Desember 5, 2022

Airbag mobil Pajero memiliki peran penting sebagai salah satu fitur keselamatan Pajero Sport untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari risko benturan. Apalagi Pajero tergolong ke dalam kelas mobil Sport Utility Vehicle atau mobil SUV besar.

Fungsi airbag sebagai fitur keselamatan mobil memiliki peran untuk melindungi penumpang dan pengemudi dari risiko benturan yang menyebabkan cedera serius. 

Jadi, saat terjadi benturan atau kecelakaan maka airbag akan mengembang dan melindungi tubuh manusia.

Karenanya tak heran bila airbag menjadi fitur pertama yang akan dicari tahu bila terjadi kecelakaan pada mobil. Selain mengetahui titik penyimpanan airbag mobil Pajero Sport, ketahui juga harga komponen tersebut dan fitur keselamatan Pajero Sport lainnya.

Harga komponen airbag mobil Pajero 

Apabila kamu membutuhkan airbag mobil Pajero Sport yang baru, Lifepal memiliki estimasi harga airbag Pajero Sport yang dirangkum dari berbagai sumber.

Jenis airbag Mobil Pajero Harga airbag Pajero
Kabel Spiral Klakson airbag Stir Pajero sport Triton 2008 2014 Rp245 ribu
Sensor airbag Xpander Mirage All New Pajero Sport Triton Rp300 ribu
Sensor airbag Air Bag Mitsubishi Xpander N Mirage N All New Pajero Rp600 ribu
Sensor airbag Depan Mitsubishi All New Pajero Sport Xpander Rp650 ribu
Cover airbag Stir Pajero Dakar Lama 2009 – 2015 Rp790 ribu
Lingkaran Stir airbag Mitsubishi Pajero Dakkar Exceed Rp2 juta
Control Unit Modul airbag All New Pajero Sport 8635A528 Rp2 juta
Cover airbag Set Mitsubishi Pajero New Penumpang Rp4 juta
airbag Pajero Triton 2016 – 2020, Stir dan Penumpang Rp7,4 juta
airbag Air Bag Full Set Komplit All New Pajero Sport 2016 – 2020 Rp14,5 juta

Airbag mobil Pajero di mana saja?

Airbag sebagai aspek utama keamanan Pajero Sport saat terjadi benturan atau kecelakaan cukup lengkap karena terdiri dari 7 SRS (Supplemental Restraint System) airbag

Airbag Pajero Sport disimpan di beberapa titik diantaranya dua airbag untuk penumpang depan,dua curtain airbag yang berada di samping kanan dan kiri penumpang depan, dua curtain airbag lain berada di kanan dan kiri baris kedua, serta pelindung lutut untuk pengemudi.

Seberapa aman fitur airbag mobil Pajero? Australian New Car Assessment Programme atau ANCAP telah melakukan uji ketahanan terhadap fitur keselamatan Pajero Sport. Dari hasil uji coba tersebut rupanya mobil SUV ini mendapatkan skor bintang lima.

Uji coba tersebut dilakukan di tahun 2015 saat Pajero pertama kali dirilis di Australia dan Selandia Baru. 

Uji coba dilakukan pada mobil Mitsubishi Triton yang tergolong sebagai SUV sport dan hasil penilaiannya berlaku untuk seluruh jenis dan tipe mobil Mitsubishi Pajero Sport.

Selain menguji ketahanan dan fungsi airbag, ANCAP juga menguji fitur keselamatan Pajero Sport lainnya seperti Electronic Brake Distribution (EBD) dan Emergency Brake Assist (EBA). 

Uji ketahanan yang dilakukan meliputi ketahanan bentuk kompartemen penumpang dalam uji offset, perpindahan pedal dan roda kemudi, uji kestabilan kontak pengemudi dengan airbag, uji tabrak saat pintu tertutup hingga uji benturan samping.

Habis tabrakan, apakah airbag harus ganti?

Saat mobil mengalami kecelakaan atau benturan yang cukup keras pada skala tertentu, airbag mobil Pajero secara otomatis akan mengembang dan melindungi penumpang dan pengemudi di dalamnya dari risiko cedera serius yang diakibatkan dari benturan keras tersebut.

