Desember 8, 2022

Tidak ada seorangpun yang tidak pernah terlibat dalam kegiatan jual-beli. Apalagi, dengan adanya promo mobile banking yang ditawarkan beberapa bank dengan syarat melakukan transaksi pembelian tertentu, membuat kita terkadang memaksakan diri membeli meskipun belum membutuhkan. Perilaku seseorang membeli sesuatu atau melakukan tindakan konsumsi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya inilah yang dikatakan dengan konsumtif.

Hampir semua orang memiliki sifat konsumtif ini, dan ini bukan masalah selama masih dalam batas yang wajar. Namun, jika sudah sampai pada tahap berlebihan, konsumtif ini bisa menjadi boomerang untuk diri sendiri. Masalahnya, saat ini masyarakat yang konsumtif secara berlebihan semakin lama semakin meningkat. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa faktor, antara lain:

Semakin tinggi pendapatan seseorang, maka akan semakin meningkat pula barang ataupun jasa yang dibutuhkannya. Hal ini hampir dikatakan pasti terjadi pada setiap orang. Di saat inilah, seseorang harus mampu untuk menahan diri dan menjaga agar tetap membeli apapun yang dibutuhkannya saja. Karena, sebenarnya ketika pendapatan meningkat, ini juga disertai dengan naiknya harga kebutuhan pokok.

Belanja melalui komputer, laptot atau smartphone sudah menjadi hal yang umum dilakukan oleh masyarakat. Apalagi, semakin banyak jumlah e-commerce yang beredar di masyarakat, dan banyak juga yang mulai menawarkan barang dagangannya melalui berbagai social media. Kemudahan ini, terkadang membuat kita lupa dan sulit menahan diri untuk tidak membeli produk dagangan yang ditawarkan.

Mobile banking, internet banking, kartu kredit, semua hal tersebut membuat kita mudah untuk bertransaksi kapanpun dan dimanapun. Jika kita membeli barang secara online, kita hanya perlu bernegosiasi masalah harga dengan penjual (untuk beberapa jenis online shop) dan kemudian membayarnya melalui mobile banking atau internet banking. Sementara, jika kita sedang tidak memiliki dana tapi kita memiliki kartu kredit, transaksi juga tetap bisa dilakukan dengan pembayaran menggunakan kartu kredit tersebut.

Sebenarnya, bukan berarti kita tidak boleh sama sekali membeli barang yang tidak dibutuhkan hanya sekedar untuk bersenang-senang. Karena, rugi juga kan kalau kita sudah lelah bekerja namun tidak bisa menikmati hasilnya untuk bersenang-senang. Hanya saja, kita harus tetap bertanggungjawab dan membatasi sifat konsumtif kita.

Artikel ini bersumber dari tipsindonesia.com.