November 26, 2022

Cara ganti lampu foglamp Calya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri, tentunya dengan tetap memperhatikan aturan dan cara yang benar. 

Foglamp atau lebih dikenal dengan lampu kabut merupakan fitur penerangan tambahan pada mobil yang berfungsi menambah visibilitas terutama ketika berkendara saat berkabut, hujan deras atau menembus asap.

Keberadaan lampu kabut ini dapat menambah jarak pandang ke depan. Selain itu, juga bisa membantu pengendara lain untuk dapat melihat keberadaan mobil kamu dengan lebih jelas.

Jika foglamp kamu rusak atau mati, maka penting untuk segera menggantinya. Selain harus memahami tentang tata cara ganti lampu foglamp Calya, kamu juga harus paham lho apa saja jenis dan aturan dalam pemasangan foglamp tersebut.

Cara ganti lampu foglamp Calya 

Ketika fog lamp mobil Calya kamu rusak atau mati, tentu harus segera diperbaiki untuk berjaga-jaga jika berkendara di kondisi jalan berkabut atau hujan deras. 

Untuk fog lamp standar, cara ganti lampu fog lamp Calya sebetulnya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri. Akan tetapi jika fog lamp sudah dimodifikasi maka proses penggantian lampu sebaiknya dilakukan di bengkel. Berikut beberapa skema pemasangan fog lamp Calya:

1. Persiapkan lampu fog lamp yang baru

Sebelum mengganti fog lamp yang rusak tentu saja kamu harus sudah menyiapkan fog lamp yang baru.

Saat akan membeli fog lamp, usahakan untuk membeli produk yang sudah dilengkapi dengan kabel set, saklar, dan relay. 

Selain itu pastikan juga untuk membeli fog lamp untuk tipe dan jenis mobil yang sama namun pilih pada varian yang tertinggi.

2. Proses pemasangan fog lamp 

Cara ganti lampu foglamp Calya yang selanjutnya yaitu proses pemasangan fog lamp yang baru.

Pertama buka klip bumper pada spakbor ban depan, setelah itu kamu akan menemukan dudukan lampu kabut atau fog lamp. 

Dudukan ini memang umumnya selalu ada di bumper, tepatnya di sisi bawah lampu utama.

Jika sudah menemukan dudukan lampu fog lamp,lepas lampuyang lama kemudian ganti dengan lampu yang baru dan jangan lupa untuk mengencangkannya dengan baut. 

Apabila lampu sudah terpasang dengan benar, tutup kembali bagian yang sudah kamu buka sebelumnya.

3. Pasang kabel 

Setelah berhasil memasang lampu, cara ganti lampu fog lamp Calya yang selanjutnya yaitu proses pemasangan kabel. 

Posisi kabel dan soket lampu fog lamp dapat dijangkau dari bagian mesin mobil. Kabel dari lampu fog lamp ini harus ada yang disambungkan dengan lampu senja. agar nantinya fog lamp dapat ikut digunakan saat menyala. 

Saklar berfungsi untuk menyalakan dan mematikan lampu kabut, jadi keberadaannya juga penting. 

Untuk mengetahui mana kabel fog lamp, cobalah mencarinya dengan cara mengurutkan kabel dari lampu hingga kabel di bawah setir tempat saklar berada, kemudian sambungkan kabel tersebut ke lampu senja. 

Setelah itu, kamu juga harus menyambungkan soket ke aki agar lampu dapat menyala. 

4. Tes nyala lampu

Jika semua langkah diatas sudah dilakukan, sekarang saatnya untuk mengecek nyala lampu.

Apabila lampu fog lamp sudah bisa menyala dengan normal, maka artinya kamus udah berhasil mengganti foglamp dan sudah dapat berfungsi kembali. 

Mengenal jenis-jenis fog lamp

Selain memahami bagaimana cara ganti lampu foglamp Calya, kamu juga harus paham jenis-jenis foglamp agar tak keliru saat akan memilih atau membelinya.

Jenis-jenis foglamp sendiri dibagi berdasarkan beberapa kategori, diantaranya:

1. Berdasar letak foglamp

Jika dilihat dari letak atau posisi foglamp pada suatu mobil, maka jenis foglamp terbagi menjadi dua yaitu;

  • Front fog lamp, merupakan lampu kabut bagian depan mobil yang terletak di bumper sisi kanan dan kiri. Lampu foglamp ini memberikan fasilitas yang lebih luas dan terang ketika dinyalakan di jalan yang berkabut saat hujan deras atau saat ada asap. 
  • Rear fog lamp, merupakan foglamp yang terpasang pada bagian belakang mobil dan menyatu dengan lampu belakang mobil. Rear fog lamp memancarkan warna merah terang, sehingga dapat menjadi penanda yang lebih jelas bagi pengendara lain yang ada di belakang mobilmu. 

