Desember 5, 2022

Jika salah satu komponen mobil Honda kamu bermasalah, mau tak mau tentunya harus mengganti spare part. Namun, ada baiknya kamu mengetahui cara cek keaslian sparepart Honda agar tidak tertipu. 

Apalagi jika kamu sedang ada di bengkel non-resmi. Perlu kewaspadaan yang tinggi saat akan membeli spare part mobil Honda. 

Ada beberapa cara cek sparepart Honda asli, baik secara online maupun secara offline. Secara online, kamu bisa me-scan barcode yang ada di produk Honda. Sedangkan secara offline, kamu bisa melihat bentuk fisiknya, apakah bagus atau tidak. 

Pada artikel ini, Lifepal akan memberikan informasi bagaimana cara cek keaslian spare part Honda yang perlu kamu perhatikan dan pahami. 

Cara cek keaslian sparepart honda

Kamu bisa mengecek keaslian sparepart Honda melalui dua cara, yakni secara online dan offline. Berikut ini langkah-langkahnya.

Cek spare part Honda secara online

Sebagai informasi, semua spare part milik Honda Genuine Parts memiliki QR Code masing-masing. Hal ini sebagai tanda keaslian dari spare part tersebut. 

Kamu bisa mengeceknya secara online dengan me-scan barcodenya. Berikut ini caranya. 

  1. Langkah pertama, kamu harus menginstall tools atau aplikasi yang bisa me-scan barcode. Beberapa handphone juga sudah dilengkapi teknologi scan barcode pada kamera handphonenya. 
  2. Scan barcode yang tertera pada spare part Honda
  3. Jika spare part Honda tersebut asli, maka akan muncul beberapa informasi seperti nama merek Honda Genuine Parts, spesifikasi spare part, asal produksi dan tanggal kemasannya.
  4. Jika tidak ada informasi tersebut, bisa dipastikan spare part Honda tersebut adalah palsu atau KW.

Saat melakukan scan, pastikan jika handphone kamu terhubung dengan internet, ya agar proses pemindaian bisa berjalan dengan lancar. 

Stiker barcode ini juga biasanya terletak di bagian fisik spare part. Jadi, jika kamu mencarinya pada kemasan, tentunya kamu tidak akan menemukannya. 

Cek spare part Honda secara offline

Selain mengecek menggunakan barcode, kamu juga bisa mengeceknya dengan melihat kondisi fisiknya. Berikut ini beberapa caranya.

1. Cek nomor seri pada spare part

Hal pertama yang bisa kamu cek yakni dengan memeriksa nomor seri pada bagian spare part Honda. Spare part Honda yang palsu biasanya nomor serinya tidak rapi dan tidak konsisten dari segi bentuk font dan ukurannya. 

Jika nomor seri yang tertera tidak rapi, nomornya tidak jelas, pudar, bahkan mengelupas, maka bisa dipastikan bahwa spare part tersebut adalah palsu. 

2. Harga lebih murah

Honda terkenal dengan harga spare partnya yang lebih mahal. Jadi, apabila ada bengkel yang menjual spare part Honda dengan harga lebih murah kamu wajib curiga, ya. Bisa jadi, spare part yang dijual adalah palsu.

Tak masalah mengeluarkan uang lebih mahal, asalkan spare part yang kamu dapatkan ini asli dan awet untuk mobilmu.

3. Kualitas produk

Spare part Honda asli tentunya memiliki kualitas yang bagus. Hal ini lantaran ada proses quality control yang ketat.

Jadi, sebelum membeli, ada baiknya kamu melihat setiap bagian dari spare part. Jika ada bagian yang tidak presisi, atau bentuknya aneh, sebaiknya hati-hati karena bisa jadi itu adalah barang KW. Pastikan juga spare part yang dibeli masih tersegel dengan bagus, ya.  

4. Label hologram jelas dan berdimensi

Pada setiap spare part Honda, ada stiker hologram yang menempel dengan jelas. Warna hologram ini biasanya kuning keemasan.

Jika spare part yang kamu temui warna hologramnya tidak jelas dan pudar, maka hal tersebut menandakan jika spare part tersebut adalah palsu. Jadi, jangan dibeli, ya. 

5. Cek ada garansi atau tidak

Spare part Honda yang asli juga dilengkapi dengan jaminan garansi. Sebelum membeli, kamu bisa menanyakan ada atau tidaknya jaminan garansi. 

Jika tidak ada, maka dipastikan spare part tersebut adalah palsu. Jadi, kamu harus lebih berhati-hati dan teliti lagi saat akan membeli spare part Honda, ya.

Resiko menggunakan sparepart palsu Honda

Jika kamu tidak teliti saat membeli spare part mobil Honda, bisa jadi kamu malah mendapatkan barang yang palsu. Meski efeknya tidak langsung, namun untuk jangka panjang bisa memberikan risiko yang merugikan. 

