Desember 4, 2022


Suatu waktu saya berkunjung ke kedai kopi milik salah satu teman saya. Bisnis cafe ini belum lama berdiri. Lebih tepatnya sekitar satu tahun. Tidak lama setelah launching, kedai kopi ini langsung diserbu para penikmat kopi, terutama anak-anak muda yang memang gemar nongkrong bersama teman-teman.

Seiring berjalannya waktu, bisnisnya semakin laris. Apalagi jenis kopi yang dijual bervariasi dan mengikuti tren yang sedang populer. Makanya tidak heran jika bisnis kedai kopi dianggap bisnis yang cukup diminati, terutama bagi para generasi milenial.

Oke kita skip dulu ngomongin soal bisnis kedai kopi teman saya ini. Yang ingin saya bahas di sini adalah salah satu tools atau alat yang bermanfaat untuk menyimpan uang, yaitu mesin kasir.

Mesin kasir ini juga ditemui di kedai kopi milik teman saya tersebut. Dia bercerita jika penggunaan mesin kasir cukup membantu memudahkan untuk mengatur keuangan di tokonya. Meski masih sederhana, tetapi fungsinya cukup signifikan bagi para pebisnis.

Rekomendasi Mesin Kasir Terbaik yang Cocok untuk Bisnis

Tidak bisa dipungkiri saat ini keberadaan mesin kasir memang sangat dibutuhkan untuk membantu memudahkan mengelola transaksi harian. Apalagi jika transaksi setiap harinya sangat ramai, pasti akan kewalahan jika dilakukan secara manual.

Selain menyimpan uang cash, mesin kasir juga memiliki banyak keunggulan, di antaranya untuk memudahkan mencatat transaksi, mencetak struk dan lain sebagainya.

Bagi kamu para pebisnis yang saat ini sedang mencari mesin kasir, berikut adalah daftar mesin kasir terbaik 2022 yang bisa akubisnis.com rekomendasikan :

1. Kassen CV 890

Kamu punya banyak varian produk yang dijual di tokomu? Tenang saja guys, dengan mesin kasir dari Kassen ini, bisa membuatmu menjadi lebih praktis. Mesin kasir Kassen ini menjadi pilihan yang tepat, karena telah dilengkapi dengan bar code scanner yang membantu memudahkanmu.

Mesin Kasir untuk Bisnis


Kasir toko hanya perlu memindai melalui bar code ketika ingin menginput transaksi penjualan. Produk dengan berat sekitar 35 kg  ini telah dilengkapi dengan sistem operasi iPOS 4.0 yang paling mutakhir dan canggih, sehingga cocok untuk usaha retail, apotek maupun restoran.

Mesin kasir berukuran besar ini memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 2 GB RAM dan 64 GB SSD, sehingga bisa menyimpan data yang cukup banyak dan proses booting yang terbilang cukup cepat. 

Dalam paket pembeliannya telah disertakan mouse, barcode scanner dan kotak uang. Harga yang ditawarkan sekitar Rp 12 jutaan di berbagai e-commerce.

Kelebihan :

  • Kapasitas memori RAM 2 GB / SSD 64 GB
  • Ada layar customer display
  • Receipt printer 58 mm
  • Bisa scan barcode

Kekurangan : 

  • Harga yang cenderung mahal

2. Kanologic KCR-181SW

Rekomendasi mesin kasir terbaik berikutnya adalah Kanalogic KCR-181SW yang cukup praktis untuk digunakan, karena telah dilengkapi dengan software yang bisa diakses melalui laptop atau PC dalam penggunaannya.

Mesin Kasir untuk Usaha


Hal ini tentu saja akan memudahkan pengguna dalam menginput dan melihat laporan data. Mesin kaisr ini juga tersedia dalam aplikasi mobile yang bisa dilihat melalui ponsel.

