November 26, 2022

Pandemi Corona telah mengubah pandangan sebagian masyarakat, betapa pentingnya menjalani hidup sehat. Sehingga menganggap kesehatan adalah hal yang sangat penting yang harus dijaga dengan baik. Mungkin saja yang tadinya belum memiliki asuransi, secara perlahan mulai banyak yang melirik asuransi kesehatan.

Banyak orang juga mulai memikirkan bagaimana menjalani pola hidup yang sehat, mulai dari menjaga asupan makanan, minum air putih yang cukup, tidur dan istirahat yang cukup hingga mengelola stres.

Namun, menjalani pola hidup sehat saja dirasa kurang. Maka dari itu, memiliki asuransi kesehatan adalah keputusan yang tepat. Tujuannya agar kita terlindung dari risiko finansial akibat hal-hal yang tidak terduga, misalnya saja sakit, kecelakaan hingga meninggal dunia.

Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan

Sebelum membahas mengenai tips memilih asuransi kesehatan, sebaiknya kita pahami dulu seberapa penting asuransi kesehatan di dalam kehidupan seseorang.

Siapapun bisa mengalami yang namanya sakit. Jika kita dirawat di rumah sakit, maka kita perlu membayar biaya berobat yang jumlahnya tidak sedikit, tergantung dari sakit yang dialami.

Untuk membayar biaya pengobatan yang mahal, terkadang seseorang harus menjual aset yang dimilikinya terlebih dulu. Maka dari itu, dengan memiliki asuransi, bisa meminimalisir risiko finansial yang terjadi.

Memilih asuransi kesehatan memang sebaiknya dilakukan secara cermat dan teliti. Lantas, bagaimana caranya memilih asuransi kesehatan yang tepat untuk kita dan keluarga? Berikut ulasan Akubisnis.com :

Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat Agar Mendapatkan Proteksi Maksimal

Tips Memilih Asuransi Kesehatan


Niat kita membeli asuransi kesehatan adalah untuk mendapatkan proteksi maksimal untuk kita dan juga keluarga. Jadi, jangan salah langkah dalam membeli produk asuransi kesehatan. Simak tipsnya di bawah ini ya.

1. Membeli asuransi saat kita sehat

Tidak sedikit orang yang menyesal karena terlambat membeli asuransi kesehatan. Mereka harus membayar biaya pengobatan rumah sakit yang mahal karena tidak memiliki asuransi kesehatan. Setelah kejadian ini, mereka pun baru sadar, betapa pentingnya memiliki asuransi.

Jika kita membeli asuransi kesehatan setelah kondisi sakit, banyak perusahaan asuransi yang menolak permohonan tersebut. Sebab pada asuransi kesehatan, kita perlu memahami mengenai ketentuan ‘pre-existing condition‘.

Maksudnya adalah ketika kita dalam keadaan sakit atau telah memiliki penyakit tertentu, kemungkinan besar perusahaan asuransi tidak akan menanggung beberapa penyakit yang diderita.

Maka dari itu, sangat penting untuk membeli asuransi kesehatan saat kita sedang dalam keadaan sehat.

2. Perhatikan polis asuransi kesehatan untuk keluarga

Bagi yang telah berkeluarga mungkin akan muncul sebuah pertanyaan, lebih baik membeli langsung satu polis asuransi kesehatan untuk satu keluarga atau membeli polis per anggota keluarga?

Kita bisa mempertimbangkan untuk membeli asuransi kesehatan untuk beberapa anggota keluarga, karena jauh lebih murah, dibanding membeli masing-masing anggota keluarga. Namun, hal ini akan tergantung pada manfaat dan nilai pertanggungan yang ditawarkan.

Dengan membeli asuransi kesehatan keluarga, kita akan mendapatkan perlindungan diri, mulai dari proteksi kesehatan hingga perlindungan jiwa yang akan melindungi seluruh anggota keluarga dalam satu polis.

