Desember 6, 2022

Bagi pebisnis, melakukan promosi produk sudah menjadi sebuah agenda wajib. Dengan melakukan promosi yang efektif, penjualan produk bisa semakin meningkat. Makin tinggi angka penjualan, makin banyak pula keuntungan yang Anda peroleh.

Saat ini, salah satu cara promosi produk yang terbukti efektif adalah dengan melakukan promosi online. Selain efektif, promosi online juga jauh lebih mudah, murah, dan hasilnya luar biasa. Maka dari itu, Anda harus menguasai cara promosi produk online agar bisnis Anda bisa lekas berkembang. Bagaimana caranya? Mari, cari tahu selengkapnya berikut ini!

Baca juga: 20 Contoh Kalimat Promosi Bisnis Online yang Paling Menarik


6 Cara Promosi Produk Online yang Paling Efektif

1. Manfaatkan Media Sosial Sebaik Mungkin 

Cara promosi produk online yang pertama adalah dengan memanfaatkan media sosial sebaik mungkin. Media sosial yang paling digandrungi untuk promosi saat ini adalah Instagram, TikTok, YouTube, Twitter, dan Facebook.

Untuk mengoptimalkan promosi, Anda harus tahu seluk-beluk algoritma media sosial yang Anda gunakan agar konten promosi Anda efektif. Misalnya, jika Anda menggunakan Instagram atau TikTok, maka setidaknya Anda harus upload konten reguler minimal 4-5 kali seminggu. Selain itu, tingkatkan engagement Anda bersama para audiens dengan membalas komentar atau DM mereka, membuat story interaktif, atau membuat giveaway 1-2 bulan sekali.

Agar lebih optimal, Anda juga bisa memanfaatkan Instagram Ads. Saat ini, hampir semua media sosial punya fitur ads yang bisa dongkrak konten promosi Anda. Melalui pemasangan ads, konten iklan Anda pun bisa dilihat oleh target konsumen yang spesifik, sehingga meningkatkan peluang pembelian.

2. Bergabung dengan E-commerce 

Selanjutnya, Anda bisa melakukan cara promosi produk online dengan bergabung di e-commerce. Namun, jika Anda enggan produk Anda tercampur dengan produk-produk dari toko online lain, Anda bisa coba membuat online website menggunakan GoStore sebagai alternatif.

Dengan menggunakan toko online di GoStore, Anda juga bisa sekaligus mengatur metode pembayaran menggunakan aplikasi kasir online digital seperti Moka POS. Pasalnya, pembuatan website dengan GoStore bisa diakses melalui back office Moka POS sehingga begitu praktis.

Nantinya, website tersebut bisa terhubung dengan berbagai platform jualan Anda yang lain. Misalnya Facebook, Instagram, atau Google, sehingga pelanggan jadi lebih mudah saat ingin mencari tahu informasi terkait produk jualan Anda.

3. Jangkau Pelanggan melalui WhatsApp Business 

WhatsApp biasanya digunakan untuk media bertukar pesan. Namun, saat ini, WhatsApp telah meluncurkan fitur baru, yaitu WhatsApp Business yang bisa Anda gunakan sebagai cara promosi produk online yang efektif.

Pastikan Anda menyimpan nomor-nomor pelanggan potensial agar status Anda bisa dijangkau oleh lebih banyak audiens. Selain itu, Anda juga bisa melengkapi profil WA Business agar terlihat lebih profesional. Misalnya memasang foto profil yang menarik, mengisi jam operasional toko, melengkapi katalog produk beserta foto real produknya, serta mengatur auto text untuk membantu Anda memberikan layanan fast respond.

Baca juga: 7 Cara Promosi Makanan di WA Agar Laris, Mudah dan Murah!

4. Gunakan Strategi SEO dalam Membuat Konten 

Cara promosi produk online yang berikutnya adalah dengan mengoptimalkan strategi SEO. SEO atau Search Engine Optimization saat ini banyak digunakan untuk mempromosikan website atau blog bisnis Anda. Jika Anda ingin website bisnis Anda muncul di hasil pencarian teratas Google Search, maka Anda harus bisa membuat konten yang ramah SEO.

Misalnya, katakanlah Anda berjualan peralatan masak. Ketika orang mencari informasi dengan keyword ‘panci murah anti lengket’, website Anda harus muncul di hasil pencarian teratas. Anda bisa menggunakan jasa digital marketer atau jasa SEO tepercaya untuk bantu kembangkan SEO website Anda. Namun, apabila Anda sudah paham, maka Anda tidak perlu mencari bantuan pihak lain lagi.

Baca juga: Tips Optimasi SEO Website, SEO Facebook, dan SEO Instagram

5. Selalu Pantau Tren dengan Google Adword 

Next, ada cara promosi produk online yang cukup mudah, yaitu dengan menggunakan Google Adword. Namun, Anda harus selalu memantau tren yang ada di Google agar promosi Anda bisa maksimal.

Misalnya, masih berhubungan dengan poin sebelumnya terkait pencarian panci murah anti lengket, Google akan menampilkan hasil pencarian berupa gambar produk beserta harganya. Dari situ, Anda bisa membuat website toko online Anda muncul sebagai pencarian teratas. Cara promosi produk online seperti ini lebih praktis dan instan daripada menggunakan SEO. Namun, Anda harus mengeluarkan sedikit biaya lebih untuk membuat Google Adword seperti ini. 

6. Pertimbangkan Kolaborasi dengan Influencer 

Terakhir, ada juga cara promosi produk online yang banyak dimanfaatkan oleh berbagai jenis bisnis, yaitu dengan kolaborasi bersama influencer. Cara ini juga bisa menjadi alternatif saat Anda masih mengembangkan media sosial bisnis Anda. Dengan bantuan influencer, maka Anda akan bisa menjangkau banyak audiens tanpa perlu menunggu rate media sosial Anda naik terlebih dahulu.

Selain itu, pastikan juga Anda memilih influencer atau KOL yang bisa merepresentasikan produk Anda dengan baik. Sederhananya, pilihlah influencer yang paling sesuai untuk membawakan produk Anda ke ranah publik. Anda juga bisa memilih influencer yang memiliki hobi atau konten yang relate dengan produk Anda.

Misalnya, jika Anda jualan peralatan masak, maka Anda bisa menggandeng influencer seperti chef jebolan kompetisi masak di TV. Atau jika Anda menjual dress cantik, pilihlah influencer wanita dengan pembawaan dan postur tubuh yang sesuai dengan dress tersebut. Untuk mulai berkolaborasi dengan influencer, lebih baik Anda memulainya secara bertahap agar Anda bisa menganalisis efektivitasnya. 


Itulah beberapa cara promosi produk online yang bisa Anda terapkan untuk mengembangkan bisnis Anda. Jadi, dari keenam cara di atas, mana yang sudah Anda coba? Jika belum, semoga ulasan di atas bisa membantu Anda melakukan promosi produk secara optimal, ya!

Aplikasi kasir-2

 


Artikel ini bersumber dari blog.mokapos.com.