Desember 5, 2022

Jakarta: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar kota di Indonesia akan diguyur hujan hari ini, 20 November 2022. Melansir laman BMKG, Aceh diprakirakan hujan lebat disertai angin kencang di sejumlah kota di wilayahnya.
 
“Begitu juga di daerah Bengkulu, hujan akan turun dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai angin kencang sesaat pada wilayah Kabupaten Muko-Muko, Bengkulu Utara, Kota Bengkulu dan sekitarnya,” sebut BMKG melansir Antara, Minggu, 20 November 2022.
 
Hujan dengan durasi singkat juga terjadi di sebagian besar wilayah Bali. Selain itu, warga Bali juga diminta waspada waspada potensi banjir di wilayah Bali bagian Utara.
 
Kemudian, wilayah Bangka Belitung berpotensi hujan sedang hingga lebat pada siang, malam dan dini hari di Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Bangka Barat dan Belitung. Sementara itu di wilayah Banten dan DKI Jakarta berpotensi angin kencang di beberapa wilayah.
 
“Wilayah Gorontalo dan Jambi juga akan berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai angin kencang dan petir pada sebagian wilayahnya,” ujar BMKG.

Beberapa wilayah di Jawa Barat seperti Kabupaten Bogor, Sukabumi, Bandung, Garut, Tasikmalaya, dan sebagian besar wilayah lainnya berpotensi hujan pada siang dan malam hari. Jawa Timur juga akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai angin dan petir di pagi, siang, sore, hingga malam di wilayah Magetan, Pasuruan, Lumajang, Banyuwangi, Nganjuk, Madiun, Malang dan Probolinggo.
 
Untuk wilayah Kalimantan Barat berpotensi hujan dengan durasi singkat, begitu juga pada wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan. BMKG meminta warga waspada dampak bencana yang ditimbulkan seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, kilat atau petir dan pohon tumbang.
 
“Kalimantan Timur juga berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan Kalimantan Utara akan hujan dengan intensitas yang sama pada sore, malam dan dini hari di sebagian besar wilayahnya,” kata BMKG.


BMKG meminta warga Lampung waspada potensi hujan lebat pada sore dan malam hari. Kemudian, wilayah Maluku dan Maluku Utara pun diprediksi cuaca serupa pada pagi, siang, dan sore hari.
 
Hujan juga akan mengguyur wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dapat disertai angin kencang pada siang hingga malam hari. Selanjutnya Nusa Tenggara Timur (NTT) juga akan hujan dengan durasi singkat di sebagian besar wilayahnya.
 
“Papua hingga Papua Barat berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan dapat disertai petir pada beberapa wilayahnya,” ungkap BMKG.
 
Sementara itu, Riau juga akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Sejumlah wilayah yang akan mengalami cuaca itu yakni di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Bengkalis pada malam hari.

Pada siang hingga sore hari hujan intensitas sedang hingga lebat juga akan membasahi wilayah Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan, dan waspada juga pada potensi genangan air dan banjir. Begitu juga dengan Sulawesi Tengah yang akan hujan pada siang dan malam hari.
 
Sulawesi Tenggara berpotensi hujan sedang hingga Lebat yang dapat disertai guntur atau petir dan angin kencang pada pagi hari di wilayah Wakatobi dan Bombana serta siang hari di wilayah Bombana, Muna dan Muna Barat.
 
Sedangkan Sulawesi Utara diminta waspada pada potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Manado, Bitung, Minahasa, Bolmong dan Kepulauan Talaud. Sumatra Barat berpotensi hujan sedang hingga lebat pada pagi hingga sore hari pada beberapa wilayahnya.
 
“Sumatra Selatan juga berpotensi hujan dengan intensitas yang sama berdurasi singkat pada siang, sore, malam dan dini hari pada sebagian besar wilayahnya,” jelas BMKG.
 
Sumatra Utara juga diminta waspada hujan lebat pada sekitar Lereng Timur, Pantai Barat, Lereng Barat yang dapat berpotensi mengakibatkan longsor dan banjir.

 

(LDS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.