Desember 4, 2022

Salah satu platform media sosial yang saat ini digandrungi untuk berjualan secara online yaitu facebook. Platform ini dianggap efektif dan efisien melihat pengguna facebook yang begitu banyak, baik dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, laki-laki maupun perempuan. Di Indonesia sendiri, pengguna facebook yang tercatat pada situs market data statistik mencapai 174,6 juta jiwa pengguna.

Facebook menjadi media sosial yang menempati peringkat terbanyak penggunanya di Indonesia jika dibandingkan dengan media sosial lainnya. Olehnya itu, sebagai seorang pengusaha, Anda tentu bisa memanfaatkan peluang ini untuk kepentingan bisnis untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. 

Sebagai seorang pemula, tak heran jika Anda masih bingung bagaimana berjualan di facebook. Namun tenang saja, saat ini Anda berada di artikel yang tepat sebab berikut ini akan diuraikan cara jualan online laris di facebook untuk pemula. 

Cara jualan online laris di facebook untuk pemula

memulai jualan untuk pemula tentu  bukanlah hal yang mudah. Perlu perjuangan dan ketekunan agar produk yang ditawarkan dapat menarik minat pembeli dan mendapatkan keuntungan. Jika Anda seorang pemula dalam bisnis jualan, berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar jualanmu laris di facebook. 

1. Buat Akun Bisnis Facebook

Facebook sudah meluncurkan alat untuk membantu Anda untuk  membantu Anda dalam mengembangkan Anda, yaitu facebook business manager. Dalam fitur ini, Anda dapat mengolah semua kegiatan atau aktivitas bisnis Anda seperti pemasaran, mengelolah aset bisnis, sebagai akses bagi karyawan ke aset bisnis, dan lainnya. 

Dengan memanfaatkan business manager tersebut akan memudahkan Anda mengontrol halaman facebook, katalog produk, akun iklan dan juga menyambungkannya dengan akun instagram dengan aman. Namun sebelum itu, tentukan terlebih dahulu siapa yang akan menjadi admin dan mengolah akun tersebut. 

Membuat akun bisnis facebook juga sangat mudah. Anda cukup login ke akun pribadi facebook Anda pada browser. setelah itu kunjungi sitis “Business.facebook.com”. setelah itu klik get started dan ikuti semua arahan yang diberikan. Dalam tahap ini, Anda akan melewati 4 tahap yaitu pengenalan, informasi bisnis yang Anda jalankan, nama halaman bisnis dan profil pengelola bisnis. 

Jika Anda memiliki sebuah tim bisnis, Anda bisa mengatur untuk login bersama agar Anda dapat mengakses business manager menggunakan akun berbeda. Anda juga bisa menambahkan manajer dan melakukan bagi tugas di dalamnya. 

2. Tentukan Target Pasar Anda

Cara jualan online laris di facebook untuk pemula selanjutnya adalah dengan menentukan target pasar produk yang Anda tawarkan. Dengan target pasar yang jelas Anda bisa dengan mudah menyesuaikan konten yang Anda akan buat. Sebaiknya tentukan target pasar sedetail mungkin  agar jangkauan konten Anda dapat sesuai dengan sasaran yang ditentukan. 

Jika target pasar Anda tepat, Anda dapat mendapatkan konsumen yang banyak sebab Anda mempromosikannya pada orang yang memang membutuhkannya. 

3. Manfaatkan fitur Call To Action (CTA)

Salah satu fitur yang sangat berguna pada halaman bisnis yang Anda miliki yaitu Anda dapat menghubungkan jualan Anda di facebook dengan jualan Anda di marketplace lainnya seperti shopee, tokopedia, bukalapak, lazada dan lainnya. 

Kamu bisa menggunakan fitur ini dengan masuk pada halaman bisnis kemudian klik tambahan tombol yang terletak di bawah profil. Setelah itu akan muncul halaman pop up da nada bisa memilih tombol apa yang ingin Anda tambahkan. 

4. Buatlah Postingan Yang Menarik

Bisanya, semakin menarik postingan sebuah akun, semakin mudah baginya menggaet hati para pelanggan untuk mampir melihat-lihat akunnya. Dengan menampilkan gambar produk dengan kualitas baik, caption menarik, dan tidak monoton, Anda bisa mendapatkan pembeli dan meningkatkan keuntungan Anda. 

Selain itu, Anda juga perlu mengunggah foto produk yang asli dan tidak asal mencomot dari google atau produk miliki orang lain. Hal ini akan meyakinkan pelanggan untuk memilih produk Anda.  Anda juga perlu mengupload Konten Dengan Konsisten agar engagement akun Anda meningkat. 

5. Berikan Pelayanan Yang Baik

Untuk mengambil hati pelanggan, Anda  harus memberikan pelayanan terbaik Anda. Seperti ungkapan yang biasa kita dengar, pembeli adalah raja, maka sebagai penjual Anda perlu memberikan pelayanan paling baik. Dengan begitu, pelanggan akan lebih senang belanja di toko Anda bahkan dapat merekomendasikan toko Anda pada orang-orang disekitarnya. 

6. Bagikan Testimoni Pembeli

Selanjutnya, cara jualan online laris di facebook untuk pemula yaitu membagikan testimoni dari pelanggan. Hal ini akan membuat pelanggan lain mendapatkan gambaran besar  tentang produk Anda dan dapat dapat meyakinkan pelanggan bahwa produk yang Anda tawarkan memang bagus. 

Pelanggan tentu akan lebih percaya dengan bukti yang diberikan pembeli lain. Anda dapat meminta testimoni pada pelanggan yang pernah membeli produk Anda kemudian membuat album khusus kumpulan testimoni. 

7. Manfaatkan Grup Jualan

Selain mengupload foto atau menarik pelanggan melalui unggahan pribadi pada akun Anda, Anda juga bisa memanfaatkan grup jualan yang sesuai dengan produk Anda. Anda bisa melakukan promosi di grup jualan agar pelanggan baru dapat mengetahui produk Anda. 

Cara untuk menggunakan grup jualan juga sangatlah mudah. Anda cukup mengikuti akun jualan kemudian setelah menjadi anggota, Anda bisa mengunggah dan memasarkan produk Anda di grup tersebut. 

Itulah beberapa cara jualan online laris di facebook bagi pemula. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda perlu melakukan semua itu dengan konsisten dan dengan cara yang paling baik atau tidak asal-asalan. 



Artikel ini bersumber dari dewabiz.com.