Desember 6, 2022

Bisnis apa yang produknya selalu dicari dan dibutuhkan konsumen?

Ya, bahan makanan!

download aplikasi bukuwarung

Bahan makanan adalah produk yang akan selalu dicari dan dibutuhkan oleh konsumen. Salah satu bahan makanan yang berpeluang besar untuk dijadikan usaha adalah bisnis sayuran.

Sayuran merupakan salah satu kebutuhan pokok yang diperlukan tidak hanya dari untuk keperluan rumah tangga namun juga untuk pedagang makanan. Pesanan bisa saja datang dari warung makan hingga restoran besar dan hotel.

Masih ragu? 

Cek beberapa alasan bisnis sayuran bisa jadi pilihan usaha untuk Juragan:

  • Penjualan bisa dilakukan baik di pagi, siang, maupun sore hari. Pastikan kondisi sayur masih segar ya.
  • Juragan bisa menjual secara eceran untuk kebutuhan rumah tangga atau partai besar untuk kebutuhan bisnis
  • Bisa dijual dengan berbagai metode seperti berjualan di rumah, keliling, menyewa tempat strategis atau di pasar, hingga berjualan secara online.
  • Bisa dilakukan di daerah desa maupun kota.
  • Juragan bisa mulai dari skala kecil hingga besar sesuai modal.
  • Tidak butuh keahlian khusus, hanya tekun, teliti, dan semangat berusaha.
  • Laba dihitung berdasarkan pada selisih harga jual dengan harga grosiran
  • Pasti laku karena merupakan barang pokok, jadi kemungkinan rugi atau bangkrut sangat kecil.

Tapi, jangan sampai tidak mempertimbangkan beberapa resiko bisnis sayuran berikut gan:

  • Biasanya sayuran segar adalah sayuran paling laku, jadi sebisa mungkin Juragan harus bisa menjaga kesegaran sayuran dengan baik.
  • Beberapa jenis sayuran sangat mudah busuk atau layu, jadi pastikan Juragan paham penanganan produk yang tidak habis terjual.
  • Siap-siap ditawar oleh pembeli.
  • Biasanya bisnis sayuran akan menjual beragam produk sehingga Juragan harus teliti dalam mencatat dan mengingat semua produk yang ada.
  • Persaingan tinggi sehingga Juragan harus memahami strategi penjualan yang baik 

Terus, bagaimana caranya agar bisnis sayuran saya bisa sukses?

Buat Toko Online Sendiri

Tenang Juragan, ada beberapa tips yang bisa Juragan terapkan saat akan memulai dan selama menjalankan usaha.

Baca juga : Tips Menjalankan Bisnis Salad Buah

Tips sukses bisnis sayuran:

1. Pilih sayuran segar

Hal pertama yang harus Juragan perhatikan saat akan membeli sayuran adalah memilih sayuran yang masih segar dan baik. Gunanya adalah untuk memperpanjang umur sayuran mulai dari Juragan membeli hingga sampai di tangan konsumen. 

atur keuangan usaha

Jangan sampai konsumen merasa tidak puas atau menghindari bisnis sayuran Juragan karena kondisi sayuran yang tidak segar dan tidak dalam kondisi baik. Pastikan Juragan hanya menjual sayuran yang segar dan berkualitas

2. Kemas dan tata sayuran dengan benar dan rapi

Penataan dan pengemasan sayuran dengan rapi pastinya akan memanjakan mata dan membuat konsumen tertarik untuk membeli. Sayuran kecil seperti jamur, cabe, bawang, dan lainnya bisa Juragan tata dengan rapi atau dikemas dengan menarik seperti di supermarket. Sayuran lainnya bisa Juragan kelompokkan dan tata rapi agar tidak saling menumpuk. 

3. Pastikan lapak bersih dan rapi

Tidak hanya sayuran yang tertata rapi, tempat usaha juga harus dijaga ya Gan. Pastikan untuk selalu membersihkan sayuran yang jatuh dan air yang menetes dari sayuran yang bisa membuat tempat usaha menjadi bau.

atur keuangan usaha

Tempat usaha yang bersih serta produk jualan yang tertata rapi pastinya akan membuat pelanggan menjadi betah berbelanja bukan?

4. Tawarkan harga kompetitif

Memasang harga memang sedikit rumit karena Juragan tentu tidak bisa memberi harga yang terlalu murah yang membuat rugi atau terlalu mahal sehingga pelanggan lari.

Juragan bisa melakukan riset harga jual di pasaran, kondisi tempat apakah banyak saingan di sekitar tempat usaha Juragan, dan harga beli sayuran kulakan. Pastikan harga sesuai dengan kualitas sayuran yang Juragan jual.

5. Berikan pelayanan terbaik

Pernah bertemu penjual yang tidak ramah dan judes?

Pasti Juragan memilih untuk berbelanja di tempat lain dengan penjual yang lebih ramah. Nah, jangan sampai setelah Juragan mengikuti saran di atas, Juragan malah memberikan pelayanan yang tidak baik terhadap pelanggan.

