November 26, 2022

Dalam berbisnis, penting bagi seorang pengusaha untuk menguasai kemampuan promosi. Promosi berkaitan dengan pemasaran produk yang Anda jual, sehingga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Jika Anda melakukan promosi tanpa perencanaan yang matang, penjualan produk pun jadi tersendat.

Anda harus memahami strategi dan cara promosi produk yang efektif. Promosi yang efektif dan konsisten akan membawa Anda untuk meraih peluang lebih besar dalam mengembangkan bisnis. Lantas, apa itu promosi produk? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!


Apa Itu Promosi Produk?

Dalam dunia bisnis, promosi adalah tindakan yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan atau perkembangan sesuatu; bisa berupa produk, merek, maupun perusahaan. Promosi produk adalah tindakan yang Anda lakukan demi mendorong perkembangan produk Anda agar laris di pasaran dan dikenal oleh banyak orang.

Menurut Harper Boyd, promosi adalah upaya membujuk orang lain untuk menerima produk, konsep, atau gagasan. Sedangkan menurut Louis E. Boone dan David L. Kurtz, definisi promosi adalah proses menginformasikan, membujuk, dan memengaruhi suatu keputusan pembelian. 

Senada dengan itu, Fandy Tjiptono mendefinisikan promosi sebagai bentuk komunikasi pemasaran yang berusaha untuk menyebarkan informasi, membujuk, memengaruhi, dan/atau mengingatkan target market atas brand dan produknya agar calon konsumen bersedia membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan brand tersebut.

Dalam mempromosikan produk, Anda harus menguasai ilmu komunikasi yang baik. Pasalnya, Anda harus bisa memengaruhi masyarakat luas agar berkenan untuk membeli produk Anda. Pada mulanya, Anda harus memperkenalkan produk tersebut kepada masyarakat. Informasi yang bisa Anda sampaikan bisa berupa kegunaan, manfaat, keunggulan, atau cara pakai produk tersebut. Kemudian, barulah Anda mengajak audiens agar melakukan pembelian.

Cara promosi produk bisa beragam bentuknya. Misalnya melalui iklan, endorse dari influencer atau KOL, diskon produk, dan sebagainya. Ada berbagai media yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi, yaitu koran, majalah, tabloid, baliho, billboard, radio, televisi, website, dan media sosial. 

Saat ini, kegiatan promosi sedang gencar-gencarnya dilakukan melalui media sosial. Mulai dari Instagram, Facebook, atau TikTok, semuanya mampu mendorong promosi produk secara besar-besaran. Jangkauan audiensnya pun sangat luas dan tak terbatas. Maka dari itu, para pengusaha saat ini lebih memilih melakukan promosi lewat media sosial. Promosi seperti ini termasuk ke dalam digital marketing.

Baca juga: 20 Contoh Kalimat Promosi Bisnis Online yang Paling Menarik


Kenapa Wajib Promosi Produk?

cara promosi produk (3)

Perusahaan yang melakukan promosi tentu punya tujuan atau target yang ingin dicapai. Berdasarkan semua pengertian tentang promosi seperti di atas, dapat disimpulkan beberapa tujuan promosi produk dalam bentuk poin-poin, yaitu seperti berikut ini.

  • Menyebarluaskan informasi mengenai produk Anda, baik berupa barang maupun jasa, kepada masyarakat luas atau calon konsumen yang potensial.
  • Menjangkau lebih banyak calon konsumen.
  • Mendapatkan konsumen-konsumen baru.
  • Menjaga loyalitas konsumen, baik konsumen lama maupun baru, agar terus setia membeli produk Anda.
  • Mendorong angka penjualan agar terus naik.
  • Meningkatkan keuntungan perusahaan.
  • Meningkatkan eksistensi produk lewat keunggulan dan keunikan yang dimiliki agar berbeda dengan produk dari kompetitor.
  • Menciptakan branding atau citra produk di mata konsumen sesuai dengan value atau message yang diangkat perusahaan.
  • Memengaruhi pendapat serta perilaku konsumen terhadap produk.

Dari poin-poin di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa tujuan utama promosi adalah untuk meningkatkan penjualan produk agar Anda mendapat keuntungan sebanyak-banyaknya. Caranya adalah dengan memengaruhi konsumen agar hanya belanja di tempat Anda.


4 Cara Promosi Produk Unik yang Bisa Anda Coba

cara promosi produk (8)

Demi meraih penjualan sebanyak-banyaknya, pengusaha saling adu kreativitas dalam mempromosikan produknya. Ide-ide kreatif yang digunakan terkadang terlampau unik dan nyeleneh. Namun, cara promosi produk seperti inilah yang justru berhasil menarik perhatian para konsumen. Berikut ini adalah beberapa cara promosi produk unik yang out of the box.

