Desember 4, 2022

Tasikmalaya: Kepolisian Resor (Polres) Tasikmalaya Kota menerjunkan tim khusus Maung Galunggung untuk melakukan patroli malam secara intensif guna mencegah aksi geng motor yang meresahkan masyarakat, sehingga tercipta keamanan dan ketertiban umum.
 
“Patroli lebih dilakukan dengan selektif di tempat-tempat rawan aksi kelompok berandalan bermotor,” kata Kepala Tim 2 Maung Galunggung Ipda Aziz Kartaji di Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu, 12 November 2022.
 
Ia menuturkan patroli tersebut merupakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) Polres Tasikmalaya Kota yang dilakukan dengan menyusuri sejumlah tempat untuk mengantisipasi aksi kelompok berandalan bermotor.


Operasi itu, kata dia, bertujuan menciptakan keamanan dan ketertiban, sehingga masyarakat merasa tenang di Kota Tasikmalaya, dan diharapkan tidak ada aksi berandalan bermotor.
 
Dia menambahkan jajarannya juga siap bergerak cepat ketika menerima berbagai laporan dari masyarakat terkait adanya gangguan keamanan, seperti adanya laporan keributan di dekat Kantor BCA HZ Mustofa, tim langsung menuju lokasi untuk mengeceknya.
 

“Kami merespons laporan warga adanya keributan di dekat Kantor BCA HZ Mustofa, namun setelah didatangi semua telah membubarkan diri,” ujarnya.
 
Kepala Seksi Humas Polres Tasikmalaya Kota Ipda Jajang Kurniawan mengatakan, patroli yang ditingkatkan itu merupakan instruksi langsung dari Kepala Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota AKBP Aszhari Kurniawan untuk mengantisipasi aksi berandalan bermotor dan gangguan keamanan lainnya.
 
Ia menyampaikan patroli antisipasi aksi berandalan bermotor itu dilakukan secara gabungan, tidak hanya dari jajaran tingkat polres, melainkan dibantu juga dari jajaran personel tingkat polsek.
 
“Patroli gabungan KRYD dilaksanakan pada jam rawan, dimulai pukul 02.00 WIB hingga pagi hari,” terang Jajang.
 
Dia menambahkan operasi tersebut menyisir juga penyakit masyarakat seperti premanisme, balapan liar, kemudian pencegahan tindak pidana lainnya yakni pencurian kendaraan bermotor.
 
Operasi itu, kata dia, sudah menjadi prioritas dan akan terus dilaksanakan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Kota Tasikmalaya saat melakukan aktivitasnya.
 
“Patroli dilakukan untuk menjamin kondusivitas kamtibmas dan memberikan kenyamanan untuk warga yang beraktivitas dini hari,” jelasnya.

 

(MEL)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.