Desember 4, 2022

Ada berbagai cara pasang kamera mundur Fortuner yang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah untuk menunjang keamananmu saat hendak berkendara khususnya ketika parkir. 

Sebab, kehadiran kamera mundur akan membantu pengemudi untuk mengetahui keadaan dari bagian belakang mobil. Jadi kamu dapat berkendara dengan lebih aman dan nyaman tentunya.

 

Sesuai dengan namanya, fitur ini terletak pada bagian bumper belakang mobil dan akan memberikan visual bagian belakang kendaraan supaya tidak tertabrak.

Namun bagaimana cara pasang kamera mundur Fortuner untuk kendaraan milikmu? Yuk simak penjelasannya di artikel ini!

Cara pasang kamera mundur Fortuner

Kamera mundur merupakan fitur yang inovatif namun sayangnya masih belum dimiliki secara merata untuk semua jenis mobil.

Apabila sebuah mobil telah memiliki fitur kamera yang satu ini maka kamu dapat langsung mengoperasikannya.

Akan tetapi, jika fitur ini masih belum dimiliki oleh mobilmu maka kamera mundur harus dipasang terlebih dahulu dan bisa didapatkan secara mudah di berbagai toko otomotif baik online maupun offline.

Namun sama seperti jenis mobil lainnya, cara pasang kamera mundur mobil Fortuner sebenarnya cukup mudah dengan beberapa hal yang harus kamu persiapkan, diantaranya adalah:

1. Memastikan head unit

Cara pasang kamera mundur Fortuner yang pertama yaitu adalah memastikan jika mobil sudah memiliki head unit berikut dengan layarnya.

Sebab, heat unit akan sangat dibutuhkan untuk pemilik mobil bisa memasang kamera belakang.

2. Menambahkan layar jika diperlukan

Setelah memastikan head unit pada mobil dan kendaraanmu tidak memilikinya, maka kamu dapat menambahkan layar yang dapat dengan mudah didapatkan di pasaran.

Layar yang akan ditambahkan ini akan membantu menampilkan hasil visual dari kamera mundur terkait keadaan pada bagian belakang mobil tanpa perlu menghadap belakang sekalipun.

3. Siapkan kamera mundur yang sudah dibeli

Setelah layar dan head unit sudah siap, maka kamu dapat melanjutkan cara pasang kamera mundur fortuner dengan menyiapkan komponen tersebut yang sudah dibeli sebelumnya secara terpisah di toko aksesoris mobil.

Disarankan untuk memilih kamera mundur yang telah dilengkapi dengan bracket agar memudahkan pemasangan pada bodi mobil.

4. Bongkar bagian head unit

Cara pasang kamera mundur mobil adalah dengan membongkar bagian head unit mobil Fortuner tersebut dan pastikan komponen tersebut sudah berupa layar LCD.

Hal ini karena mobil dengan head unit berjenis single din tentu tidak mungkin bisa dipasang kamera mundur.

Barulah setelah semuanya siap, kamu sudah dapat mulai membongkar headunit yang ada pada mobil dan jangan sampai ada klip yang patah agar tidak repot saat hendak dipasangkan kembali.

Pastikan untuk membongkar head unit dengan hati-hati sesuai petunjuk yang telah disebutkan dalam buku manual.

Dimana, kamu dapat mencopot monitor dari dashboard terlebih dahulu lalu sambungkan kabel ke arah kamera dengan LCD menggunakan reserve switch.

Tujuan penggunaan reserve switch adalah agar kamera dapat berfungsi saat transmisi kendaraan dipindahkan ke dalam posisi mundur.

Lalu, penting juga untuk menjaga kerapian saat kabel disambungkan dan lilit sambungan tersebut dengan menggunakan isolasi agar meminimalisir terjadi nya konslet.

Barulah setelah semuanya siap, kamu sudah dapat mulai membongkar head unit yang ada pada mobil dan jangan sampai ada klip yang patah agar tidak repot saat hendak dipasangkan kembali.

Jika sudah selesai, maka kamu dapat memasang kembali monitor ke dashboard seperti sebelumnya.

5. Buka tutup pintu bagasi mobil

Ada berbagai kabel yang perlu disambungkan dari kamera mobil ke LCD dan hal ini hanya bisa dilakukan dengan melalui bagasi. 

Namun untuk melakukan hal tersebut kamu harus membuka pintu bagasi mobil terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan membuka penutup yang berbahan plastik sembari melepaskan baut-bautnya. 

Kemudian, masukkan kabel yang sudah tersambung dengan kamera ke sela-sela pada lubang lampu plat motor.

Barulah kemudian kabel ini dapat disambungkan dengan kabel yang sudah tersambung dengan monitor head-unit.