Pertanyaan selanjutnya yang akan muncul setelah airbag mengembang adalah, apakah airbag harus diganti setelah mengembang? Jawabannya tentu saja airbag harus segera diganti setelah mengembang supaya bisa berfungsi normal kembali.

Umumnya, perbaikan airbag ini memakan waktu 3 sampai 4 hari bila bengkel mobil dalam keadaan lenggang. 

Namun, bila tingkat kerusakan cukup serius mungkin saja waktu perbaikan bisa bertambah. Kamu bisa diskusikan dengan teknisi terkait berapa waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki airbag yang telah mengembang.

Hal yang perlu diketahui sekalipun hanya airbag yang diganti setelah mengembang, akan tetapi tidak benar-benar hanya airbag saja yang akan diperbaiki. Ada komponen lain seperti dashboard yang pecah saat airbag mengembang dan sistem kelistrikan yang harus diperbaiki.

Untuk komponen airbag sendiri, selain mengganti kantong airbag dengan yang baru, teknisi akan memperbaiki komponen lain seperti sensor sampai modul untuk memastikan bahwa komponen tersebut akan bekerja dengan optimal setelah airbag yang baru telah terpasang.

Kendati demikian, rupanya kamu perlu mengecek performa airbag secara berkala untuk memastikan bahwa sensor dan sistem kelistrikan di dalamnya masih berjalan dengan lancar. 

Apalagi bila mobil habis terendam banjir. Ada kemungkinan air yang masuk berisiko merusak sistem kelistrikan pada airbag. Biasanya, modul pada airbag harus diganti bila mobil terkena banjir.

Oleh karena itu, rutin servis mobil secara berkala memang penting dilakukan. Jarang ada pemilik mobil yang memperhatikan performa airbag, yang penting airbag belum mengembang berarti masih berfungsi. 

Padahal ada potensi kerusakan seperti korsleting di bagian sistem kelistrikan airbag sehingga perlu untuk dilakukan pemeriksaan guna memastikan sensor dan sistem kelistrikan lainnya akan berfungsi saat terjadi benturan keras dan kecelakaan.

Fitur keamanan mobil Pajero 

Sementara itu, fitur keselamatan pajero Sport lainnya di antaranya ada Forward Collision Mitigation System (FCM), Active Stability Control & Traction Control, Blind Spot Monitoring System, Ultrasonic Mis-Acceleration Mitigation System (UMS), Hill Descent Control, dan masih banyak lagi. Berikut ini pembahasan lebih lengkapnya.

1. Forward Collision Mitigation System (FCM)

Fitur keselamatan Pajero Sport yang pertama ada FCM yang berfungsi sebagai pengirim sinyal saat ada kendaraan lain yang jaraknya cukup dekat dengan mobil sehingga bisa terhindar dari potensi benturan dan kecelakaan.

Fitur ini memiliki radar sensor yang peka untuk melindungi bagian depan mobil. Saat berada di jalanan yang padat, berada di lampu merah atau saat bertemu dengan kendaraan yang tidak berfungsi lampu remnya maka mobil tetap bisa memperkirakan batas jarak terhadap kendaraan yang ada di depan melalui radar sensor tersebut.

Pemilik mobil bisa mengatur seberapa besar jarak dekat, sedang dan jauh. Namun, bila pada momen tersebut kamu tidak ingin menggunakan fitur FCM ini maka kamu bisa menonaktifkannya.

2. Active Stability Control & Traction Control (ASC)

Active stability control & traction control adalah fitur khusus sensor kecepatan dan kemiringan roda kendaraan. Selain itu, ASC juga berfungsi untuk mengontrol posisi pedal gas dan pergerakan kemudi sehingga mobil melaju di area yang benar.

Biasanya, saat Pajero melewati tikungan maka mobil bisa mengalami gejala understeer ataupun oversteer karena ukuran mobil yang terlalu besar dan bisa dikontrol menggunakan fitur ASC.

