Desember 6, 2022

Beberapa waktu yang lalu, Honda Prospectur Motor, yang memproduksi kendaraan merek Honda mengumumkan adanya recall atau perbaikan untuk 85.025 unit mobilnya. Untuk cek recall Honda bisa dilakukan dengan beberapa cara. 

Tentunya, kamu harus mengecek apakah mobil Honda terbaru kamu termasuk ke dalam recall tersebut atau tidak. 

Sebagai informasi, recall Honda dilakukan untuk memperbaiki unit mobil Honda yang mengalami masalah.

Masalah yang terjadi bisa karena mesin mobil yang tidak bagus, pompa bahan bakar bermasalah, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, apabila mobil kamu termasuk ke dalam daftar recall Honda, maka bisa segera ditangani dengan baik. 

Mengutip dari CNN Indonesia, recall yang diumumkan HPM pada tanggal 15 Juli 2020 lalu yakni mobil-mobil keluaran 2017 hingga 2019, seperti Honda Brio, Jazz, Mobilio, HR-V, CR-V, BR-V, Honda City, dan juga Honda Accord. 

Mengingat hampir semua tipe mengalami recall, berikut ini Lifepal berikan informasi terkait cara cek recall Honda di Indonesia terbaru. 

Apa itu recall dan tujuannya

Sebelum mengetahui bagaimana cek recall Honda, kamu sebaiknya memahami terlebih dahulu apa itu recall dan tujuannya.

Recall merupakan sebuah program perbaikan produk yang mengalami masalah. Biasanya, perusahaan akan menarik kembali produk-produk di pasaran karena adanya masalah yang membuat produk tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya. 

Selain untuk memperbaiki fungsi produk, recall juga bertujuan untuk menjaga keamanan pelanggan. Dikhawatirkan apabila tidak segera diperbaiki malah akan membahayakan banyak orang.

Misal saja pada mobil Honda, apabila ada masalah di bagian pompa bahan bakar, dikhawatirkan bisa bermasalah bahkan membuat mobil meledak. 

Cara cek recall Honda

Berikut ini cara cek mobil Honda kena recall yang bisa kamu lakukan. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen seperti BPKB atau STNK untuk mengeceknya.

1. Mengetahui nomor rangka mobil

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui nomor rangka mobil Honda kamu. Sebagai informasi, letak nomor rangka pada mobil Honda biasanya berbeda-beda. 

Kamu bisa mengecek di beberapa bagian seperti, di bawah kap mesin mobil, di bawah kursi penumpang atau pengemudi, atau di pilar pintu mobil kiri bagian penumpang di depan. 

Atau untuk lebih praktisnya, kamu bisa mengetahui nomor rangka mobil dengan melihat langsung di STNK mobil atau BPKB. 

2. Cek di situs Honda

Setelah mengetahui nomor rangka mobil, kini saatnya kamu mengeceknya secara online di situs Honda Indonesia. 

  • Buka laman
  • Pilih Check My Honda
  • Masukkan nomor rangka mobil yang sudah kamu siapkan
  • Masukkan kode captcha yang disediakan dan klik Check

Kemudian, kamu akan segera melihat informasi apakah mobil kamu termasuk daftar recall Honda atau tidak. Jika termasuk, maka kamu sebaiknya segera memberitahu pihak Honda dengan menghubungi Honda Customer Care di nomor 08001446632. 

Nantinya, mobil Honda kamu akan dilakukan perbaikan. Tenang saja karena proses recall ini tidak dikenakan biaya alias gratis. 

Nantinya, kamu akan mendapatkan pemberitahuan secara resmi dan diberikan jadwal untuk perbaikan komponen mobil yang bermasalah.

Ada pilihan apakah kamu akan datang langsung ke dealer Honda atau dengan layanan pick up service. Lama waktu perbaikan recall ini adalah sekitar 60-90 menit. 

Penyebab recall mobil Honda

Berdasarkan pengumuman yang dilakukan oleh Honda Prospect Motor (HPM) tanggal 15 Juli 2020, penyebab dilakukannya recall adalah adanya masalah pada pompa bahan bakar di mobil Honda. 