2. Berdasarkan pancaran cahaya

Jenis lampu foglamp juga dapat dibedakan dari warna cahaya yang dipancarkan oleh foglamp, yaitu:

  • Fog lamp dengan cahaya kuning, foglamp jenis ini lebih ramah di penglihatan manusia sehingga lebih cocok untuk visibilitas pengendara pada saat hujan deras, berkabut atau ada salju.
  • Fog lamp dengan cahaya putih, fog lamp ini memiliki pancaran cahaya yang lebih kuat dan menyilaukan. Akan tetapi fog lamp dengan cahaya putih justru visibilitasnya kurang jika digunakan pada saat hujan deras, berkabut atau ada salju.

3. Berdasarkan teknologinya

Jika dilihat dari segi teknologinya, lampu foglamp bisa dibedakan menjadi dua jenis yaitu:

  • Foglamp halogen, dapat memancarkan cahaya kuning dengan panas 3.00 Kelvin dan dapat menembus kabut serta hujan deras. Kelebihan foglamp halogen adalah harganya yang cukup murah.
  • Foglamp LED, memberikan pilihan foglamp yang lebih cerah dan lebih hemat energi. Daya tahan foglamp led relatif lebih lama bahkan hingga mencapai 500 jam. Akan tetapi harga lampu LED mobil untuk foglamp  memang jauh lebih mahal.

Aturan pemasangan foglamp pada mobil

Beberapa pengendara kerap kali melakukan modifikasi pada pemasangan foglamp mobil mereka. 

Hal ini boleh saja asalkan tidak melanggar aturan yang sudah ditetapkan dalam peraturan undang-undang.

Aturan mengenai pemasangan foglamp mobil tertuang dalam PP Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan pasal 34 ayat 1 yang menjelaskan bahwa mobil dapat menggunakan lampu kabut paling banyak dua buah saja yang terpasang pada bagian depan kendaraan. 

Aturan mengenai pemasangan foglamp juga diperjelas lagi dalam ayat 2 yang menyatakan bahwa lampu harus berwarna putih atau kuning serta titik tertinggi penyinaran sdslsh tidak lebih dari titik tertinggi permukaan penyinaran dari lampu utama yang dekat. 

Tips memilih fog lamp untuk mobil kamu

Saat akan membeli foglamp, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa tips berikut:

1. Pilih yang berkualitas

Memilih foglamp yang berkualitas mungkin memang agak sedikit mahal, akan tetapi justru bermanfaat untuk jangka panjang. 

Lalu, foglamp seperti apa yang berkualitas terbaik? Salah satu tandanya adalah sudah memiliki sertifikat ISO dan juga e-mark. 

2. Pilih yang anti air

Foglamp merupakan lampu penerangan yang lebih dikhususkan penggunaannya ketika sedang hujan deras.

Untuk itu penting untuk memilih foglamp yang anti air agar lampu tidak cepat rusak dan lebih tahan lama saat digunakan.

3. Pilih foglamp yang mudah dipasang

Memilih foglamp tak hanya melihat pada kualitas dan fungsinya saja, namun juga kemudahan ketika akan memasangnya. 

Saat kamu memilih foglamp yang mudah dipasang, maka kamu bisa dengan mudah memasangnya sendiri tanpa harus membayar biaya di bengkel. 

Pilihlah juga foglamp yang sudah satu paket dengan relay, kabel,baut dan saklar. 

4. Foglamp lampu kuning lebih diutamakan

Memilih fog lamp dengan cahaya kuning memang lebih diutamakan, karena cahaya kuning lebih dapat memberikan visibilitas yang jelas saat hujan deras atau berkabut.

Tak masalah apakah kamu memilih foglamp LED atau halogen, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki. 

Pentingnya memiliki asuransi mobil

Asuransi mobil merupakan jenis asuransi yang dapat memberikan pertanggungan ganti rugi apabila terjadi resiko yang menyebabkan kerugian pada mobil yang dijaminkan. 

Resiko yang ditanggung asuransi mobil ini beragam, tergantung dari jenis asuransi yang diambil. 

Misalnya saja untuk asuransi mobil all risk, jenis resiko yang ditanggung adalah segala resiko kerugian kecil hingga besar termasuk kerusakan yang terjadi akibat benturan, tabrakan, tergelincir, terperosok, dan sebab lainnya. Asuransi all risk juga menanggung kerugian akibat kehilangan. 

Untuk asuransi TLO umumnya resiko yang ditanggung adalah kerusakan yang >75% dari nilai mobil serta resiko kehilangan. 

Memilih jenis asuransi mobil tentu juga harus disesuaikan dengan kebutuhan, profil risiko, dan juga kemampuan finansial untuk membayar premi asuransi. Hitung premi asuransi mobil dengan kalkulator premi asuransi mobil berikut ini.

FAQ seputar cara ganti lampu foglamp Calya

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.