Desember 5, 2022

Biaya setrum aki mobil cukup beragam tergantung dari jenis bengkel yang dikunjungi, namun ternyata sangat terjangkau. Tentu hal ini akan menjadi solusi yang tepat saat kamu hendak memerlukan setrum aki untuk memacu tenaganya.

Ditambah, aki memiliki fungsi yang cukup krusial pada kendaraan untuk memasok kebutuhan energi listrik agar mesin dapat menyala dengan baik.

Oleh sebab itu performa dan kualitas aki harus dipertahankan agar semakin nyaman saat berkendara, dan salah satu caranya adalah dengan menggunakan setrum.

Walaupun dikatakan cukup murah dan terjangkau, namun berapa kisaran harga setrum aki mobil yang perlu kamu persiapkan? Simak ulasannya pada artikel di bawah ini!

Biaya setrum aki mobil

Aki memiliki fungsi utama sebagai komponen yang menunjang kebutuhan listrik agar kendaraan dapat menyala dan beroperasi dengan baik. Jadi, setiap pemilik mobil wajib mempertahankan performanya agar dapat berfungsi dengan normal. 

Namun seringkali aki mengalami tekor karena tegangan yang turun sehingga menjadi soak dan tidak bisa digunakan sama sekali.

Namun bila aki mobil milikmu dapat di-charge maka kamu bisa melakukan setrum aki di bengkel langganan dengan tarif yang telah ditentukan.

Kisaran biaya charge aki mobil (setrum) baik kering maupun basah khususnya di wilayah Jakarta ternyata tidak lebih dari Rp. 50 Ribuan. 

Dimana, satu aki hanya dikenakan biaya Rp. 25-35 Ribu untuk satu kali pengisian, apabila aki di atas 45 ampere maka biayanya akan lebih mahal sedikit yaitu sekitar Rp. 45 Ribuan belum termasuk air aki-nya.

Namun perlu diketahui jika kisaran harga setrum aki mobil yang murah ini tidak sejalan dengan durasi setrum yang dilakukan. Hal ini karena setrum aki hanya bisa dilakukan satu hari satu malam (10 jam).

Apabila kamu ingin waktu setrum setrum yang lebih cepat (express) atau kurang dari 2 jam tentu biaya setrum aki mobil yang dibebankan akan sedikit lebih mahal, berikut adalah estimasinya:

Jenis Aki Express (1 jam)
4 Ah 5.000
9 Ah 10.000
30 Ah 30.000
50 Ah 35.000
70 Ah 40.000
100 Ah 45.000 (2 jam)
120 Ah 50.000 (2 jam)
150 Ah 55.000 (3 jam)
200 Ah 60.000 (4 jam)

 

Biaya charge aki mobil tentu dapat berubah-ubah tergantung dari bengkel yang dikunjungi, wilayah serta jenis aki yang digunakan.

Jadi, pastikan untuk memiliki bengkel setrum aki mobil yang terpercaya agar mendapatkan kualitas pelayanan dan harga terbaik.

Cara setrum aki mobil

Umumnya, teknisi akan melakukan banyak hal agar aki mobilmu dapat kembali memiliki performa yang baik. Mereka akan melakukan beberapa tahapan saat setrum aki, diantaranya adalah:

1. Melepaskan aki dari mobil

Selama aki di charge atau disetrum, aki harus berada dalam keadaan yang terpisah dari mobil. Jadi para teknisi di bengkel akan melepaskan aki mobil ini dengan perlahan. 

Terlebih apabila sistem mobilnya adalah ECU maka diperlukan waktu lagi untuk melakukan reset terlebih dahulu.

Selanjutnya, mereka dapat mencabut kabel aki positif berwarna hitam terlebih dahulu sebelum mencabut kabel satunya yang berwarna merah.

Selanjutnya, aki akan diletakkan pada area kering dan mereka akan membersihkannya menggunakan kain lap yang telah dicampur baking soda.

2. Memeriksa ketinggian air pada aki

Kemudian, para teknisi di bengkel akan memeriksa ketinggian air aki dengan cara membuka bagian tutup ventilasinya.