1. Mesin jadi tidak berfungsi

Dengan menggunakan spare part Honda palsu, maka bisa menyebabkan mesin mobil kamu jadi tidak bekerja secara maksimal. Beberapa hal yang terjadi, seperti rem mobil jadi tidak pakem, ada bunyi-bunyian saat mesin dinyalakan, hingga tarikan mesin yang terasa berat.

Jika tetap digunakan maka kemungkinan besar bisa merembet ke komponen mobil lainnya dan bisa cepat rusak. 

2. Terjadi kecelakaan

Risiko lain akibat menggunakan spare part yang palsu adalah bisa berisiko terjadinya kecelakaan. Misal saja, kamu menggunakan rem yang palsu, kemudian malah bermasalah dan tidak pakem. Maka yang terjadi adalah bisa membahayakan diri kamu sendiri dan orang lain. 

Selain itu, kinerja mesin pun jadi tidak maksimal, sehingga mengganggu kinerja komponen-komponen lain. Kecelakaan mobil pun tak terhindarkan. 

3. Merusak komponen mesin

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, ukuran spare part Honda palsu kemungkinan tidaklah sama. Sehingga jika kamu paksakan bisa merusak komponen lainnya termasuk komponen mesin pada mobil. 

Jadi, sebaiknya tetap menggunakan spare part Honda asli, ya. 

4. Bahan bakar jadi boros

Selain membuat mesin mobil rusak, menggunakan spare part mobil palsu juga bisa membuat bahan bakar jadi boros. Sebagai contoh, kamu menggunakan filter udara palsu, maka debu dan kotoran akan mudah masuk.

Sehingga, suplai udara yang masuk ke ruang bakar terhambat dan bahan bakar pun jadi lebih boros. Maka, pengeluaranmu untuk BBM akan semakin banyak.

5. Garansi mobil jadi hangus

Jika kamu tetap nekat menggunakan spare part mobil Honda, maka jaminan garansi kamu akan hangus jika mobil mengalami kerusakan.

Bahkan, jika kamu membeli asuransi mobil, maka pihak asuransi pun tidak akan bersedia mengklaim jika mobil rusak karena menggunakan spare part KW.

Tips membeli spare part mobil 

Berikut ini beberapa tips membeli spare part mobil agar tidak mudah tertipu.

1. Beli di bengkel atau tempat resmi

Agar aman dan tidak mudah tertipu, sebaiknya langsung membelinya di bengkel atau tempat yang resmi. Kamu bisa datang ke bengkel resmi terdekat, atau ke tempat yang sudah bekerja sama dengan Honda dan menjual spare part original. 

Bahkan, beberapa bengkel atau dealer Honda sudah menyediakan pemesanan spare part original secara online. Sehingga kamu tidak perlu repot mencari. 

2. Telusuri track record bengkel

Jika seandainya di kota kamu tidak ada bengkel resmi yang menjual spare part Honda, maka kamu harus tetap waspada dan mencari track record dari bengkel yang kamu datangi. 

Telusuri apakah bengkel tersebut menjual spare part original atau tidak. Jika tidak, sebaiknya urungkan niatmu dan tetap mencari spare part Honda yang original. 

Nah, itu dia informasi terkait cara cek keaslian spare part Honda. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu, ya!

Tips dari Lifepal! Ada baiknya kamu mengetahui cara cek keaslian sparepart Honda agar tidak tertipu. 

Apalagi jika kamu sedang ada di bengkel non-resmi. Perlu kewaspadaan yang tinggi saat akan membeli spare part mobil Honda. 

Ada beberapa cara cek sparepart Honda asli, baik secara online maupun secara offline. Secara online, kamu bisa me-scan barcode yang ada di produk Honda. Sedangkan secara offline, kamu bisa melihat bentuk fisiknya, apakah bagus atau tidak. 

Simak pula ulasan mengenai cek harga sparepart Honda, bengkel mobil Honda terdekat di artikel Lifepal lainnya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Penting memiliki asuransi mobil

Memiliki asuransi mobil adalah hal yang penting. Karena asuransi mobil akan memberikan jaminan ganti rugi apabila mobil kamu rusak.

Apalagi biaya servis mobil dan perawatan tentu juga tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Kerusakan mobil ini tentunya akan ditangani oleh bengkel rekanan terpercaya dengan menggunakan spare part mobil yang asli. 

Kamu bisa memilih apakah akan menggunakan asuransi All Risk atau asuransi TLO. Pilih sesuai dengan kebutuhanmu, ya. Jika kamu menginginkan manfaat yang luas, maka kamu bisa menggunakan asuransi All Risk. 

Asuransi All Risk akan memberikan pertanggungan apabila mobil kamu mengalami kerusakan ringan, berat, atau hilang tercuri. 

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Pertanyaan seputar cek keaslian sparepart Honda

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.