Desember 5, 2022

SURYA.CO.ID, KEDIRI – Duta Wisata Kabupaten Kediri, Aida Fathiyya menyabet gelar Wakil 3 Raki Jatim dalam ajang pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur 2022. Perempuan disapa Tia itu tampil memukau dengan balutan batik berwarna oranye dan selendang biru dongker.

Jawaban cerdas Tia atas pandangannya mengenai potensi Indonesia Emas di tahun 2024, sukses membawanya melaju ke lima besar Raki terbaik. Di lima besar, Tia dengan tepat menjawab pertanyaan dari Ketua Tim Penggerak PKK Jatim, Arumi Bachsin Emil Dardak mengenai optimalisasi IT di bidang kepariwisataan.

“Saat ini perkembangan IT sangat pesat, apa saja yang bisa dimanfaatkan bagi pengembangan pariwisata di Jawa Timur?” tanya Arumi kepada Tia.

Sebelum waktu yang disediakan berakhir, mahasiswi semester 3 Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga ini dengan lugas menjawab pertanyaan yang disampaikan istri Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak itu.

“Kita tahu sekarang kita telah memasuki era society 5.0, di mana big data merupakan sebuah senjata untuk mengetahui apa yang wisatawan mau dan apa yang wisatawan inginkan,” papar Tia.

Dengan capaian tersebut, Tia mengaku bangga karena mampu mengharumkan nama Bumi Panjalu di tingkat provinsi. Terlebih, persiapan matang telah dilakukannya sejak ia terpilih menjadi Inu Kabupaten Kediri tahun 2022.

Dikatakannya, persiapan yang dilakukannya mulai dari mentoring dan pembekalan dari Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri hingga pemantapan materi serta kostum yang dibawanya di ajang tersebut.

“Harapannya, ke depan bisa memaksimalkan potensi untuk mempromosikan pariwisata di Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Kediri,” kata Tia.

Terpisah, Mas Dhito, sapaan akrab Bupati Hanindhito, menyebutkan potensi Tia sudah terlihat sejak seleksi Inu Kirana Kabupaten Kediri. Di mana gagasan dan idenya untuk memajukan pariwisata terbilang bagus.

Orang nomor satu di Kabupaten Kediri itu menambahkan potensi tersebut harus dikembangkan untuk menunjang karir Tia ke depan. “Tentunya, kami yang ada di Pemerintah Kabupaten Kediri ikut bangga dengan capaian Aida Fathiyya. Terus berkarier dan abdikan diri untuk negeri, “ ujar Mas Dhito, Minggu (6/11/2022).

Mas Dhito berpesan agar capaian ini diikuti oleh para pemuda di wilayahnya yang diharapkan nantinya dapat memajukan bumi Panjalu. “Harapannya ada ratusan pemuda seperti Tia di Kabupaten Kediri. membangun pariwisata dari Kabupaten Kediri untuk Jawa TImur dan Indonesia,” pungkas Mas Dhito.

Sebelumnya, Mas Dhito mendukung penuh pasangan Inu Kirana Kabupaten Kediri untuk melaju ke ajang Raka Raki tersebut. Bupati berkacamata ini juga mendorong keduanya untuk membawakan khasanah budaya Kabupaten Kediri.

Selain itu, Mas Dhito juga mengajak masyarakat untuk mendukung pasangan Praska Arwi dan Tia di ajang yang dihelat oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur itu. “Doa terbaik bagi mereka berdua, semoga sukses, terlebih jika mereka dapat menyuguhkan Cerita Panji yang merupakan kekayaan budaya asli Kediri,” kata Mas Dhito usai bertemu Praska dan Tia, Rabu (2/11/2022) lalu. ****


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.