Hampir semua tipe mobil Honda mengalami recall karena masalah ini. 

Masalah pada pompa bahan bakar ini disebabkan karena adanya ketidaksesuaian saat proses produksi, sehingga pompa bahan bakar pada mobil Honda tidak berfungsi dengan baik.

Jika tidak segera ditangani maka bisa menyebabkan masalah-masalah lain yang berbahaya. 

Selain adanya masalah pada pompa bahan bakar, penyebab dilakukannya recall bisa disebabkan karena masalah pada steering mobil, airbag, brake master cylinder, shift knop button, dan switch door mirror. 

Untuk informasi lengkapnya, kamu bisa langsung menghubungi Customer Service Honda, ya. 

Tips merawat mobil Honda

Setelah mengetahui bagaimana cek recall mobil Honda yang benar, kini saatnya kamu tahu bagaimana tips merawat mobil Honda yang baik dan benar agar mobil Honda kamu awet dan berfungsi dengan normal.

1. Rutin cek oli

Oli merupakan komponen mobil yang wajib dicek dan diganti secara rutin. Fungsi oli yakni sebagai pelumas agar gesekan pada mesin mobil bisa berkurang. 

Kamu bisa melakukan penggantian oli setiap menempuh jarak 5.000 km. Namun, jika keadaan oli sudah mulai encer dan mesin mobil mulai kasar, kamu bisa kok menggantinya sebelum menempuh jarak 5.000 km.

2. Ganti minyak rem

Selain mengganti dan mengecek oli mobil, kamu juga harus mengganti minyak rem secara rutin. Minya rem umum diganti apabila mobil menempuh jarak 60.000 km.

Jika minyal rem tidak rutin diganti, maka bisa menyebabkan karat dan juga korosi pada mesin mobil. 

3. Pilih bahan bakar yang sesuai

Honda tentunya sudah memberikan rekomendasi penggunaan bahan bakar untuk semua unit mobilnya. Jadi, sebaiknya kamu menggunakan bahan bakar yang sudah direkomendasikan oleh pabrik, ya.

Akan lebih bagus lagi jika kamu menggunakan bahan bakar yang nilai oktannya lebih tinggi.Hal ini akan membuat mesin mobil melaju dengan maksimal.

4. Cek ban mobil dan tekanannya

Agar mobil kamu bisa melaju dengan cepat dan mencegah adanya masalah, sebaiknya selalu cek ban mobil dan juga tekanannya.

Ban mobil yang bermasalah atau tekanan ban yang tidak pas bisa membuat keseimbangan mobil terganggu. Akibat buruknya yakni bisa membuat mobil oleng dan membahayakan banyak orang.

5. Cek aki mobil

Jangan lupa juga untuk selalu rutin mengecek aki mobil. Disarankan untuk mengecek aki mobil setiap dua minggu sekali. Cek juga apakah air aki berada di level seharusnya atau tidak. 

Pengecekan ini penting dilakukan. Selain membuat mobil awet, juga bisa mengurangi biaya perawatan untuk mobil kamu. 

Tips dari Lifepal! Nah, itu dia cara cek recall Honda dan tips merawat mobil Honda yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Penting memiliki asuransi mobil

Apabila mobilmu mengalami recall, memang biaya akan ditanggung oleh perusahaan. Namun, jika mobilmu rusak karena kelalaian diri atau pun orang lain, siapa yang akan menanggungnya? Tentu saja dirimu sendiri. 

Oleh karena itu, sebaiknya membeli asuransi mobil agar semua biaya perbaikan mobil ditanggung oleh pihak asuransi. 

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Kamu akan mendapatkan banyak manfaat, mulai dari jaminan pertanggungan untuk kerusakan ringan hingga kerusakan berat. Bahkan apabila mobil kamu dicuri, maka kerugian akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Cek asuransi mobil yang cocok untukmu dengan premi mulai dari Rp35 ribu per bulan di Lifepal!

Pertanyaan seputar cek recall Honda

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.