Apabila dirasa volume berkurang, maka mereka akan menambahkan air aki hingga tersisa sepertiga dari batas ketinggian air untuk memastikannya tidak penuh.

Selain itu, mereka juga memastikan agar tutup ventilasi air terus dibuka untuk mencegah adanya ledakan karena adanya tekanan gas.

3. Memasangkan kabel charger aki 

Cara setrum aki mobil selanjutnya adalah dengan memasang kabel charger aki secara berurutan. Mereka akan memastikan chargernya tidak terhubung dengan stop kontak agar aliran listrik tidak mengalir.

Supaya terhindar dari resiko setrum, maka papra teknisi akan menggunakan sarung tangan.

Selanjutnya, mereka akan memasangkan kabel merah positif ke port aki yang berwarna merah dan dilanjutkan langsung dengan menyambungkannya ke stop kontak secara perlahan untuk menghidupkan charger.

Selain itu, mereka akan memastikan agar saklar pada charger diatur untuk mendapatkan posisi yang tepat.

Dimana pada saat setrum mobil terdapat tiga jenis saklar yaitu mulai dari saklar pengatur tegangan,  saklar arus pengisian dan juga untuk mengatur waktu pengisian.

4. Ditunggu hingga penuh

Terakhir, para teknisi di bengkel akan melakukan charger aki dan tinggal menunggunya hingga terisi penuh yang ditandai dengan lampu indikator yang menyala. 

Setiap mobil memiliki jenis aki yang berbeda sehingga durasi setrumnya pun juga akan berbeda. Namun bila sudah selesai, biasanya charger akan mati secara otomatis.

Barulah setelah itu mereka memasang kembali aki mobil dengan benar dan memastikan kabelnya terhubung agar mobil bisa kembali menyala.

Itulah cara setrum aki mobil yang biasanya dilakukan oleh para teknisi di bengkel. Apabila kamu terbiasa dengan mesin mobil, maka setrum aki juga dapat kamu lakukan di rumah. 

Namun jika ingin mengurangi resiko kerusakan, alangkah lebih baiknya membawa langsung ke bengkel langganan yang sudah berpengalaman untuk menangani masalah tersebut.

Kenapa setrum aki mobil perlu?

Ada beberapa alasan kenapa aki mobil perlu untuk disetrum sehingga dapat kamu meminimalisir agar resiko kerusakan juga dapat berkurang. Beberapa alasan tersebut antara lain adalah:

  • Mobil jarang digunakan sehingga mesin jarang panas. Hal ini menyebabkan aki kurang mendapatkan suplai listrik yang cukup sehingga kapasitasnya menjadi kurang optimal.
  • Aksesoris mobil yang berlebihan seperti upgrade aiste audio yang tidak sesuai kapasitas.
  • Air aki hampir habis.

Tips dari Lifepal! Kisaran biaya setrum aki mobil cukup murah yaitu kurang dari Rp. 50 Ribuan saja dengan durasi sekitar 10 jam. Namun apabila kamu ingin durasi setrum aki yang lebih cepat, maka biayanya akan menjadi lebih mahal.

Simak pula ulasan mengenai cara cas aki mobil yang benar, charger aki mobil yang bagus dan juga seputar charger aki mobil di artikel Lifepal lainnya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Apa pentingnya asuransi mobil?

Ada banyak keunggulan yang membuat mengapa setiap pemilik kendaraan wajib untuk memiliki asuransi mobil.

Hal ini karena asuransi mobil dapat meminimalkan resiko kerugian khususnya saat terjadi kecelakaan maupun kehilangan akibat tindak pencurian.

Sebab, asuransi mobil juga akan bertanggung jawab atas segala kejadian tidak terduga yang terjadi pada kendaraan milikmu baik itu tabrakan, kehilangan karena pencurian hingga tanggung jawab hukum pihak ketiga jika kamu butuhkan.

Selain itu, asuransi mobil juga akan sangat membantu dalam perencanaan keuangan karena pihak tertanggung tidak akan terbebani akan keseluruhan biaya kerugian yang timbul sehingga kondisi finansial lebih terjaga.

Apalagi biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Pertanyaan seputar biaya setrum aki mobil

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.