Desember 8, 2022

SURYA.CO.ID, PASURUAN – Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf terjun langsung untuk memeriksa proses pembangunan sejumlah Proyek Strategis Daerah (PSD), Selasa (8/11/2022) siang. Gus Irsyad, sapaan akrab Bupati Pasuruan, mendatangi beberapa pekerjaan yang ada du kompleks perkantoran Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan.

Proyek yang masuk dalam PSD adalah proyek pengerjaan Kantor Bupati – Wakil Bupati, kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD), proyek renovasi GOR Raci.

Dalam sidak ini, Gus Irsyad juga didampingi Wakil Bupati KH Mujib Imron, Kasi Intel Kejari Kabupaten Pasuruan Jemmy Sandra, Kepala Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan, Hari Apriyanto.

Rombongan berkeliling dan melihat sejauh mana progress pembangunan PSD ini. Menurut Gus Irsyad, pembangunan gedung ini masih sekitar 75 persen – 80 persen.

Ia meminta pelaksana proyek PSD ini menyelesaikan pembangunannya sampai batas akhir, yakni sebelum berakhirnya tahun 2022. “Harusnya sudah 80 persen karena ini sudah awal bulan november. Tetapi saya pastikan proyek ini harus selesai sebelum awal tahun 2022,” tegasnya.

Gus Irsyad pun optimistis dengan progress pembangunan yang sudah sampai titik sekarang. Menurutnya, ini adalah sebuah pencapaian yang luar biasa.

Dijelaskan bupati, Kantor Bupati dan Wakil Bupati sampai kesekretariatan, seluruh OPD (organisasi perangkat daerah) yang masih di kota, akan ditempatkan di gedung yang baru. “Seperti Badan Keuangan Daerah, BKSDM akan kita pindah di sini. Termasuk kesekretariatan, mulai dari ruangan Sekda, Asisten, Staf Ahli, dan lainnya,” jelasnya.

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan, Hari Apriyanto mengatakan, memang ada keterlambatan proyek pembangunan. Namun, ia memastikan ini bukan faktor material.

Ia menyebut, keterlambatan itu murni karena kurangnya manpower alias jumlah pekerja yang seharusnya 150 orang. “Sekarang jumlah pekerja antara 80-100 orang setiap harinya. Kalau dari sisi materialnya sudah ada, termasuk AC, lift dan yang lain,” papar Hari.

Hari menegaskan pihaknya sudah menyampaikan terkait manpower ke pelaksana proyek. Pelaksana berjanji untuk langsung merealisasikan permintaan ini. “Kemarin sudah disampaikan supaya menambah tenaga pekerja. Dan dari pihak pelaksana tentu saja mengiyakan, karena ini sudah mendekati deadline,” ucapnya.

Ia menyampaikan, hujan tidak membawa banyak pengaruh pada proyek pembangunan. Sebab pekerjaan saat ini lebih fokus ke dalam ruangan. Salah satunya pemasangan instalasi AC, lift hingga meubeler dan lainnya. “Progressnya itu cukup besar. Jadi sebenarnya kalau kontruksi sudah selesai,” lanjutnya.

Hari juga optimis proyek ini akan selesai tepat waktu dengan hasil yang maksimal. Menurutnya, pihaknya akan terus mengawal setia progres pembangunan PSD ini. *****


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.