Desember 4, 2022

Salah satu cara promosi produk online yang terbilang efektif adalah melalui Instagram. Instagram merupakan media sosial yang mampu menjangkau banyak audiens. Bahkan Anda bisa mengatur kategori target audiens yang Anda inginkan. Jadi, konten promosi Anda hanya akan ditujukan pada target audiens potensial saja. 

Upload konten di Instagram juga lumayan menjanjikan. Dengan perpaduan konten yang menarik, penggunaan hashtags, dan konsistensi, Anda bisa reach hingga jutaan audiens! Namun, bukan berarti Anda hanya asal posting saja. Ada kiat khusus agar promosi Anda lebih efektif. Lalu, bagaimana cara promosi di Instagram yang benar? Simak kelanjutannya di bawah ini!


6 Cara Promosi di Instagram yang Akurat, Tidak Cuma Asal Posting!

1. Lengkapi Profil 

Cara promosi di Instagram akan lebih optimal jika profil Anda terlihat profesional. Lengkapilah profil Anda, mulai dari foto profil, bio, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email, dan katalog produk yang dapat dilihat calon pembeli. Anda juga bisa membuat katalog online gratis, lalu mencantumkan link-nya di bio.

Pastikan bio juga memuat informasi singkat tentang toko Anda. Bisa berupa lokasi toko, jam operasional, jasa kurir yang dipakai, atau nama Anda sebagai pengelola. Selipkan beberapa emoticon agar terlihat lebih catchy dan ceria.

2. Tentukan Branding 

Berikutnya, tentukanlah branding untuk bisnis Anda. Hal ini bisa Anda sesuaikan dengan produk dan target market bisnis Anda. Misalnya, jika Anda jualan minuman boba kekinian, target market-nya biasanya adalah remaja di atas usia 13 tahun sampai dewasa 20-an tahun. 

Dengan begitu, maka Anda bisa menggunakan cara promosi di Instagram menggunakan bahasa-bahasa kasual yang non-formal, gaul, friendly, dan sedikit slang. Bisa juga dengan menerapkan desain konten feed yang estetik. Tujuannya tentu agar konsumen dan brand terkesan lebih akrab.

3. Gunakan Akun Bisnis Instagram 

Next, kunci dari cara promosi di Instagram yang efektif adalah dengan menggunakan akun bisnis. Dengan switch ke akun bisnis, Anda akan lebih terbantu dalam menjangkau akun-akun potensial untuk promosi Anda. Selain itu, tampilan akun bisnis juga lebih customerfriendly karena calon pembeli bisa lebih mudah ketika ingin menghubungi Anda.

Cara membuat akun bisnis Instagram sangatlah mudah. Anda tinggal download aplikasinya, sign up, dan pilih akun untuk bisnis. Jika sudah memiliki akun Instagram, Anda tinggal mengubahnya saja. Klik di menu “Pengaturan”, lalu pilih “Bisnis”. Di situ, Anda bisa mengatur sendiri akun profesional Anda.

Baca juga: Instagram Reels untuk Bisnis: Cara Menggunakan & Tips Konten Menarik

cara promosi di Instagram (2)

4. Posting Konten dengan Konsisten 

Jika akun bisnis Anda sudah komplet, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah posting konten-konten yang menarik untuk mulai promosi. Memasuki step ini, Anda harus hati-hati. Hindari asal posting tanpa perencanaan. Cara promosi di Instagram yang efektif adalah yang terencana.

Sebaiknya, Anda memahami terlebih dahulu tema konten promosi yang ingin Anda upload itu seperti apa. Akan jauh lebih baik lagi jika Anda memiliki content plan. Sebenarnya, Anda bisa upload konten setiap hari. Bisa juga hanya 2-4 kali dalam seminggu. Semuanya tergantung kebutuhan Anda. Asal konsisten dan terencana, maka konten promosi Anda akan optimal.

Sebaiknya Anda juga tahu kapan waktu yang tepat untuk posting. Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihat hasil analytic Instagram di konten-konten yang sudah Anda upload sebelumnya. Maksimalkan juga performa konten Anda dengan penggunaan hashtags dan mention. Anda juga bisa membuat konten interaktif seperti kuis, giveaway, atau live sekali-sekali. 

5. Bagikan Testimoni Pelanggan

Pentingkah testimoni pelanggan? Tentu saja! Dengan mengumpulkan testimoni positif sebanyak-banyaknya, bisnis Anda akan semakin tepercaya. Cara promosi di Instagram satu ini bisa membuat calon konsumen lain memutuskan untuk membeli di toko Anda karena kualitasnya sudah terbukti nyata melalui testimoni. Jangan lupa untuk memasukkan testimoni tersebut ke highlight agar bisa dilihat kapan saja oleh konsumen!

Baca juga: 10 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Promosi Produk Anda

6. Gunakan Fitur Ads Jika Diperlukan 

Jika memiliki anggaran dana lebih untuk promosi, Anda bisa coba cara promosi di Instagram Ads. Instagram Ads adalah salah satu cara promosi di Instagram secara berbayar yang juga cukup efektif. Jika Anda tertarik menggunakan fitur ini, Anda harus memiliki akun Facebook terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa mengatur iklan Anda sendiri.

Anda bisa meletakkan iklan di konten mana saja. Semuanya tergantung kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda ingin mendapatkan brand awareness atau jangkauan yang besar, Anda bisa fokus pasang iklan kepada target akun yang potensial saja. 

Namun, jika ingin meningkatkan jumlah kunjungan pada website, video, atau link produk, Anda tinggal mengatur objective iklan tersebut.


Melakukan promosi di Instagram akan bantu Anda untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Selain karena jangkauannya sangat luas, cara promosi di Instagram seperti di atas juga sangat mudah. Kembangkan bisnis Anda dengan promosi yang efektif dan gunakan aplikasi kasir online seperti Moka POS agar transaksi penjualan semakin lancar.

Moka POS adalah aplikasi kasir digital yang sudah digunakan oleh lebih dari 100 ribu pengusaha. Cara pakainya mudah dan bisa diintegrasikan ke berbagai media sosial, termasuk Instagram. Karenanya, mari pakai Moka POS sekarang juga!

Aplikasi kasir

 


Artikel ini bersumber dari blog.mokapos.com.