1. Sayembara tak terduga

Seorang penjual es degan memasang sebuah papan pengumuman. Ia mengaku telah kehilangan uang Rp5.000. Di papan itu, ia menuliskan seperti ini, “Dicari uang hilang. Bagi yang menemukan, akan mendapat imbalan satu gelas es degan.” Ia juga menambahkan gambar uang Rp 5.000 beserta gambar es degan di papan tersebut.

Ini adalah salah satu cara promosi produk yang terselubung. Rupanya, Rp5.000 itu adalah harga untuk segelas es degan di warungnya. Jadi, apabila Anda menyerahkan uang Rp5 ribu, maka sama saja dengan membeli satu porsi es degan. Unik, bukan?

2. Spanduk aktor/aktris X pernah ke sini

Pernahkah Anda menjumpai spanduk yang bertuliskan seperti itu? Biasanya, foto sang artis akan dicetak besar-besar di bawah tulisan tersebut. Misalnya, spanduk yang bertuliskan “Lee Min Ho pernah laundry di sini,” atau “Blackpink pernah makan di sini.” Ternyata, sebelum kata “pernah”, ada tulisan “tidak” yang dicetak sangat kecil sehingga hampir tidak kelihatan jika dilihat dari kejauhan.

Cara promosi ini unik dan memang sedikit nyeleneh. Namun, idenya patut diapresiasi karena berhasil menarik perhatian masyarakat. Selain itu, hal ini juga menunjukkan bahwa sang pengusaha tahu apa yang sedang digemari oleh masyarakat saat ini.

3. Spanduk caleg

Selain spanduk artis, ada pula cara promosi dengan model spanduk caleg. Foto sang pengusaha, lengkap dengan mengenakan kemeja batik dan peci, dicetak besar-besar dalam sebuah spanduk bertuliskan, “Jangan pilih saya, saya tidak nyalon. Pilih saja produk kami: pupuk organik cair, pupuk organik padat, bibit lele, dan lain-lain”. Orang-orang yang melintas tentu akan otomatis menoleh dan tergelak saat membacanya.

4. Jualan tahu lewat WhatsApp

Beberapa waktu lalu sempat viral seorang penjual tahu keliling yang mempromosikan dagangannya dengan cara yang unik. Di belakang kotak tahunya, ia menuliskan “Tahu keju, tahu susu, tahukah kamu kalau 0812-345-678 itu WhatsApp aku? Terima pesanan.”

Cara promosi produk dengan pantun ini berhasil menggelitik orang yang membacanya. Cara ini sekaligus menunjukkan bahwa media sosial bisa dimanfaatkan untuk promosi produk apa pun.

Baca juga: 7 Cara Promosi Makanan di WA Agar Laris, Mudah dan Murah!


Macam-macam Cara Promosi Produk Online

cara promosi produk

Lantas, bagaimana cara promosi produk yang dijual secara online? Bagi Anda yang bisnisnya berbasis online, ada beberapa cara canggih yang bisa dicoba untuk berpromosi. Beberapa di antaranya adalah:

1. Promosi melalui media sosial

Media sosial kini tidak hanya sebatas media informasi dan komunikasi, tetapi juga telah menjadi media promosi jualan yang efektif. Media sosial mampu menjembatani Anda dengan para pembeli agar terjalin komunikasi yang cepat, mudah, dan efisien. 

Hal tersebut terbukti dari survei yang dilakukan oleh lembaga Manta. Pada tahun 2013, ada banyak bisnis kecil dan menengah yang mendapatkan pengembalian dari investasi yang ditanamkan (ROI) pada media sosial, yakni sebesar 39%. Seiring berjalannya waktu, jumlah ini terus meningkat pesat.

2. Jangkau pelanggan melalui WhatsApp

Seperti yang dilakukan oleh penjual tahu keliling di atas, Anda bisa mengoptimalkan penjualan produk Anda lewat WhatsApp. Aplikasi yang pada awalnya didesain untuk media bertukar pesan ini, kini bisa digunakan untuk berjualan lewat fitur WhatsApp Business. Melalui WhatsApp ini, Anda bisa lakukan promosi. Jangan lupa untuk menyimpan nomor-nomor konsumen Anda, begitu juga sebaliknya, agar promosi bisa berjalan lancar.

