Desember 5, 2022

Setiap spare part pasti memiliki nomor kode yang menjadi identitas dari spare part tersebut. Saat akan membeli suku cadang mobil Toyota, penting untuk mengetahui cara cek nomor part Toyota.

Mengetahui nomor part akan membantu kamu agar lebih mudah mencari spare part dengan jenis yang sama di kemudian hari.

Selain itu, nomor part juga menunjukkan tanda keaslian atau orisinalitas dari spare part tersebut. Simak cara cek nomor part Toyota di artikel ini.

Cara membaca kode part number Toyota

Nomor part pada spare part kendaraan sering juga disebut sebagai Stock Keeping Unit (SKU). Nomor ini menjadi pembeda antara satu barang dengan barang yang lain.

Pada suku cadang mobil Toyota, nomor part Toyota umumnya terdiri atas 10 karakter. Untuk 5 karakter pertama terdiri atas digit angka, sementara 5 karakter berikutnya berupa gabungan antara angka atau huruf.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara cek nomor part Toyota berdasarkan arti dari 10 karakter tersebut.

1. Arti 5 digit pertama

Lima digit angka pertama pada nomor part Toyota adalah kode komponen. Kode komponen ini berlaku secara universal dan biasanya sudah dipahami oleh penjual spare part mobil.

Misalnya, untuk kode 17801 sudah dikenal sebagai kode filter udara. Sementara, kode angka 90915 adalah kode untuk filter oli konvensional. 

Masih banyak lagi deretan angka yang menjadi kode komponen part Toyota. Masyarakat awam mungkin tidak mengenal seluruh kode ini, namun para ahli di bengkel sudah hafal dengan arti setiap kode komponen.

2. Arti 5 karakter terakhir

Apabila 5 digit pertama menunjukkan kode komponen, 5 karakter terakhir berisi gabungan huruf dan angka yang menjadi penanda kode mobil. Kode mobil inilah yang membedakan identitas satu komponen dengan komponen lainnya.

Misalnya, ada kode mobil 0L050 yang merupakan kode All New Innova. Lalu ada kode YZZZ1 yang menjadi kode Kijang Kapsul, Kijang Grand, dan Kijang Super.

Kemudian, ada juga kode mobil BZ150 yang merupakan kode Grand New Avanza. Masih ada banyak lagi kode-kode lainnya yang menjadi pembeda antara komponen untuk setiap mobil.

Teknisi di bengkel biasanya sudah hafal dengan arti dari setiap kode mobil. Kode mobil dengan karakter depan “0L” biasanya adalah kode untuk mobil kelompok Innova, Fortuner, dan Hilux. 

Sementara, kode mobil dengan karakter depan “BZ” melambangkan mobil hasil kerja sama dengan Daihatsu, seperti Avanza. Lalu, untuk kode mobil dengan karakter depan “YZ” adalah kode untuk mobil keluarga Kijang.

Cara membedakan spare part Toyota asli dan KW 

Setiap spare part asli pasti memiliki nomor part. Nomor part ini berfungsi sebagai identitas sekaligus penanda bahwa part Toyota yang dibeli adalah part original.

Akan tetapi, selain menerapkan cara cek nomor part Toyota, masih ada cara lain untuk membedakan apakah part yang akan dibeli asli atau tidak. Berikut ini cara-caranya.

1. Riset harga

Coba lakukan riset terhadap harga part original di pasaran. Kamu bisa menanyakan hal ini ke teknisi di bengkel. Setelah itu, lakukan perbandingan dengan harga spare part yang akan kamu beli.

Kalau harga spare part tersebut terlalu murah, maka ada kemungkinan bahwa produk tersebut adalah produk palsu. Sebab, banyak pemalsu yang menjual part dengan harga miring supaya dagangannya cepat laku.

2. Ada garansi

Spare part Toyota yang original pasti memiliki garansi. Garansi tersebut bisa digunakan apabila part mengalami kerusakan selama beberapa waktu setelah dibeli.