Adapun traction controlnya itu sendiri memiliki peran untuk menjaga momentum putaran roda saat melaju di medan jalan off road atau medan jalan yang licin.

3. Blind Spot Monitoring System

Fitur keselamatan Pajero Sport selanjutnya adalah blind spot monitoring dan warning system berupa sensor yang akan mendeteksi bila terdapat objek yang berada di sekitar blind spot mobil. Peringatan tersebut berupa suara ataupun tanda melalui kaca spion.

4. Ultrasonic Mis-Acceleration Mitigation System (UMS)

Fungsi fitur ultrasonic mis-acceleration mitigation system atau UMS adalah meminimalisir terjadinya benturan akibat kesalahan teknis pengemudi yang secara tiba-tiba menginjak pedal gas. 

Pada kondisi tertentu, pengemudi bisa melakukan kesalahan dengan tiba-tiba menginjak pedal gas padahal tadinya ingin menginjak pedal rem.

Ada banyak kondisi yang memungkinakn kamu menginjak pedal secara tiba-tiba dan berisiko menabrak objek lain yang berada di sekitar mobil. Saat kondisi seperti itu terjadi, UMS akan mendeteksi adanya objek di sekitar mobil sehingga bisa meminimalisir terjadinya benturan.

Selain itu, fitur UMS ini juga bisa menjadi akselerator dan rem di saat mobil yang terparkir akan melakukan akselerasi secara tiba-tiba.

5. Hill Descent Control

Hill descent control memiliki peran penting saat mobil sedang menurun di jalan perbukitan dalam kecepatan konstan sehingga mobil tidak meluncur dan terjun bebas ke jurang karena kehilangan grip roda mobil.

6. Adaptive Cruise Control (ACC)

Fitur keselamatan Pajero Sport yang terakhir adalah adaptive cruise control. Fitur ini memiliki fungsi hampir mirip dengan cruise control yakni bedanya adalah ditambah dengan fungsi adaptive.

Secara sederhana, saat mobil melaju dengan kecepatan stabil dan berhadapan dengan objek yang berada di depannya yang tiba-tiba menurunkan kecepatan, maka mobil Pajero akan ikut menurunkan kecepatannya. Begitu pula saat kendaraan di depan kembali meningkatkan kecepatan maka mobil Pajero akan kembali meningkatkan kecepatan.

Tips dari Lifepal! Saat airbag kamu telah mengembang atau saat mobil terkena banjir maka segera lakukan pemeriksaan dan perbaikan di bengkel mobil resmi. Sebab, ada spare part pendukung sistem kelistrikan pada airbag mobil Pajero yang hanya bisa ditemui di bengkel resminya.

Beberapa di antaranya adalah sensor dan modul. Semua spare part yang dibutuhkan mobil telah tersedia di bengkel mobil resmi sehingga kamu tak perlu pusing lagi mencari spare part yang sudah rusak tersebut.

Selain itu, di bengkel mobil resmi telah dilengkapi dengan peralatan bengkel terlengkap dan teknisi yang sudah terjamin keahliannya karena memiliki sertifikat khusus. 

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil terbaik 

Selain rutin melakukan servis agar kendaraan tetap prima, penting juga buat kamu untuk memberikan proteksi asuransi mobil terbaik. Asuransi mobil memberikan perlindungan finansial dari risiko kecelakaan maupun bencana alam yang membuat mobil kamu rusak dan harus dibawa ke bengkel. 

Kalau punya asuransi,  kamu tidak perlu lagi khawatir soal biaya perbaikan di bengkel yang mahal karena akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Sudah paham mengenai manfaat asuransi mobil namun bingung harus memilih asuransi mobil yang mana? Kuis Asuransi Mobil dari Lifepal ini bisa membantu kamu menemukan jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Cobain, yuk! 

Setelah mendapatkan rekomendasi jenis asuransi mobil yang cocok, lanjutkan dengan menghitung perkiraan biaya premi asuransi mobil yang mesti kamu bayarkan menggunakan Kalkulator Premi Asuransi Mobil berikut ini. 

Pertanyaan seputar airbag mobil pajero 

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.