Desember 8, 2022

Cara membersihkan kaca mobil seperti spion, kaca depan, kaca mobil bagian dalam, atau kaca lampu mobil yang buram ada beragam. Hal itu tergantung dari kondisi serta peralatan yang digunakan. 

Seperti diketahui, kaca mobil harus dibersihkan secara teratur karena menjadi salah satu komponen terpenting.

Kaca mobil yang bersih tentunya akan membuat perjalanan lebih aman. Sebelum mempelajari berbagai cara membersihkan kaca mobil yang buram, yuk, baca dulu beberapa tips di bawah ini.

Tips membersihkan kaca mobil yang buram

Membersihkan kaca mobil dengan rutin akan membuat kaca mobil tampak bersih, jernih, dan bebas jamur. Kamu bisa mencuci kaca mobil seminggu sekali ataupun dua minggu sekali. Kalau kaca mobilmu sudah terlalu kotor, jangan lupa juga lakukan tips ini sebelum membersihkannya.

Pilih bahan pembersih kaca mobil

Kamu bisa memilih berbagai bahan pembersih kaca mobil sesuai kebutuhan yang beredar di pasaran.

Kalau kamu mau berhemat, kamu juga bisa memanfaatkan pasta gigi, cuka dapur, atau air tembakau. 

Cara membersihkan kaca mobil yang buram cukup mudah, yakni basahi kaca mobil dengan air. Selanjutnya, semprotkan cairan pembersih kaca dan poles menggunakan kain microfiber.

Terakhir, bilas sisa bahan pembersih kaca mobil dengan air secara merata. Jangan sampai ada sisa noda. Cara tersebut efektif melenyapkan bercak jamur.

Sebelum menggunakan bahan pembersih kaca mobil, bacalah aturan pemakaian dan perhatikan juga jenis kaca yang mobil kamu gunakan.

Sebab, penggunaan cairan pembersih yang tidak sesuai aturan akan berpotensi merusak kaca mobil, bahkan tidak menutup kemungkinan akan membuatnya semakin buram.

Jangan mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung

Cara membersihkan kaca mobil yang buram selanjutnya adalah dengan tidak mencuci kaca di bawah terik matahari langsung.

Sebab, panasnya matahari bisa mengakibatkan cairan pembersih meninggalkan noda bekas air dan sabun. Alih-alih jadi bersih, kaca mobilmu justru semakin tampak kotor.

Cara membersihkan kaca mobil bagian dalam yang buram

Membersihkan kaca mobil tentunya bukan hanya bagian luarnya saja, bagian interiornya pun juga wajib dibersihkan secara teratur.

Cara membersihkan kaca mobil yang buram di bagian dalam adalah gunakan lap bersih basah untuk membersihkan kotoran di tahap pertama.

Lalu, bersihkan kembali dengan lap kering setelah kaca mobil sudah disiram air bersih.

Sebagai catatan, pakailah air hangat untuk membersihkan kaca mobil. Air hangat akan membuat kotoran membandel cepat hilang.

Setelah itu, bilas lagi kaca mobil dengan air bersih biasa. Kemudian, gosokkan lap kering di bagian dalam yang telah selesai dicuci.

Jangan sampai membersihkan kaca mobil menggunakan glass cleaner, ya.

Sebab, glass cleaner mengandung zat pelarut yang dapat merusak lapisan kaca film pada kaca mobil dan membuatnya melar, sementara material kaca mobil mayoritas terbuat dari kaca film.

Cara mencegah dan mengatasi jamur pada kaca mobil

Di antara banyak faktor yang menyebabkan kaca mobil buram, jamur adalah yang paling umum ditemui.

Apalagi di musim hujan, jamur akan mudah menempel di kaca ataupun bodi mobil. Jamur tersebut akan sulit kamu bersihkan kalau kamu membiarkannya begitu saja.

Cara membersihkan kaca mobil yang buram karena jamur adalah dengan menggunakan kanebo ataupun microfiber.

Sebaiknya segera bersihkan kaca mobil setelah terkena hujan. Sebab, titik hujan di kaca bisa menimbulkan efek jamur. 

Area lain yang perlu kamu bersihkan juga adalah karet pada bilah wiper karena dapat berpengaruh pada kebersihan kaca.

Segera ganti jika bilah karet sudah tidak bisa membersihkan kaca secara sempurna.

Jika jamur sudah terlanjur menempel di kaca, kamu harus membersihkannya secara khusus. Kalau ingin menghilangkan jamur kaca mobil sendiri di rumah, perhatikan bahan atau kompon yang digunakan.

Penggunaan bahan yang salah atau penekanan saat membersihkan kaca terlalu keras bisa mengakibatkan kaca menjadi lecet.

Jamur bisa menyerang semua bagian kaca, namun bagian yang paling penting tentu saja kaca depan.

Kamu bisa melapisi kaca dengan bahan pembersih kaca mobil anti jamur untuk menjaga kebersihan kaca. Dengan demikian, kamu bisa mengemudi dengan nyaman tanpa gangguan jamur.  

Cara mengeringkan kaca mobil yang telah bersih

Setelah kaca mobil kamu cuci, keringkan kaca yang telah bersih menggunakan plas chamois. Sebaiknya kaca mobil tidak kamu biarkan mengering dengan sendirinya.

Sebab, bercak air bekas cuci mobil bisa menjadi noda di kaca. Untuk kaca bagian dalam, gunakan air biasa kemudian poles dengan lap microfiber.

Kalau noda di kaca cukup membandel, bersihkan lagi dengan air hangat kemudian lap dengan plas chamois, dan keringkan.

Tips dari Lifepal! Mengendarai mobil dengan kaca yang bersih memang membuat hati rileks dan aman. Namun, jangan lupakan satu hal penting lainnya, yaitu asuransi mobil.

Selain dapat berkendara tanpa beban, asuransi mobil membantumu menghindari pengeluaran tak terduga yang bisa menguras uangmu.

Kamu dapat memilih produk asuransi mobil sesuai kebutuhan serta kondisi keuanganmu. Untuk mendapatkan referensi produk asuransi terlengkap, kamu bisa cari tahu di Lifepal.

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

 

Kenapa asuransi mobil itu penting?

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Saat ini, Lifepal telah bekerja sama dengan lebih dari 4000 bengkel mobil dan 250 kantor cabang rekanan yang tersebar luar hampir di seluruh wilayah Indonesia. 

Jadi, kamu bisa dengan mudah mendapatkan layanan klaim di bengkel rekanan gabungan ataupun kantor cabang.

Daftar asuransi melalui Lifepal juga sangat mudah. Kunjungi Lifepal dan temukan produk asuransi terbaik untuk melindungi mobilmu!

Jika belum memiliki asuransi mobil, kamu bisa mengikuti kuis asuransi mobil terbaik di bawah ini untuk menemukan produk asuransi mobil sesuai kebutuhanmu.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Pertanyaan seputar cara membersihkan kaca mobil yang buram

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.