3. Terus pantau tren pasar melalui Google Adword

Pernahkah Anda menggunakan Google Adword? Pada mesin pencarian Google, selalu ada algoritma khusus produk jualan. Dari situ, Anda bisa memantau tren pasar terkini. Misalnya, bila Anda mengetik “Android murah 2022”, maka hasil pencarian Google akan menampilkan gambar produk beserta harganya. Tren pasar selalu muncul sebagai hasil teratas.

4. Manfaatkan strategi SEO

Bagi para pengusaha yang telah akrab dengan digital marketing, pasti sudah tak asing dengan SEO. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. SEO masih berhubungan dengan hasil pencarian Google seperti di atas. 

Apabila Anda memaksimalkan SEO pada website toko online Anda, maka produk Anda bisa muncul di hasil pencarian teratas mesin pencarian online seperti Google. Berbeda dari Google Ads yang berbayar, strategi SEO bisa dilakukan tanpa biaya selama Anda terus update dengan cara kerja algoritma Google Search.

5. Merancang website bisnis

Bila bisnis Anda sudah cukup berkembang, maka Anda bisa mulai merancang website bisnis untuk toko Anda. Dengan membuat website, maka profesionalitas Anda sebagai pengusaha akan makin meningkat. Melalui website yang sudah Anda buat, Anda pun bisa menggencarkan promosi besar-besaran. Keuntungan yang Anda peroleh pun akan makin deras!


Cara Promosi di Instagram untuk Pemula 

cara promosi produk (4)

Salah satu media online yang sangat menjanjikan untuk promosi produk adalah Instagram. Instagram bisa jadi alternatif buat pebisnis pemula karena tidak memerlukan banyak biaya, bahkan bisa gratis. Bagaimana cara promosi produk lewat Instagram? Ikuti langkah-langkah berikut ini terlebih dahulu!

1. Buat akun Instagram Business 

Pertama, Anda harus membuat akun Instagram Business khusus untuk jualan. Bila Anda sudah memiliki akun Instagram, tetapi masih dalam mode personal, maka Anda bisa mengubahnya di menu “Pengaturan”. Menggunakan Instagram Business bisa membuka fitur-fitur yang memudahkan Anda untuk berjualan. Salah satu fitur utamanya adalah kontak toko dapat langsung diakses oleh pembeli.

Instagram Business memiliki tampilan utama yang berbeda dari Instagram personal. Kontak toko Anda yang meliputi nomor telepon, email, dan alamat toko sudah tertera di tampilan utama. Jadi, pembeli akan lebih mudah ketika ingin menghubungi Anda. Instagram Business juga memiliki fitur ads yang bisa meningkatkan promosi Anda.

2. Pastikan bio profil lengkap

Selanjutnya, pastikan Anda telah melengkapi bio profil Instagram Anda. Profesionalitas Anda sebagai pengusaha akan tampak dari pengaturan profil akun Instagram tersebut. Ada beberapa teknik yang bisa Anda gunakan dalam mengatur profil toko agar terkesan profesional.

Pertama, gunakanlah username yang jelas, singkat, dan mudah diingat oleh orang lain. Username ini juga sebaiknya menampilkan nama toko online Anda. Sebelum menetapkan username, cari tahu terlebih dahulu apakah nama tersebut sudah banyak digunakan oleh pengguna lain atau belum. Jika belum ada yang menggunakannya, Anda bisa memakai nama tersebut.

Kedua, pasang foto profil yang terbaik. Foto profil sebaiknya yang bisa menarik perhatian pengguna lainnya. Anda juga bisa memasang logo toko Anda sebagai foto profil. Ketiga, tuliskan deskripsi singkat pada bio Anda. Bisa berupa deskripsi singkat terkait produk, lokasi toko, jam operasional, dan link website toko Anda. Jangan lupa selipkan beberapa emoji agar tampak lebih menarik. Terakhir, tuliskan kalimat Call to Action seperti, “Cek website kami untuk dapatkan promo!” atau “Hubungi WA kami untuk PO produk terbaru!”

3. Jangan asal posting 

Aturan utama dari promosi melalui Instagram adalah menghindari posting yang asal-asalan. Postingan Instagram Anda harus konsisten, sebisa mungkin ada satu tema besarnya yang menghubungkan semua konten promosi. 

Tentukan tema besar untuk feed terlebih dahulu. Akan lebih baik jika Anda menyusun jadwal post berdasarkan jam-jam ramai karena di situlah jangkauan atau reach audiens sedang besar-besarnya.

Bisa juga ditambahkan hashtag agar mudah ditemukan oleh pembeli. Misalnya, jika Anda jualan aneka buket, Anda bisa tambahkan hashtag #buketbungamurah, #buketjajanmurah #buketbungajakarta, #buketbungamurahjakarta, dan sebagainya.

