November 26, 2022


Tidak sedikit orang yang mengeluh saat musim hujan tiba, karena tidak bisa melakukan banyak aktivitas, termasuk berjualan atau berbisnis. Padahal jika kamu pandai memanfaatkan peluang, sebenarnya ada bisnis yang cocok saat musim hujan. Bahkan jika kamu disiplin dan komitmen, akan menghasilkan cuan yang banyak.

Namun kamu harus mengetahui terlebih dulu, kira-kira bisnis apa yang menghasilkan ketika musim hujan. Alih-alih ingin meraup untung yang banyak, kamu malah mencoba bisnis yang kurang pas. Bukannya untung, kamu malah mengalami kerugian.

Maka dari itu, jangan sembarangan memulai bisnis di musim hujan, karena tidak semua bisnis itu cocok dijalankan saat musim penghujan. 

Berikut Akubisnis.com bagikan 5 jenis usaha atau bisnis yang cocok di musim hujan, berikut ulasannya :

1. Jasa Laundry

Banyak ibu rumah tangga merasa kesulitan untuk mengeringkan pakaian yang baru saja dicuci saat musim hujan. Apalagi jika jumlah pakaian yang dicuci sangat banyak, terutama punya anak bayi. Ingin jemur di pekarangan rumah, tapi hujan turun terus.

Cara paling mudah adalah menggunakan jasa laundry. Apalagi jika pakaian kotor kamu banyak dan punya anak bayi. Dengan jasa laundry, pakaian kamu akan kering dan wangi. Kamu hanya tinggal melakukan aktivitas lainnya di rumah, sementara menunggu pakaianmu dicuci di laundry.

2. Jualan Jas Hujan dan Payung

Jas hujan merupakan salah satu benda yang paling dibutuhkan saat musim hujan, terutama bagi pengendara motor yang sering beraktivitas di luar rumah. Jas hujan bisa membantu meminimalisir air hujan saat hujan turun. Harganya yang murah, membuat benda ini banyak diburu.

Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan momen musim hujan dengan berjualan jas hujan maupun payung. Harga jas hujan dan payung sangat bervariasi. Selain itu modelnya juga sangat banyak. Kamu bisa menjual kedua benda ini secara online maupun offline.

3. Cuci Steam

Membuka jasa cuci mobil atau motor saat musim hujan berpotensi bisa mendapatkan penghasilan yang besar. Pasalnya banyak orang yang malas untuk mencuci kendaraan jika musim hujan tiba, karena berbagai pertimbangan.

Membiarkan kendaraan terkena hujan terlalu lama, bisa meninggalkan karat pada beberapa bagian kendaraan. Hal ini disebabkan banyak kotoran yang menempel. Maka dari itu harus rajin-rajin mencuci kendaraan, meski musim hujan sekalipun.

4. Jualan Sandal Jepit atau Sepatu Tahan Air

Kedua benda ini sering dicari saat musim hujan tiba. Tidak sedikit orang yang akan menyimpan sepatu kerjanya ke dalam tas, dan menggantinya dengan sandal jepit untuk menerjang hujan. Sandal jepit atau sepatu tahan air adalah pilihan sangat pas dan cukup simpel.

Kamu bisa berjualan sandal jepit atau sepatu tahan air di rumah atau membuka lapak sendiri. Selain itu juga bisa menjualnya secara online melalui marketplace, sehingga potensi meraup keuntungan semakin besar.

5. Membuka Warung Kopi

Agar warung kopi milikmu bisa mendatangkan potensi cuan yang lebih besar lagi, kamu bisa memanfaatkan pekarangan untuk menambahkan kanopi. Hal ini akan menambah nilai plus bagi orang-orang yang ingin berteduh saat terjebak hujan.

Mungkin saja mereka lebih tertarik untuk duduk di dalam dan memesan secangkir kopi hangat saat sedang hujan, karena dinilai lebih nyaman dan tidak kecipratan air hujan. Agar pengunjung lebih betah lagi, kamu bisa menambahkan menu yang lebih bervariasi, misalnya menu mie kuah dan pastinya interior yang lebih cozy.

Nah itu tadi 5 jenis bisnis yang cocok saat musim hujan yang bisa kamu coba terapkan. Bahkan bisnis-bisnis di atas tersebut akan mampu bertahan, meski bukan musim hujan sekalipun. Selamat mencoba.

Artikel ini bersumber dari www.akubisnis.com.