Desember 8, 2022

Cara promosi yang menarik tentu bisa bantu Anda untuk meningkatkan penjualan. Salah satu caranya dengan menawarkan hal-hal menarik seperti diskon dan promo eksklusif. Dengan demikian, dijamin konsumen akan terus berdatangan! Namun, bagaimana cara promosi yang menarik dan efektif? Simak selengkapnya berikut ini!

Baca juga: 20 Contoh Kalimat Promosi Bisnis Online yang Paling Menarik


6 Cara Promosi yang Menarik Agar Konsumen Terus Berdatangan

1. Kasih Diskon, tapi Jangan Sampai Rugi! 

Cara promosi yang menarik yang pertama tentu saja dengan diskon. Tawarkan diskon-diskon yang menarik agar calon konsumen tertarik. Diskon ini bisa berupa apa pun, misalnya diskon buy one get one free, gratis ongkir, diskon flash sale, atau harga coret. Namun, perlu Anda ingat bahwa memberi diskon harus benar-benar diperhitungkan. Jangan sampai Anda malah rugi. 

Ada beberapa trik membuat diskon. Misalnya, diskon harga coret sesungguhnya adalah harga produk yang normal. Anda hanya menyandingkannya dengan harga yang jauh lebih tinggi agar harga normal tersebut terkesan lebih murah. Untuk diskon persenan seperti diskon 20%, diskon 35%, dan sebagainya, Anda bisa menetapkan minimal pembelian sebagai syaratnya. Jadi, pelanggan hanya bisa mendapatkan diskon tersebut dengan minimal pembelanjaan tertentu. 

Trik diskon yang lain terdapat pada diskon buy one get one. Saat ada diskon semacam ini, pelanggan pasti langsung tertarik karena menggiurkan. Sederhananya, orang akan berpikir bahwa ini untung besar bagi mereka, bisa dapat dua produk hanya dengan membayar seharga satu produk saja. Padahal, produk yang Anda diskon ini adalah produk yang mungkin kurang laku di pasaran atau sudah mendekati masa expired. Menarik, bukan?

2. Adakan Program Loyalty 

Berikutnya, adakan program loyalty yang bisa membuat pelanggan setia membeli produk di toko Anda. Program seperti ini adalah cara promosi yang menarik. Di samping mendapatkan kesetiaan pelanggan, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang terus mengalir. Namun, pastikan Anda memberi “imbalan” bagi loyalty yang sudah diberikan oleh pelanggan tersebut.

Misalnya, Anda membuka usaha baju thrift shop. Kemudian, Anda menawarkan program loyalty untuk para pelanggan. Syaratnya bisa berupa apa pun, misalnya untuk tiap pembelian ke-10, pelanggan bisa mendapatkan voucher potongan harga eksklusif atau berhak mendapatkan katalog baju terbaru sebelum pelanggan lainnya. Dijamin pelanggan akan tertarik! 

Baca juga: Strategi Promosi yang Efektif dan Efisien untuk Usaha Anda

3. Buat Giveaway yang Juga Menguntungkan Anda 

Pelanggan sangat suka dengan giveaway. Cara ini bisa Anda manfaatkan sebagai cara promosi yang menarik juga. Sesekali, adakan giveaway untuk mendapatkan perhatian pelanggan. Anda juga bisa memanfaatkan momen ini untuk meraih keuntungan bagi Anda sendiri melalui syarat yang Anda tentukan.

Misalnya, adakan giveaway hadiah yang menarik dengan syarat harus follow akun Anda, like 10 postingan, share postingan Anda ke Instagram Stories, atau mention beberapa akun. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan exposure media sosial bisnis Anda.

cara promosi yang menarik (3)

4. Promo pada Setiap Tanggal Khusus 

Cara promosi yang menarik berikutnya adalah promo tanggal khusus, seperti saat tanggal kembar (12.12 atau 12 Desember), Hari Kemerdekaan, Natal dan Tahun Baru, Harbolnas, hingga PayDay (hari gajian). Tanggal-tanggal khusus tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menarik pelanggan lebih banyak lagi lewat promo-promo yang menarik.

Misalnya, Anda menawarkan promo all item diskon 17% saat Hari Kemerdekaan, gratis ongkir seluruh Indonesia saat Harbolnas, buy one get one saat akhir tahun, dan sebagainya. Anda juga bisa memanfaatkan tanggal anniversary bisnis Anda untuk adakan promo traktiran kepada pelanggan Anda atau bisa juga sebaliknya. Membuat promo khusus bagi pelanggan yang berulang tahun di hari tersebut juga bisa jadi cara promosi yang menarik!

Baca juga: 7 Strategi Promosi yang Bisa Anda Terapkan di Hari Kemerdekaan

5. Bundling Produk 

Berikutnya, Anda bisa menawarkan paket bundling produk sebagai salah satu cara promosi yang menarik, terutama saat Anda punya produk baru. Dengan paket bundling, Anda bisa sekaligus mengenalkan produk baru Anda kepada pelanggan. Bisa juga dengan memberikan produk yang masih jarang dikenal oleh konsumen, padahal produk itu cukup potensial.

Misalnya, apabila Anda berjualan sampo dan produk perawatan tubuh lainnya, Anda bisa menetapkan produk-produk mana yang kurang laku dan laku keras. Shampo X sangat laris di pasaran, sedangkan merek tersebut juga punya produk sabun yang kurang dikenal konsumen. Anda bisa membuat bundling kedua produk tersebut. Bisa juga Anda membuat bundling sampo X dengan vitamin rambut terbaru. Pasti sangat menarik!

6. Sesekali Mengikuti Event Bazar

Terakhir, mengikuti acara bazar bisa jadi cara promosi yang menarik. Agar cara ini sukses, Anda harus rajin mencari informasi tentang bazar di sekitar domisili Anda. Tak perlu bazar yang besar-besar, Anda bisa memulainya dengan bazar di sekolah-sekolah misalnya.

Anak-anak SMP atau SMA pasti sering mengadakan bazar, mulai dari bazar ekonomi kreatif, festival bahasa dan seni, festival tahunan sekolah, dan lain-lain. Kesempatan ini bisa Anda manfaatkan untuk mengenalkan produk Anda secara luas. Namun, Anda harus memperhatikan metode pembayaran yang akan digunakan karena membuka stand di bazar pasti sangat ramai.


Cara promosi yang menarik merupakan kunci untuk menarik pelanggan hingga mereka bersedia membeli produk Anda. Jika masih bingung harus mulai dari mana, keenam cara di atas bisa menjadi starting point untuk dicoba.

Agar transaksi lancar tanpa kendala, Anda harus menggunakan aplikasi kasir online praktis seperti Moka POS. Dengan Moka POS, Anda bisa menerima berbagai transaksi dengan lebih cepat dan mudah. Bahkan Anda hanya perlu menggunakan satu aplikasi saja untuk kelola berbagai macam transaksi! Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus menggaet pelanggan lewat cara promosi yang menarik seperti di atas!

Aplikasi kasir-2

 


Artikel ini bersumber dari blog.mokapos.com.