6. Memasang kamera mundur pada bagian belakang

Tahapan terakhir dalam cara pasang kamera mundur Fortuner yaitu adalah menempelkan fitur tersebut pada bagian belakang mobil sesuai dengan keinginan.

Umumnya, kamera ini akan disimpan pada bagian atas plat nomor belakang.

Saat memasang, pastikan posisis sudut kamera sudah tepat dengan cara menghidupkan mesin terlebih dahulu dan memposisikan transmisi pada gigi mundur.

Apabila visual yang tampak pada layar dirasa kurang pas, maka kamu dapat memperbaikinya hingga mendapatkan sudut yang tepat.

Barulah, setelah itu kamu dapat menempelkan kamera pada bodi mobil dengan merekatkannya menggunakan kabel ties dan juga double tape serta baut pengencang agar posisi kamera tidak bergerak walaupun mobil dioperasikan.

7. Merapikan kabel 

Apabila kamera sudah terpasang, maka kamu sudah dapat membersihkan kabel-kabel yang terhubung dengan menyelipkannya pada pilar C dan ke tepi-tepi plafon sebelum diselipkan ke pilar A dalam dashboard.

Fungsi kamera mundur Fortuner

Secara garis besar, kamera mundur memiliki fungsi untuk membantu pengemudi melihat keadaan belakang dengan lebih jelas sehingga tidak hanya akan berguna saat memarkirkan mobil namun juga mengetahui kondisi jalanan belakang saat macet.

Jadi, kamu akan dengan mudah untuk menjaga jarak aman kapanpun mobil dioperasikan.

Selain itu fungsi kamera mundur yang lainnya yaitu adalah membantu pengemudi untuk melihat keadaan belakang mobil dengan lebih jelas saat hujan karena memiliki jarak pandang dan visibilitas yang lebih baik.

Bahkan tidak hanya itu saja, kamera mundur pada mobil juga dapat meminimalisir blindspot karena area yang dapat terlihat oleh pengemudi menjadi lebih besar jadi dapat meminimalisir resiko yang tidak diinginkan.

Cara kerja kamera mundur Fortuner

Kamera mundur akan dapat bekerja dengan saat berada pada posisi mundur atau R.

Jika dalam keadaan tersebut, maka tampilan layar pada head unit akan secara otomatis menghadirkan visual dan kognisi bagian belakang kendaraan.

Namun perlu diketahui jika jangkauan kamera mundur ini yang sesuai dengan spesifikasi kamera yang dimiliki mulai dari 3 meter hingga 5 meter tergantung dari mereknya. 

Tampilan pada layar kamera mundur ini akan menampilkan garis pembantu yang terhubung langsung dengan sensor roda depan.

Jadi, apabila setir kendaraan diarahkan ke arah kiri maka garis di dalam layak pun juga akan mengikutinya.

Sensor bagian belakang mobil juga akan mendeteksi bagian belakang kendaraan yang dinilai terlalu dekat dengan sebuah objek.

Dimana, layar akan berubah tampilannya menjadi warna merah untuk memberikan peringatan.

Tips dari Lifepal! Cara pasang kamera mundur Fortuner merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui agar mampu menunjang keamananmu saat hendak berkendara khususnya ketika parkir. 

Sebab fitur ini terletak pada bagian bumper belakang mobil dan akan membantu menampilkan visual bagian belakang kendaraan supaya tidak tertabrak dengan objek di sekitarnya.

Simak pula ulasan mengenai kamera 360 mobil di artikel Lifepal lainnya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Apa manfaat penting asuransi mobil?

Asuransi mobil memberikan banyak manfaat kepada setiap pemilik kendaraan secara menyeluruh sehingga wajib untuk dimiliki.

Sebab, asuransi mobil dapat memberikan perlindungan berupa ganti rugi dan penanggungan biaya atas segala resiko yang mungkin terjadi pada kendaraan milikmu.

Dengan demikian, semakin jelas fungsi asuransi mobil sangat bermanfaat sebagai proteksi dan jaminan bukan hanya untuk diri kita, tapi juga untuk mobil dan keuangan kita. 

Beberapa resiko yang akan ditanggung oleh pihak asuransi ini mulai dari adanya kerusakan karena kecelakaan dan bencana alam hingga kehilangan mobil akibat tindak pencurian. 

Jadi kamu akan dapat merasa lebih tenang karena asuransi mobil akan menutup biaya servis mobil sesuai dengan ketentuan di dalam polis jika sewaktu-waktu mengalami masalah seperti kerusakan dan kecelakaan.

Sekaligus, asuransi mobil juga dapat menjadi opsi terbaik untuk berkontribusi membantu merencanakan keuangan dengan mengurangi pengeluaran saat dibutuhkan.

Apalagi biaya servis mobil dan perawatan tentu juga tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Pertanyaan seputar cara pasang kamera mundur Fortuner

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.