Desember 5, 2022

Ball joint mobil merupakan salah satu komponen wajib dari kendaraan yang perlu diketahui oleh setiap pemiliknya. Walaupun terdengar asing, kehadiran ball joint nyatanya mampu untuk meningkatkan kenyamanan khususnya saat mobil hendak bermanuver.

Adanya Ball Joint mobil juga sangat krusial khususnya bila berhubungan dengan sistem suspensi dan roda kendaraan sehingga perlu sering dilakukan pengecekan agar tidak mudah mengalami kerusakan. 

Namun, apa itu ball joint mobil dan bagaimana fungsi dan cara kerjanya pada kendaraan untuk meningkatkan kenyamanan? Simak artikel di bawah ini!

Apa itu ball joint mobil?

Ball joint merupakan salah satu komponen penting di dalam kendaraan yang bertugas untuk meningkatkan rasa nyaman dalam sistem kemudi.

Serupa dengan namanya, bentuk ball joint mobil ini menyerupai bola sehingga mampu untuk bergerak secara fleksibel sesuai dengan kondisi jalan layaknya sistem sendi putar pada tubuh manusia.

Selain itu, ball joint ini terletak di antara komponen arm (lower dan upper) dan steering knuckle. Pada setiap roda, ball joint mobil ini bisa berjumlah dua buah dan akan berpotensi untuk mengalami aus jika terus menerus digunakan.

Oleh sebab itulah, ball joint mobil sangat penting untuk dimiliki setiap kaki-kaki kendaraan. Jadi sangat penting untuk menjaga agar komponen ini tidak mengalami kerusakan dengan cara memberikan pelumas supaya tidak cepat mengalami aus.

Kerusakan pada ball joint mobil ini dapat berakibat fatal pada kendaraan sehingga dapat mengurangi kenyamanan saat dioperasikan.

Fungsi ball joint

Fungsi ball joint pada mobil juga cukup krusial mengingat komponen ini bertindak sebagai penghubung antara bagian arm dengan knuckle roda dan akan menjadi pusat roda saat hendak berbelok baik ke kanan maupun ke kiri.

Oleh sebab itulah, fungsi ball joint yang paling utama adalah menjadi suspensi untuk menerima beban yang diberikan oleh kendaraan secara vertikal.

Jadi, apabila mobil sedang dikendarai dan hendak berbelok maka tentunya akan terasa lebih ringan karena roda bebas menyesuaikan pergerakan roda saat berjalan.

Bagian-bagian pada ball joint mobil

Selain itu, ball joint mobil memiliki berbagai bagian yang saling membantu untuk menjalankan fungsinya dengan baik sebagai penunjang sumbu roda. Beberapa bagian pada ball joint mobil ini antara lain adalah:

Stud

Stud merupakan bagian dari ball joint mobil yang berfungsi untuk memasang baut agar poros roda dan komponen di sekitarnya menjadi lebih kuat. 

Boot

Boot juga menjadi bagian ball joint lainnya yang berfungsi untuk menutup akses agar kotoran tidak bisa masuk ke dalamnya. Hal ini menjadi penting mengingat adanya kotoran berpotensi untuk mengganggu pergerakan dari komponen ini.

Housing

Fungsi ball joint mobil pada bagian keempat yaitu adalah housing. Komponen ini memiliki dua fungsi yang berbeda yaitu untuk menahan stud dan dan kotoran untuk melancarkan mekanisme gerak berputar. Tidak heran jika komponen ini disebut sebagai rumah dari ball joint.

Seats

Sesuai dengan namanya, seats memiliki fungsi untuk dudukan stud sehingga membutuhkan pelumasan secara berkala agar tidak kendor. Sebab, gesekan antara stud sangatlah tinggi.

Springs

Bagian ball joint terakhir yaitu adalah Springs. Dimana, komponen Springs memiliki fungsi utama untuk menahan stud dan seat sehingga kedua komponen tersebut tetap dalam posisinya serta dapat bekerja dengan optimal.

Cara memperbaiki ball joint mobil

Apabila sudah ditemukan tanda-tanda kerusakan pada ball joint seperti sering berdecit, bising hingga sulit dikendalikan sehingga berkendara menjadi tidak nyaman ini perlu kamu lakukan pengecekan bahkan perbaikan.

Proses pengecekannya pun juga cukup mudah dan kamu juga dapat mengetahui bagian mana yang benar-benar mengalami kerusakan sehingga harus segera diperbaiki.