4. Share testimoni pelanggan

Kunci dari suksesnya promosi di Instagram adalah testimoni pelanggan. Jika ada pelanggan yang puas dengan produk atau layanan Anda, segera arsipkan sebagai testimoni. Buatlah highlight khusus testimoni agar pembeli lain bisa langsung melihatnya. Testimoni ini penting karena bisa membantu Anda mendapatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

5. Bangun koneksi dengan akun potensial 

Berikutnya, bangun koneksi dengan cara follow akun-akun yang potensial. Misalnya, jika Anda jualan mainan, Anda bisa follow akun-akun yang hobi posting atau kontennya seputar mainan. Atau jika Anda jualan peralatan makan dan kotak bekal, Anda bisa follow akun-akun resep masak, ide bekal, ide bento, dan sebagainya. 

Baca juga: Strategi Promosi yang Efektif dan Efisien untuk Usaha Anda


Ragam Cara Promosi yang Menarik Lebih Banyak Calon Pelanggan

cara promosi produk (5)

Ada banyak cara promosi produk yang bisa menggaet lebih banyak calon pelanggan. Selain mengoptimalkan promosi melalui Instagram, website, dan lain-lain, terapkan juga beberapa ide promosi menarik berikut ini!

1. Program loyalty card

Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, Anda bisa menerapkan program loyalty card. Berikan keanggotaan khusus untuk pelanggan Anda. Hanya anggota khusus yang memiliki loyalty card saja yang bisa menikmati layanan tertentu di toko Anda. Misalnya, harga khusus anggota, akses ke layanan eksklusif, merchandise, dan sebagainya!

2. Diskon di tanggal khusus

Cara promosi yang paling ampuh menarik pelanggan tentu saja dengan memberikan diskon. Manfaatkanlah tanggal-tanggal khusus, misalnya seperti promo kemerdekaan, Harbolnas, diskon tanggal kembar, diskon Natal dan Tahun Baru, atau bisa juga diskon ulang tahun dengan syarat pelanggan harus menunjukkan identitas yang membuktikan bahwa ia benar-benar berulang tahun hari itu.

3. Promo cashback

Selain diskon, pelanggan juga menyukai promo cashback. Cashback umumnya berupa kredit toko berupa koin atau poin yang hanya bisa digunakan untuk transaksi di toko yang sama. Untuk mendapatkan cashback, pelanggan harus membayar penuh terlebih dahulu, baru kemudian dapat kembalian berupa koin atau poin toko tersebut. Cara promosi produk seperti ini sangat menguntungkan karena bisa membuat pelanggan belanja lagi di toko Anda. 

4. Buy one get one free

Cara promosi satu ini paling menarik di mata konsumen. Secara otomatis, konsumen akan berpikir bahwa promo buy one get one free sangat menguntungkan karena ia bisa mendapat dua produk seharga satu produk saja. Sederhananya, sama saja dengan diskon hingga 50%. Namun, Anda bisa memanfaatkan promo ini sebagai cara untuk menghabiskan produk yang dianggap kurang laku atau sudah hampir expired.

5. Kuis berhadiah 

Berikutnya, Anda bisa melakukan kuis berhadiah sebagai ajang promosi sekaligus menambah followers. Kuisnya sederhana saja, misalnya seperti TTS, puzzle, tebak gambar, atau susun kata. Syarat mengikuti kuis ini bisa berupa exposure ke brand, seperti wajib follow, share ke story, atau mention beberapa akun. Tawarkan hadiah yang menggiurkan agar para pelanggan tertarik ikutan!

6. Berikan promo gratis ongkos kirim

Terakhir, Anda juga bisa tawarkan promo yang tak akan bisa ditolak oleh semua kalangan, yaitu promo gratis ongkir. Promo ini tentu bisa menarik perhatian banyak pelanggan. Terapkan beberapa ketentuan umum untuk promo ini terlebih dahulu agar tidak merugikan Anda. Misalnya, tentukan batas maksimal ongkir yang Anda tanggung atau nominal minimal pembelanjaan.


Baik untuk toko online maupun offline, promosi produk adalah hal penting yang harus Anda perhatikan. Agar bisnis Anda semakin lancar, gunakanlah aplikasi kasir online Moka POS di samping menerapkan cara promosi produk dengan optimal.

Moka POS bisa mencatat transaksi toko Anda secara otomatis. Apa pun usaha Anda, Moka POS bisa jadi alat pembayaran andalan setiap pengusaha! Mari,beralih ke Moka POS dan bergabung bersama lebih dari 127.000 pengusaha sukses lainnya!

Aplikasi kasir-2

 


Artikel ini bersumber dari blog.mokapos.com.