November 26, 2022

Cara mematikan alarm mobil Avanza paling mudah tentu saja dengan menggunakan remote atau kunci kontak.

Namun ada kalanya meski sudah menggunakan kunci kontak, alarm mobil Avanza kamu justru masih menyala dan tidak mau mati. 

Hal ini bisa saja terjadi, penyebabnya kemungkinan adalah korsleting atau bisa juga karena baterai pada central lock habis.  

Jika sudah begini, tentu saja alarm mobil harus dimatikan dengan cara manual. Tak perlu panik jika mengalami masalah serupa, karena selain dengan remote cara mematikan alarm mobil avanza secara manual juga cukup mudah untuk dilakukan. 

Cara mematikan alarm mobil Avanza tanpa remote

Cara mematikan alarm mobil Avanza bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik itu menggunakan remote maupun secara manual. 

Cara mematikan alarm mobil Avanza tanpa remot biasanya dilakukan apabila terjadi kesalahan atau error pada sistem alarm. 

Berikut beberapa cara mematikan alarm mobil Avanza secara manual tanpa remot:

1. Nyalakan mesin mobil 

Jika alarm mobil Avanza kamu tidak mau mati meski sudah menekan remot, maka cara mematikan alarm mobil Avanza kamu adalah dengan menyalakan mesin mobil

Alarm mobil menyala ketika mesin dalam kondisi mati dan kendaraan sedang terkunci. Untuk mematikan alarm kamu bisa membuka pintu mobil secara manual menggunakan kunci kontak lalu menyalakan mesin mobil.

Yang perlu diingat adalah kunci kontak yang digunakan harus kunci mobil yang asli dan bukan kunci duplikat. 

2. Secara bersamaan tekanlah tombol lock dan unlock

Apabila cara mematikan alarm mobil Avanza secara manual di atas tidak dapat bekerja dengan baik, kamu bisa cara lain yaitu dengan menekan tombol lock dan unlock bersamaan.

Sebelum melakukannya, pastikan terlebih dahulu bahwa semua pintu mobil dalam kondisi tertutup rapat. 

Tekanlah tombol lock dan unlock secara bersamaan secara cepat sampai alarm mati dan tidak lagi berbunyi. 

Cara ini berlaku untuk mobil Avanza keluaran tahun lama. Untuk mobil-mobil Avanza keluaran terbaru, kamu bisa menekan tombol lock dan silent dengan metode yang sama. 

3. Aktifkan mode silent

Cara mematikan alarm mobil Avanza juga dapat dilakukan dengan mengaktifkan mode silent menggunakan kunci kontak. 

Tombol silent umumnya ditandai dengan gambar speaker yang dicoret, mirip dengan simbol silent yang ada di smartphone kamu. 

Dengan mengaktifkan mode silent biasanya alarm mobil akan berhenti berbunyi. Setelah alarm sudah tak lagi berbunyi, kamu bisa menonaktifkan kembali mode silent dengan memaknai sekali lagi. 

4. Putar kunci di lubang ignition

Cara mematikan alarm mobil Avanza yang terakhir yaitu dengan memutar kunci pada lubang ignition secara berulang dan cepat.

Putarlah kunci dari posisi ON ke posisi ACC secara cepat sekitar 8 – 11 kali. Cara ini biasanya juga cukup ampuh untuk mematikan alarm mobil Avanza tanpa remote. 

Apa penyebab alarm mobil bunyi terus?

Dalam kondisi tertentu alarm mobil memang bisa terus menyala sehingga dapat mengganggu pendengaran orang-orang di sekitarnya. Berikut ini penyebab alarm mobil bunyi sendiri dan terus menerus. 

1. Pintu mobil masih terbuka

Sering kali kamu merasa sudah menutup pintu mobil dengan rapat, namun sebenarnya masih sedikit membuka.

Kondisi ini bisa membuat alarm mobil terus berbunyi karena adanya deteksi sinyal dari pintu sebagai hasil dari sistem keamanan.

Untuk melihat dengan mudah apakah pintu mobil sudah tertutup dengan sempurna, kamu bisa menggunakan sensor lampu. 

Jika pintu sudah tertutup rapat dengan sempurna maka lampu akan mati, begitu juga sebaliknya. 

2. Sensitivitas alarm terganggu atau rusak

Jika alarm mobil kamu terus menyala, maka bisa jadi salah satu penyebabnya adalah rusaknya sensitivitas alarm. 

alarm mobil memiliki sensor yang ada pada bagian pintu mobil, d imana sensor tersebut bekerja dengan mendeteksi suara atau getaran yang terjadi pada mobil. 

Ketika sensitivitas ini rusak atau terganggu, maka alarm mobil akan menyala atau bunyi terus-menerus meskipun sedang tidak terpakai. 

3. Komponen alarm mengalami kerusakan

Alarm mobil tersusun atas berbagai komponen agar dapat bekerja dengan baik sesuai fungsinya.

Beberapa komponen alarm mobil diantaranya sirine, lampu kedip, sensor, dan control unit. 

