Desember 8, 2022

Salah satu keuntungan mengetahui cara cek service record Toyota adalah kamu bisa mengetahui riwayat perawatan dan perbaikan mobil, sehingga akan lebih mudah menilai kondisi mobil tersebut. 

Hal ini mungkin tidak begitu penting kalau saja mobil tersebut adalah mobil milik sendiri, namun akan sangat membantu bagi kamu yang ingin membeli mobil Toyota bekas. 

Cara cek service record Toyota sendiri sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, kamu bahkan bisa melakukannya melalui smartphone di mana saja dan kapan saja. 

Cara cek service record Toyota online

Record service Toyota hanya bisa dilakukan jika pemilik mobil melakukan servis di bengkel mobil Toyota resmi atau bengkel Auto 2000.

Cara cek service record Toyota ini bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Auto 2000, dengan cara:

  • Unduh aplikasi Auto 2000 dari Google Play Store (untuk pengguna android) atau App Store (untuk pengguna Apple)
  • Install dan jalankan aplikasi
  • Buat akun terlebih dahulu dengan cara klik menu tab di sisi kiri
  • Lakukan registrasi dengan memasukkan data yang diminta, jangan lupa juga untuk memasukkan alamat email
  • Lakukan verifikasi email agar kamu bisa login ke aplikasi Auto 2000
  • Masuk ke menu Garage kemudian masukkan data kendaraan yang akan dicek
  • Masukkan juga nomor plat kendaraan dan juga nomor rangka
  • Jika seluruh form sudah terisi, klik menu Save Vehicle
  • Pilih menu History Service untuk mengetahui service record mobil tersebut

Aplikasi ini akan menampilkan riwayat servis mobil rutin per tanggal, di mana dalam setiap tanggal tersebut kamu juga bisa melihat service atau perbaikan apa saja yang dilakukan. 

Informasi ini sangat penting bagi kamu yang berencana membeli mobil Toyota second. Umumnya, mobil yang memiliki riwayat service rutin di bengkel resmi memiliki harga yang lebih tinggi, sebab terjamin kualitas dan performanya.

Dengan mengetahui cara cek service record Toyota kamu pun lebih aman dari resiko penipuan, karena dapat mengecek sendiri sesuai data yang tersaji di aplikasi. 

Baca juga cara cek riwayat servis mobil Toyota agar lebih paham. 

Apakah servis Toyota harus booking?

Jawabannya tergantung dari jenis service seperti apa yang kamu inginkan. Untuk service rutin dengan cara datang langsung ke bengkel resmi seperti bengkel Auto 2000, kamu tidak diwajibkan melakukan service booking, namun untuk home service kamu sebaiknya melakukan booking terlebih dahulu. 

Toyota sendiri saat ini memang menyediakan layanan booking service, yaitu layanan di mana konsumen dapat mengatur jadwal kedatangan ke bengkel resmi atau pelayanan home service kendaraan agar lebih menghemat waktu. 

Melalui layanan ini kamu bisa mengatur jadwal kedatangan service sesuai keinginan atau kebutuhan, sehingga kamu pun tak perlu berlama-lama menunggu di bengkel. 

Untuk kamu yang belum sempat melakukan booking, kamu tetap bisa langsung datang ke bengkel resmi Toyota. Akan tetapi biasanya kamu harus mengantri cukup lama, terlebih jika kamu datang terlalu siang. 

Hal ini tentu saja akan melelahkan dan juga menghabiskan banyak waktu. Itulah mengapa sebaiknya kamu melakukan booking service terlebih dahulu sebelum datang ke bengkel. 

Untuk layanan home service sendiri Toyota lebih mewajibkan untuk melakukan booking service maksimal satu hari sebelum tanggal yang diminta.

Kelebihan lain dari booking service adalah kamu akan mendapatkan detail informasi mengenai komponen apa saja yang kemungkinan harus diganti dan juga estimasi biaya. 

Booking service Toyota dapat kamu akses melalui hotline 1-500-898 dan juga aplikasi Auto2000 Mobile.