Ukuran mesin kasir ini adalah 38 x 33,5 x 21,5 cm dan telah dilengkapi dengan sambungan printer sekaligus scanner eksternal. Pada bagian bawah keyboard-nya terdapat sinar UV dan kaca pembesar untuk membantu memeriksa keaslian uang yang kamu terima.

Menariknya, mesin kasir ini bisa tetap beroperasi meski tanpa bantuan PC atau laptop alias standalone. Jumlah laci penyimpanan hingga lima kotak yang terdiri dari penyimpanan uang logam dan dilengkapi dengan penjepit logam untuk uang kertas.

Kapasitas memori penyimpanan hingga 36 departemen dan 10.000 PLU. Mesin kasir ini cocok digunakan untuk restoran, toko swalayan dan bisnis lainnya. Harga yang ditawarkan di salah satu e-commerce sebesar Rp 4 jutaan.

Keunggulan mesin kasir Kanalogic KCR-181SW :

  • Telah dilengkapi dengan koneksi printer dan juga scanner eksternal
  • Bisa dioperasikan tanpa koneksi ke PC atau laptop
  • Kapasitas penyimpanan 36 dept dan 10.000 PLU
  • Cash drawer dengan 3 posisi kunci

3. PANDA PRJ100

Bagi kamu yang sedang mencari mesin kasir dengan fitur yang cukup lengkap, maka pilihan bisa jatuh ke PANDA PRJ100. Mesin kasir ini telah dilengkapi dengan dua buah LCD, yang terdiri dari LCD utama dengan resolusi 128 x 64 piksel dan LCD kedua untuk display harga yang terdiri dari maksimal 8 digit angka.

Mesin Kasir Harga Murah


Fitur lainnya juga tersedia hingga 20 pilihan motede pembayaran dan dilengkapi dengan kapasitas 50 departemen dan 150 table. 

Mesin kasir PANDA PRJ100 mampu menyelesaikan berbagai pekerjaan di toko, mulai dari melakukan analisis terhadap keuntungan, manajemen stok dan memori tagihan yang relatif besar. 

Ada satu fitur penting yang justru tidak didapatkan dari mesin kasir ini, yaitu laci uang yang tidak disertakan dalam pembeliannya, sehingga kamu harus membelinya secara terpisah. Harganya sekitar Rp 3,6 jutaan.

Kelebihan :

  • Kapasitas tersedia hingga 4700 PLU
  • Tersedia hingga 50 dept dan 150 table
  • Tersedia 20 pilihan metode pembayaran

Kekurangan :

  • Harus membeli laci uang secara terpisah

4. Sharp XE-A207W

Mesin kasir yang satu ini termasuk mesin kasir cash register generasi paling baru dengan display LCD 6 baris yang bisa diatur kemiringannya (Tilt Monitor Setting) yang akan membuat pengguna merasa nyaman saat mengoperasikannya.

Mesin Kasir Terbaik


Mesin kasir produk Sharp ini juga telah dilengkapi 99 departemen dan kapasitas penyimpanan hingga 2000 item serta garansi selama satu tahun. Pengguna juga bisa memindahkan data penjualan ke PC atau laptop dengan menggunakan SD card. 

Fitur keamanan juga telah disematkan yang terdiri dari kunci ganda pada laci serta dilengkapi dengan fitur digital signing dan password. Selain itu juga terdapat print termal berukuran 58 mm untuk mencetak struk bukti transaksi secara cepat dan detail, serta bisa menampilkan logo toko.

Kamu bisa memilih mesin kasir Sharp warna hitam atau putih. Fitur lainnya yang juga ditemukan yaitu tersedia menu, laporan harian, laporan bulanan, security access (mengggunakan digital signing dan password) dan penyimpanan data melalui SD card.

Adapun harga mesin kasir ini di e-commerce Lazada sebesar Rp 5,5 juta. Harga yang ditawarkan terbilang worth it mengingat fitur yang disematkan ke dalam mesin kasir ini cukup lengkap.