Ketika ada kerusakan pada salah satu komponen tersebut maka secara otomatis alarm tidak dapat berfungsi dengan baik, salah satunya alarm akan terus berbunyi. 

Apabila ada kecurigaan kerusakkan pada komponen alarm mobil, segera bawa ke bengkel untuk mendeteksi kerusakan tersebut. 

4. Baterai central lock habis atau rusak

Central lock adalah sebuah sistem yang dapat mengunci semua pintu hanya dengan satu saklar saja. 

Ketika baterai central lock ini habis atau rusak, maka kamu harus membuka pintu secara manual yang dapat menyebabkan alarm terus berbunyi.

Jika dirasa baterai central lock mobil kamu sudah habis atau rusak, segera ganti dengan yang baru. 

Mengapa alarm mobil tidak berfungsi?

Ada kalanya alarm mobil juga bisa mengalami gangguan dan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. 

Ada beberapa penyebab yang memicu alarm mobil tidak dapat bekerja dengan baik, diantaranya:

1. Gangguan frekuensi

Remote yang digunakan untuk mengontrol alarm mobil bekerja dengan menggunakan frekuensi. Artinya jika ada gangguan frekuensi maka alarm mobil juga bisa tidak berfungsi dengan baik.

Salah satu penyebab gangguan frekuensi yaitu parkir mobil yang dekat dengan pemancar radio BTS provider telepon seluler. 

Jika masalahnya ada pada frekuensi, cara mudah mengatasinya adalah menggunakan remote dari jarak dekat agar receiver alarm mobil dapat menerima gelombang radio dengan lebih baik. 

2. Ada sambungan kabel yang putus

Jika ada sambungan kabel yang putus maka sistem alarm mobil juga tidak bisa bekerja dengan baik.

Putusnya sambungan kabel bisa disebabkan oleh kesalahan saat instalasi, sehingga kabel kendor dan sambungan pun lepas. Kabel yang putus juga bisa disebabkan oleh gigitan tikus.

Jika alarm mobil kamu tidak bisa berfungsi, cobalah untuk mengecek sambungan kabel dari aktuator, central lock dan juga modul. 

3. Aki mobil soak

Aki mobil yang soak juga bisa menjadi pemicu alarm mobil tidak dapat berfungsi. Aki sendiri merupakan sumber tenaga listrik, maka apabila aki ini soak maka sistem kelistrikan di dalam mobil juga tidak dapat bekerja ternasukakarm mobil. 

Salah satu tanda aki yang mulai soak adalah bunyi alarm yang mulai melemah. Segera ganti aki mobil dengan yang baru agar tenaga listrik dapat kembali normal seperti semula. 

4. Kerusakan sekring

Penyebab alarm mobil tidak berfungsi adalah kerusakan pada sekring atau sekring putus. 

Jika masalahnya bersumber dari sekring, maka untuk memperbaikinya kamu bisa membuka manual doortrim pada pintu mobil untuk mencari lokasi sekring.

Gantilah sekring yang sudah putus dengan yang baru agar alarm mobil dapat berfungsi kembali.

5. Baterai remote habis

Alarm mobil yang tidak berfungsi juga bisa disebabkan oleh baterai remote yang sudah mulai habis. Salah satu tandanya adalah jarak pakai remote dengan mobil tidak bisa terlalu jauh dan lampu indikator mobil mulai redup. 

Ganti baterai remote dengan yang baru sebelum benar-benar habis, umumnya usia baterai remot antara 1-2 tahun. 

Tips dari Lifepal! Mematikan alarm mobil Avanza tentunya lebih mudah menggunakan remote. Namun, jika remote alarm mobil tak berfungsi, kamu bisa menggunakan cara-cara di atas, ya.

Cek juga kondisi alarm mobil jika terus berbunyi atau bahkan tidak bunyi sama sekali. Sebab, hal ini bisa menandakan adanya masalah. 

Cek juga cara pasang alarm mobil yang benar dan bagus berikut ini. 

Pentingnya memiliki asuransi mobil

Memiliki asuransi mobil memang terlihat menjadi beban karena harus membayar sejumlah premi setiap tahunnya. 

Akan tetapi jika dibandingkan dengan manfaat pertanggungan yang bisa kamu dapatkan, nilai premi ini bisa dikatakan lebih kecil dari manfaat yang akan diterima. 

Asuransi mobil bisa memberikan pertanggungan ganti rugi atas kerugian yang kamu alami, baik itu kerusakan akibat benturan, tabrakan, tergelincir, terperosok, bencana alam, kebakaran, hingga resiko kehilangan. 

Dengan adanya asuransi mobil ini maka kamu tak perlu mengeluarkan banyak uang apabila mobil mengalami kerusakan, sebab kerugian tersebut akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. 

Kamu bahkan akan mendapatkan penggantian unit mobil baru apabila mobil kamu hilang dengan beberapa persyaratan.

Cek asuransi mobil yang cocok dengan kuis asuransi mobil terbaik berikut ini.

FAQ seputar cara mematikan alarm mobil Avanza

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.