Desember 6, 2022

Apakah kamu sudah tahu bagaimana cara cek recall Toyota terbaru? 

Jika kamu memiliki mobil keluaran Toyota, maka tak ada salahnya untuk sesekali mengecek apakah mobil kamu masuk dalam daftar mobil yang mendapatkan recall atau tidak. 

Recall sendiri merupakan pemanggilan konsumen atau pemilik mobil dari pihak produsen untuk bisa mendapatkan perbaikan atau update terhadap produk yang kamu miliki. 

Recall ini sudah umum dilakukan oleh produsen mobil sebagai salah satu upaya untuk memberikan pelayanan terbaik pada konsumen dan juga sebagai bentuk tanggung jawab produsen untuk menjamin performa produk mereka.

Cara cek recall Toyota Rush, cara cek recall Toyota Innova maupun mobil Toyota lainnya cukup mudah dan bisa dilakukan kapan saja. 

Untuk kamu yang masih belum memahami apa itu recall Toyota, apa saja fungsinya dan bagaimana cara cek recall Toyota, yuk simak ulasan berikut ini. 

Apa itu recall Toyota?

Sebelum sampai di pembahasan cara cek recall Toyota, ada baiknya pahami dulu apa itu recall Toyota.

Program recall Toyota saat ini dikenal dengan istilah SSC atau Special Service Campaign, di mana SSC ini merupakan program penarikan kembali mobil-mobil Toyota yang ditunjuk untuk seluruh konsumen yang ada di Indonesia. 

Setiap kali melakukan recall, Toyota biasanya hanya menargetkan pada beberapa tipe mobil saja. Sebagai contoh belum lama sejak tahun 2022 berjalan, Toyota melakukan recall untuk mobil Toyota Raize. 

Recall Toyota ini bisa berlaku hanya di Indonesia saja, namun jika perintah recall itu sendiri datang dari headquarter Toyota di Jepang (Toyota Global dan Toyota Motor Corp) maka bisa juga recall ini bersifat menyeluruh di dunia.

Recall Toyota bukanlah program baru, melainkan program yang sudah dijalankan bertahun-tahun oleh Toyota sebagai salah satu bentuk komitmennya dalam menjaga keamanan, kenyamanan, dan keselamatan konsumen. 

Apa Fungsi recall?

Seperti dijelaskan sebelumnya, recall mobil Toyota merupakan upaya Toyota untuk bertanggung jawab pada konsumen mengenai produk yang mereka jual.

Melalui recall ini pihak produsen akan melakukan perbaikan atau penggantian spare part mobil atau komponen yang dinilai membutuhkan upgrade, mengalami cacat produksi atau sebab-sebab lainnya. 

Dengan kata lain recall ditujukan untuk perbaikan mobil agar lebih nyaman dan aman ketika dikendarai. Melalui recall ini juga pihak produsen akan memperbaiki sistem atau komponen yang dinilai kurang aman, sehingga nantinya keselamatan pengemudi lebih terjaga.

Misalnya saja recall yang dilakukan Toyota pada tahun 2021 silam, di mana pihak produsen melakukan recall untuk perbaikan fuel pump dan brake booster yang berkaitan erat dengan mekanisme mesin mobil.

Recall ini ditujukan bagi beberapa tipe mobil Toyota, mulai dari Alphard, Kijang Innova, Camry, dan lain sebagianya.

Mengingat pentingnya recall ini, maka penting bagi kamu yang memiliki mobil Toyota untuk mengetahui bagaimana cara cek recall Toyota adgar dapat rutin melakukan pengecekan.

Cara cek recall Toyota

Cara cek recall mobil Toyota sebetulnya cukup mudah, namun karena tidak semua pemilik mobil mengetahui adanya prosedur recall ini maka masih banyak konsumen yang belum mengikuti program recall tersebut.