Ada beberapa cara memperbaiki ball joint mobil yang dapat kamu lakukan secara mandiri agar proses berkendara menjadi jauh lebih nyaman, diantaranya adalah:

  • Dongkrak mobil pada bagian depan.
  • Pilih roda yang dirasa mengeluarkan bunyi bising.
  • Goyangkan ban ke arah dalam dan luar serta rasakan apakah ban mengalami kocak atau kerusakan.
  • Buka terlebih dahulu ball joint dari dudukannya dan lanjutkan dengan membuka juga karet penutupnya (root).
  • Pasang kembali karet penutup ball joint ke posisinya yang semula.
  • Lanjutkan dengan memasang dudukan ball joint pada posisi sebelumnya.
  • Jika sudah terpasang, kamu perlu mengencangkan bagian mur lalu memasang pin pengaman seperti semula.
  • Apabila ball joint sudah terpasang, maka kamu dapat melakukan penyetelan sudut kemudi (spooring) dengan benar.

Harga ball joint mobil

Apabila ball joint mobil yang dimiliki sudah mengalami kerusakan dan harus diganti dengan yang baru agar mobil dapat kembali dikendarai dengan nyaman maka penting untuk mempersiapkan biaya yang harus dikeluarkan.

Kisaran harga ball joint mobil juga cukup beragam di pasaran tergantung dari jenis dan merknya.

Sebagai gambaran, berikut adalah daftar harga ball joint mobil yang harus kamu persiapkan saat hendak membelinya, yaitu:

 

Jenis Ball Joint Mobil Harga
Ball joint atas innova fortuner hilux 2004 – 2020 Rp. 195 Ribu
Ball Joint Atas Kijang Innova Fortuner Hilux Rp. 195 Ribu
Ball Joint Soluna Rp. 385 Ribu
Ball Joint bawah Avanza Xenia Rp. 305 Ribu
BALL JOINT YARIS / VIOS LOWER Rp. 204 Ribu
Ball joint Toyota All New Avanza Bawah SB-T552 Rp. 300 Ribu
Ball Joint New Corolla Altis 2008 Rp. 495 Ribu
Ball Joint Vios Yaris Rp. 270 Ribu
Ball Joint Camry Harrier Rp. 420 Ribu
Ball Joint Low/Bawah  L300 ALL – SANKEI 555 Rp. 180 Ribu
BALL JOINT ATAS KIJANG KAPSUL Rp. 284 Ribu
Ball Joint New Alphard Vellfire RP 325 Ribu

Umumnya harga ball joint mobil adalah Rp. 180 Ribuan/pcs dan apabila sepasang sekitar Rp. 325-400 Ribuan.

Semua komponen ini bisa kamu temukan pada toko otomotif langganan, bengkel hingga secara online menggunakan ecommerce.

Tips dari Lifepal! Ball joint merupakan salah satu komponen penting di dalam kendaraan yang bertugas untuk meningkatkan rasa nyaman dalam sistem kemudi.

Oleh sebab itulah, sangat penting untuk menjaga agar komponen ini tidak mengalami kerusakan supaya mobil dapat terkendali dengan lebih bebas.

Simak pula ulasan mengenai bengkel kaki kaki mobil, gejala bushing arm mobil rusak, dan juga ciri shock mobil mati di artikel Lifepal lainnya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Apa pentingnya asuransi mobil?

Salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan adalah melindunginya dengan asuransi mobil. Sebab, asuransi mobil akan memberikan pencegahan atas segala resiko yang mungkin terjadi saat berkendara. 

Salah satu bentuk proteksi yang dapat dilakukan oleh asuransi mobil ini adalah menjamin ganti rugi atas segala resiko yang mungkin terjadi pada kendaraan meliputi kerusakan karena kecelakaan, kehilangan karena tindak pencurian hingga tanggung jawab hukum pihak ketiga apabila dibutuhkan sesuai dengan yang telah tertera di dalam polis.

Bahkan asuransi mobil juga mampu untuk memberikan jaminan perlindungan atas resiko khusus mulai dari bencana alam seperti banjir, kebakaran, kerusuhan hingga huru-hara sehingga dapat memberikan ketenangan saat berkendara serta perencanaan keuangan yang lebih terjaga.

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Pertanyaan seputar ball joint mobil

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.