3. Membeli asuransi sejak usia muda

Tips memilih asuransi kesehatan selanjutnya adalah membeli produk asuransi ketika kita masih muda. Perlu kamu ketahui, terdapat ketentuan di dalam asuransi kesehatan, yaitu semakin tua usia seseorang, maka biaya premi yang dibayarkan akan lebih mahal. Sebab terdapat berbagai risiko penyakit yang diderita ketika usia sudah tidak muda lagi.

Jadi, sebelum membeli asuransi, pahami ketentuan mengenai cakupan perlindungan yang ditawarkan, usia nasabah atau tertanggung, riwayat medis tertanggung hingga jangka waktu perlindungan.

Maka dari itu, jangan nunggu usia kita tua, baru membeli asuransi. Karena semakin muda usia kita, maka semakin murah biaya premi yang dibayarkan.

4. Pahami apa saja ketentuan asuransi kesehatan yang ingin dibeli

Sebelum membeli asuransi kesehatan, tips selanjutnya harus memahami apa saja yang kita butuhkan, misalnya apakah kita membutuhkan perluasan premi untuk penyakit kritis atau tidak. Dan lain sebagainya.

Selain itu, pahami juga bahwa setiap produk asuransi kesehatan memiliki aturan dan syarat rawat inap yang berbeda-beda. Dengan demikian, tidak timbul kesalahpahaman mengenai rawat inap di kemudian hari.

Pahami juga, aturan mengenai lama rawat inap yang bisa diklaim oleh asuransi. Apakah kita baru bisa mengajukan klaim asuransi setelah 1 hari menjalani rawat inap di rumah sakit? Atau bisa langsung ajukan klaim semenjak dirawat di IGD?

5. Periksa secara detail mengenai manfaat polis asuransi

Kita sudah memasuki tips memilih asuransi kesehatan yang terakhir. Hal lainnya yang sebaiknya kita perhatikan adalah periksa dengan telliti apa saja manfaat asuransi (coverage) yang ditawarkan dan jangan sungkan untuk mempelajari polisnya juga.

Mungkin saja, produk asuransi kesehatan A lebih mudah dibanding produk asuransi kesehatan B, tetapi dengan manfaat yang berbeda.

Namun meski demikian, biasanya manfaat yang ditawarkan dari produk asuransi kesehatan meliputi manfaat rawat inap, manfaat rawat jalan, manfaat rawat gigi hingga manfaat pembedahan.

Kita juga sebaiknya memahami bahwa setiap produk asuransi menawarkan manfaat yang berbeda untuk rumah sakit. Semakin banyak rumah sakit yang bisa menerima asuransi kita, maka akan semakin memudahkan dan menguntungkan kita.

Pelajari juga kondisi apa saja yang dikecualikan yang tertera dalam polis asuransi kesehatan. Misalnya saja pre-existing condition, suatu konsisi di mana manfaat dari asuransi tidak akan berlaku untuk penyakit yang sudah ada sebelumnya.

Kunci Sukses Memilih Asuransi Kesehatan Sesuai Kebutuhan

Sangat penting untuk memilih asuransi kesehatan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Selain bisa menyesuaikan dengan biaya premi yang harus dibayar, kita juga akan mendapatkan manfaat yang maksimal dari asuransi tersebut.

Memilih Produk Asuransi Kesehatan


Berikut beberapa kunci sukses dalam memilih produk asuransi kesehatan yang bisa diterapkan :

  • Perhatikan jangkauan perlindungan dan manfaat dari produk asuransi kesehatan yang ingin kita beli
  • Hitung dan sesuaikan besar premi yang dibebankan dengan penghasilan yang kita peroleh
  • Periksa dengan detail, rekam jejak perusahaan asuransi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari
  • Perhatikan kemudahan dalam urusan klaim di kemudian hari
  • Cermat membeli polis asuransi dan pelajari secara teliti manfaat yang akan didapatkan

Demikian bagaimana tips memilih asuransi kesehatan yang bisa Akubisnis.com bagikan. Semoga artikel ini bisa membantu dalam memilih asuransi kesehatan yang tepat untuk kita dan juga keluarga.

Selalu jaga kesehatan serta proteksi diri dan juga keluarga dengan asuransi kesehatan.

Semoga bermanfaat.

Artikel ini bersumber dari www.akubisnis.com.