Senyuman dan keramahan penjual adalah salah satu hal yang membuat pembeli merasa nyaman berbelanja. Bisa saja pelanggan yang puas merekomendasikan tempat Juragan berjualan ke teman-temannya. Jadi makin cuan bukan?

Nah, setelah tau tipsnya sekarang Juragan harus fokus pada strategi dalam menjalankan bisnis sayuran. Agar bisnis berjalan dengan baik, Juragan tentu harus memiliki strategi dalam menghadapi setiap kondisi. 

Berikut panduan strategi untuk menjalankan usaha berjualan sayuran.

Strategi bisnis sayuran:

1. Pilih supplier terpercaya di Tokoko

Supplier yang terpercaya adalah salah satu kunci kesuksesan usaha. Untuk kemudahan Juragan, aplikasi BukuWarung menyediakan fitur Barang Grosir yang merupakan gabungan dengan aplikasi BukuWarung dan Tokoko untuk menemukan supplier yang terpercaya.

Fitur ini bertujuan untuk memudahkan Juragan dalam belanja stok barang jualan atau bahan baku dari para supplier Tokoko. Cara menggunakannya mudah:

  1. Klik gambar “Barang Grosir” pada Home di aplikasi BukuWarung
  2. Pilih lokasi supplier yang diinginkan
  3. Ketik nama produk atau supplier yang Juragan cari. Juragan bisa membandingkan harga dan rating supplier atau membuat daftar toko langganan
  4. Masukkan jumlah produk yang ingin dibeli
  5. Masukkan data diri dengan lengkap dan benar, lalu pilih salah satu dari 2 metode pengiriman yaitu ambil sendiri di toko atau antar ke lokasi Juragan dengan pilihan kurir sesuai keinginan
  6. Pilih metode pembayaran yang diinginkan lalu klik “Bayar”
  7. Juragan akan menerima kode verifikasi lewat SMS, lalu masukkan kode ini untuk menyelesaikan pesanan. Setelah itu klik “Lihat Pesanan”.
  8. Selesaikan pembayaran dengan klik “Bayar Sekarang”. Jika berhasil, Juragan akan menerima kode rahasia via Whatsapp untuk melacak pesanan.

Apa sih keuntungan belanja barang grosir di BukuWarung?

  • Lebih Cepat: Juragan tidak perlu mengantri belanja seperti saat belanja di toko offline.
  • Lebih Mudah: Juragan bisa pesan stok barang dari rumah dengan berbagai metode pemesanan dan pengiriman.
  • Aman: Setiap supplier sudah diverifikasi langsung di tempat oleh tim BukuWarung.
  • Hemat: Juragan bisa mendapatkan harga khusus dari supplier langsung dan dapat promo penawaran menarik
  • Bayar Nanti: Juragan bisa menikmati fitur TalanginDulu yang bantu memodali belanja stok barang lebih banyak hingga 20 juta.

Baca juga : 3 Cara Belanja dari Supplier Tokoko

2. Pilih metode penjualan

Dengan berkembangnya teknologi, Juragan bisa memilih salah satu atau menggunakan beberapa metode berjualan seperti:

  • Berjualan di rumah. Pastikan lokasi jualan strategis dengan tempat yang cocok untuk berjualan sayuran.
  • Metode jualan keliling menggunakan mobil bak terbuka atau motor yang sudah dimodifikasi. Metode ini membuka peluang Juragan mendapatkan pelanggan di berbagai tempat dan pastinya membantu pembeli memenuhi kebutuhan rumah tangga tanpa harus keluar rumah.
  • Menggunakan aplikasi marketplace online. Metode ini semakin membuka peluang memperluas lokasi jangkauan pelanggan baru. Namun, pastikan untuk tidak membuka pengiriman yang terlalu jauh untuk menghindari sayuran layu atau membusuk selama pengiriman.
  • Berjualan di pasar adalah metode tradisional yang tetap menjadi primadona. Pelanggan langsung tau tanpa harus dipromosikan namun saingannya pasti akan sangat banyak.

3. Teknik pemasaran

Juragan bisa menggunakan teknik mulut-ke-mulut dengan bantuan pelanggan atau menggunakan media sosial untuk promosi. Juragan juga bisa memilih target penjualan apakah ingin menjual langsung ke individu atau untuk bisnis seperti ke warung, restoran, atau hotel.

4. Pengelolaan dan perhitungan bisnis

Untuk pengelolaan yang baik, Juragan harus rajin mencatat setiap barang yang masuk dan keluar. Juragan bisa menggunakan aplikasi catatan transaksi di BukuWarung untuk membantu merekam semua kegiatan jual-beli.

Di aplikasi BukuWarung, Juragan juga bisa mendapatkan laporan keuangan usaha setiap bulannya sehingga Juragan tahu mengenai untung-rugi usaha. Pengelolaan dan perhitungan bisnis ini sangat penting agar Juragan tidak mengalami kerugian.

Jadi, siap untuk mulai bisnis sayuran? Jangan lupa untuk ikuti tips di atas ya Gan! Bantu sebarkan artikel ini jika bermanfaat ya!

Artikel ini bersumber dari bukuwarung.com.