harga net, dan beri kesempatan konsumen untuk melakukan negosiasi mengenai harganya. Apalagi, jika harga yang ditawarkan oleh penjual cukup tinggi. Terkadang, ketika konsumen diberikan harga yang sangat tinggi, konsumen akan langsung kabur tanpa berusaha untuk bernegosiasi. Karena itulah, menentukan harga yang tepat merupakan hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan.

Orang yang sering bepergian dengan kendaraan umum tentulah mencari lokasi yang mudah terjangkau oleh kendaraan umum. Namun bagi sebagian orang yang memiliki kendaraan pribadi dan ingin suasana tenang, akan lebih memilih lokasi yang bebas dari kendaraan umum. Karena itulah, bagi perusahaan real estate tentukan terlebih dahulu target pasar yang ingin dituju sebelum menentukan lokasi tempat mendirikan perumahan.

Bagi penjual yang menjual rumah lama, sebaiknya perhatikan kondisi rumah sebelum menjualnya. Kondisi rumah yang terlihat rapih, akan dapat meningkatkan harga jual, dan dapat memberikan kesan yang baik bagi konsumen yang melihatnya.

  • Tidak Serius Menanggapi Penawaran

Ketika ada yang menawar rumah kita dengan harga yang tidak sesuai dengan yang diminta, jangan langsung menolaknya. Cobalah untuk mengajaknya bernegosiasi terlebih dahulu. Pemikiran bahwa akan ada seseorang yang memberikan penawaran harga lebih tinggi, terkadang membuat kita justru mengalami kerugian.

Artikel ini bersumber dari tipsindonesia.com.