Cara paling mudah dan cepat untuk mengecek apakah mobil Toyota kamu masuk dalam daftar mobil yang mendapatkan jatah recall adalah sebagai berikut:

  • Buka browser di smartphone kamu lalu masuk ke website resmi Toyota atau bisa juga dengan klik link ini
  • Siapkan STNK mobil untuk memasukkan nomor rangka kendaraan
  • Masukkan nomor rangka kendaraan yang terdiri dari 17 kombinasi huruf dan angka
  • Masukkan alamat email kamu
  • Klik pada kolom checklist “I’m not a robot”, lalu klik menu Cari atau Search

Tunggu beberapa saat dan halaman website ini akan memberikan informasi apakah mobil kamu termasuk mobil yang mendapatkan recall atau tidak.

Selain dengan cara di atas, cara cek recall Toyota juga bisa dilakukan dengan cara menghubungi customer service di outlet resmi Toyota terdekat.

Kamu juga bisa meminta informasi mengenai recall melalui layanan Customer Care di nomor telepon 1-500-315.

Tidak mengikuti recall, berbahayakah?

Program recall diadakan oleh pihak produsen sebagai upaya untuk menjamin keamanan, kenyamanan dan keselamatan pengguna atau konsumen mereka. 

Tentunya akan rugi jika sebagai konsumen tidak mengikuti program ini, apalagi kalau mobil kamu ternyata masuk dalam daftar mobil yang mendapatkan recall.

Tidak mengikuti recall mungkin memang tidak serta merta secara langsung menyebabkan kerugian, namun untuk jangka panjang tentunya ini bisa merugikan.

Ketika dilakukan recall produsen akan melakukan upgrade atau perbaikan pada komponen yang dinilai kurang maksimal, ada cacat produksi atau error. Artinya komponen ini memang sudah seharusnya diperbaiki agar performa mobil tetap maksimal. 

Jika tidak dilakukan perbaikan mobil kamu bisa saja mengalami berbagai kendala, baik itu mesin yang brebet, tenaga mesin kurang, atau bahkan jika masalahnya serius bisa mengancam keselamatan saat berkendara.

Karena itu tak ada ruginya mengikuti recall sesuai rekomendasi produsen, lagi pula recall ini bisa kamu lakukan di mana saja dan gratis alias tidak dipungut biaya. 

Tips dari Lifepal! Sebaiknya jangan melewatkan recall jika memang mobil kamu termasuk ke daftar recall Toyota. Selain bisa diperbaiki secara gratis, performa mobil kamu pun akan meningkat dan tentunya keamanannya jadi lebih baik. 

Recall juga dilakukan tidak lama, kok. Biasanya akan memakan waktu sekitar 60-90 menit, seperti kamu sedang menservis kendaraan. 

Pentingnya asuransi mobil

Ada banyak resiko yang tak terduga saat kamu mengendarai mobil, entah itu mengalami kecelakaan, terjebak bencana alam, kebakaran, atau kehilangan. 

Resiko-resiko berpotensi menyebabkan adanya kerugian finansial, yang nilainya bisa jadi sangat besar. 

Inilah salah satu alasan penting mengapa kamu membutuhkan asuransi mobil, di mana asuransi mobil ini akan memberikan pertanggungan atas kerugian yang kamu alami. 

Risiko-risiko yang ditanggung asuransi mobil cukup beragam, tergantung dari jenis asuransi mobil yang kamu pilih.

Misalnya saja kamu membeli asuransi mobil all risk, maka kamu akan mendapatkan pertanggungan untuk segala jenis resiko. Mulai dari resiko kerusakan akibat tabrakan, benturan, kecelakaan bencana alam hingga resiko kehilangan. 

Namun jika kamu memilih asuransi mobil TLO maka pertanggungannya hanya berkisar pada resiko kerusakan >75% atau resiko kehilangan saja. 

Memilih asuransi mobil tentu juga harus disesuaikan dengan kebutuhan, profil risiko dan juga kondisi finansial kamu. 

Cek besaran premi yang harus dibayar dengan kalkulator premi asuransi mobil di bawah ini.

FAQ seputar cara cek recall Toyota

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.