Atau, kamu juga bisa tahu cara booking servis Toyota melalui artikel yang ada di Lifepal!

Kapan servis berkala dilakukan?

Secara umum patokan untuk melakukan service berkala adalah setiap 10.000 km, misalnya saja service berkala di km 10.000, km 20.000, km 30.000 dan seterusnya. 

Akan tetapi patokan ini dinilai kurang tepat, karena pada faktanya penggunaan tiap kendaraan bisa berbeda dalam menempuh jarak tempuh tersebut. 

Karenanya service berkala dapat dilihat dari jarak tempuh dan waktu pemakaian, mana di antara keduanya yang lebih dulu memenuhi syarat. 

Sebagai contoh, jika mobil kamu sudah menempuh jarak 10.000 km dalam waktu 4 bulan, maka saat itu juga kamu perlu melakukan service berkala. 

Namun, jika dalam waktu 6 bulan jarak tempuhnya belum mencapai 10.000 km, maka kamu tetap harus melakukan service berkala saat itu juga. 

Patokan ini lebih cocok untuk mobil-mobil yang beroperasional di perkotaan, di mana kondisi jalanan seringkali macet sehingga waktu pemakaian jadi lebih lama meski jarak tempuh lebih sedikit. 

Pemilihan waktu 6 bulan bukan tanpa alasan, sebab umumnya jarak tempuh 10.000 km dapat dihabiskan dalam kurun waktu tersebut.

Lalu, bagaimana dengan mobil yang jarang digunakan? Maka patokan untuk melakukan service berkala juga 6 bulan.

Meski mobil jarang digunakan atau lebih sering diam, namun proses oksidasi tetap berjalan.

Proses oksidasi ini dapat mengakibatkan air bercampur dengan oli mesin dan juga merusak senyawa kimia pada oli, juga bercampurnya antara cairan oli dengan minyak kopling, minyak rem mobil serta oli transmisi. 

Saat mobil lebih sering diam maka pelumasan mesin juga menjadi kurang maksimal, sehingga dapat memicu karat.

Tips dari Lifepal! Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, ketika akan melakukan pembelian mobil Toyota bekas, sebaiknya kamu mengecek service record mobil Toyota tersebut.

Hal ini akan menjadi bukti jika mobil yang akan kamu beli memang rajin diservis oleh pemiliknya dulu. Jadi, mobil akan awet dan performanya bagus. 

Pentingnya asuransi mobil

Memiliki asuransi mobil memang masih dianggap kurang begitu penting, padahal sebenarnya asuransi mobil ini dapat memberikan banyak manfaat.

Manfaat pertama dari memiliki asuransi mobil yaitu kamu akan mendapatkan ganti rugi apabila terjadi suatu resiko yang menimbulkan kerugian, seperti misalnya kerusakan akibat kecelakaan, bencana alam, kebakaran atau resiko kehilangan.

Dengan adanya asuransi mobil ini kamu tak perlu bingung soal biaya perbaikan, karena nantinya perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi.

Manfaat kedua dari asuransi mobil yaitu kamu akan mendapatkan pertanggungan dari tanggung jawab hukum pihak ketiga, misalnya saja ketika kamu terlibat kecelakaan yang melibatkan kendaraan lainnya. 

Manfaat ketiga yaitu adanya benefit tambahan lain dari asuransi mobil, seperti misalnya pertanggungan kecelakaan diri, mobil ambulance, mobil derek, mobil pengganti, uang santunan, dan lain sebagainya. 

Cek asuransi mobil yang cocok untuk kamu dengan mengikuti kuis asuransi mobil terbaik berikut ini.

FAQ seputar cara cek service record Toyota

Secara umum patokan untuk melakukan service berkala adalah setiap 10.000 km, misalnya saja service berkala di km 10.000, km 20.000, km 30.000 dan seterusnya. 

Namun service berkala juga bisa dilakukan enam bulan sekali apabila jarak tempuh belum memenuhi 10.000 km. 

Jangan lupa untuk memiliki asuransi mobil, sehingga bisa meringankan beban biaya perbaikan mobil kamu.

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.