Sementara, spare part palsu tidak dilengkapi dengan garansi. Hal ini juga perlu diwaspadai ketika akan membeli spare part Toyota.

3. Nomor part tidak sesuai

Saat akan membeli spare part, pertama-tama terapkan cara cek nomor part Toyota. Spare part Toyota pasti memiliki nomor part yang terdiri atas 10 karakter, dibagi menjadi 5 karakter angka dan 5 karakter kombinasi angka dan huruf.

Jika ada spare part dengan nomor yang tidak sesuai, maka kemungkinan besar komponen tersebut adalah produk palsu. Sebab, nomor part yang sesuai hanya akan diterbitkan oleh perusahaan yang memproduksi part original.

4. Dijual di tempat yang tidak resmi

Untuk mendapatkan spare part yang original, disarankan untuk membelinya di bengkel resmi Toyota. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pembelian di toko spare part yang sudah bekerja sama dengan Toyota.

Kalau kamu membeli spare part di tempat sembarangan, maka kemungkinan besar spare part yang didapatkan adalah spare part palsu.

5. Kemasan berantakan

Setiap spare part baru pasti dikemas dengan rapi dan diberi label nomor part. Tapi, kalau spare part tersebut palsu atau KW, maka kemasannya pasti berantakan.

Jangan percaya jika penjual mengatakan bahwa kemasan yang jelek disebabkan oleh proses pengiriman atau penyimpanan di gudang. 

Sebab, spare part yang original memiliki kemasan yang kokoh dan tidak mudah rusak hanya karena penyimpanan yang lama.

Kenapa penggantian spare part harus menggunakan yang original?

Saat akan mengganti spare part Toyota, disarankan untuk mengganti dengan spare part yang original. Sebab, pemakaian suku cadang asli akan meningkatkan kenyamanan dan keselamatan saat berkendara.

Spare part original memiliki daya tahan yang lebih kuat, sehingga lebih awet digunakan. Selain itu, spare part tersebut sudah pasti kompatibel dengan spare part lainnya yang sudah ada dalam mobil.

Ditambah lagi, spare part original memiliki masa garansi yang akan menjamin apabila terjadi kerusakan selama beberapa waktu setelah spare part dibeli.

Ketika kamu akan menjual kembali mobilmu, pemakaian spare part original juga akan dipertimbangkan oleh calon pembeli. Mobil Toyota yang menggunakan spare part original bisa dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Tips dari Lifepal! Kalau kamu melakukan servis di bengkel resmi, sudah pasti spare part yang didapatkan adalah spare part original. 

Tapi, kalau servis dilakukan di bengkel umum, sebaiknya perhatikan dengan teliti apakah spare part penggantinya asli atau palsu. 

Jika bengkel umum hanya menjual suku cadang palsu, kamu bisa beli suku cadang sendiri di tempat lain yang lebih terjamin keasliannya.

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil terbaik 

Selain rutin melakukan servis agar kendaraan tetap prima, penting juga buat kamu untuk memberikan proteksi asuransi mobil terbaik. Asuransi mobil memberikan perlindungan finansial dari risiko kecelakaan maupun bencana alam yang membuat mobil kamu rusak dan harus dibawa ke bengkel. 

Kalau punya asuransi,  kamu tidak perlu lagi khawatir soal biaya perbaikan di bengkel yang mahal karena akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Sudah paham mengenai manfaat asuransi mobil namun bingung harus memilih asuransi mobil yang mana? Kuis Asuransi Mobil dari Lifepal ini bisa membantu kamu menemukan jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Cobain, yuk! 

Setelah mendapatkan rekomendasi jenis asuransi mobil yang cocok, lanjutkan dengan menghitung perkiraan biaya premi asuransi mobil yang mesti kamu bayarkan menggunakan Kalkulator Premi Asuransi Mobil berikut ini. 

Pertanyaan seputar cara cek nomor part Toyota 

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.