Kelebihan :

  • Dilengkapi dengan display LCD 6 baris
  • Fitur print termal 58 mm
  • Fitur backup dengan memori eksternal (SD card)
  • Dilengkapi dengan 90 departemen dan kapasitas 2000 PLU

Kekurangan :

  • Harganya masih cukup mahal

5. Casio SE-S400

Casio juga menghadirkan mesin kasir yang dilengkapi fitur cukup lengkap. Pengguna bisa memasukkan logo perusahaan sebagai identitas bisnisnya. Mesin kasir ini memiliki desain yang stylish dan sistem pengoperasian yang cukup mudah.

Harga Mesin Kasir


Kapasitas penyimpanan hingga mencapai 3000 PLU dan telah dilengkapi dengan layar ganda terang dengan backlight, sehingga display bisa terlihat lebih terang dan jelas. Salah satu layarnya bisa diputar untuk memudahkan pelanggan melihat total tagihan yang harus dibayar.

Mesin kasir Casio ini juga telah dilengkapi keyboard yang didesain cukup besar dan tombol departemen yang mudah digunakan. Selain itu juga terdapat cash drawer untuk 4 uang lembar dan 5 untuk uang koin. Mesin kasir juga telah dilengkapi dengan fitur backup menggunakan SD card.

Pengguna juga bisa menghubungkan mesin kasir dengan optional bar code scanner dan terkoneksi dengan PC atau laptop. Harga yang ditawarkan sebesar Rp 4,4 jutaan saja.

Kelebihan :

  • Keyboard fitur anti bakteri
  • Bisa terkoneksi dengan optional bar code scanner
  • Fitur backup dengan SD card
  • Tersedia dua buah LCD display untuk operator dan customer

Kekurangan :

  • Harga cenderung cukup mahal

Manfaat Menggunakan Mesin Kasir untuk Mengelola Transaksi Keuangan Toko

Pemilik toko atau restoran wajib mengelola keuangan dan transaksi dengan baik, seperti mencatat pemasukan dan pengeluaran transaksi harian. Hal ini cukup penting dilakukan agar tidak terjadi kesalahan yang cukup berisiko bagi perkembangan usaha.

Pencatatan yang asal-asalan akan berakibat fatal pada usaha yang sedang dijalani. Maka dari itu, kehadiran mesin kasir sangat penting untuk membantu mencatat transaksi harian. Berikut terdapat beberapa manfaat menggunakan mesin kasir yang perlu kamu ketahui :

1. Membuat laporan harian lebih akurat

Pebisnis bisa dengan mudah menyusun catatan data penjualan secara detail dan lebih akurat dengan menggunakan mesin kasir. Laporan penjualan juga akan membantu pebisnis dalam pengambilan keputusan bisnis di masa depan.

2. Menyimpan uang dengan lebih aman

Mesin kasir pada umumnya dilengkapi dengan cash drawer atau laci penyimpanan uang. Hal ini sangat penting untuk mengamankan uang agar tidak berceceran dan hilang. Laci juga dilengkapi dengan kunci pengamanan hingga password.

3. Mempercepat proses transaksi

Penggunaan mesin kasir juga bisa membantu mempercepat proses transaksi secara cepat dan tepat, sehingga pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama ketika bertransaksi. Selain itu juga membantu mengurangi risiko kesalahan penghitungan.

4. Mudah mengetahui produk yang laku dan kurang laku

Pebisnis juga lebih mudah untuk mengetahui produk mana yang laris terjual (fast moving) dengan produk yang kurang laku atau lambat terjual (slow moving). Dengan demikian pebisnis bisa mengambil keputusan penjualan yang lebih strategis.

Semoga artikel tentang rekomendasi mesin kasir terbaik bisa bermanfaat sekaligus menjadi referensi, terutama bagi kamu para pebisnis, baik skala kecil maupun skala besar. 

Artikel ini bersumber dari www.akubisnis.com.