Desember 5, 2022

Bagi setiap pemilik mobil, sangat penting untuk memahami bagaimana cara membedakan kampas rem Toyota asli dan palsu.

Komponen kampas rem ini merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam keselamatan berkendara khususnya dalam fungsi pengereman.

Akan tetapi sangat disayangkan karena sampai saat ini, kampas rem adalah salah satu komponen mobil yang cukup banyak dipalsukan. 

Jika kamu tanpa sengaja membeli kampas rem yang palsu bukan cuma performa pengereman yang tak maksimal, namun juga bisa berujung membahayakan. 

Itulah penting untuk memahami bagaimana cara membedakan kampas rem Toyota asli dan palsu agar kamu tak ditipu saat membeli atau menggantinya. 

Cara membedakan kampas rem Toyota asli dan palsu

Tidak sedikit penjual atau bengkel nakal yang sengaja menjual kampas rem palsu dengan harga layaknya spare part mobil asli demi meraup keuntungan yang lebih besar.

Hal ini tentu akan merugikan kamu sebagai konsumen, karena selain harus keluar uang lebih banyak dari seharusnya juga dapat membahayakan keselamatan saat berkendara.

Berikut beberapa cara membedakan kampas rem Toyota asli dan palsu:

1. Amati kemasan saat membeli

Ketika kamu sedang membeli kampas rem, pastikan untuk mengecek kemasannya untuk mengetahui apakah produk tersebut asli atau palsu. 

Kemasan produk asli biasanya cukup berbeda dengan yang palsu, di mana umumnya produk asli akan dibekali dengan fitur yang tak ada di produk palsu pada kemasannya. 

Misalnya saja untuk spare part asli Toyota umumnya sudah dilengkapi dengan kode dan nomor seri produk serta barcode. 

Barcode ini jika di scan akan menampilkan kode dan nomor seri yang sama dengan yang tertera pada kemasan. 

Beberapa spare part Toyota yang asli kini juga sudah dibekali dengan fitur hologram yang sangat sulit untuk dipalsukan. 

2. Cek tingkat keempukan kampas rem

Jika kamu sudah membeli kampas rem dan sudah membuka kemasannya, coba cek apakah kampas rem tersebut sedikit empuk atau keras. 

Tahukah kamu bahwa kampas rem yang asli justru agak sedikit empuk, sedangkan yang palsu justru keras. 

Kampas rem yang agak empuk justru berkualitas bagus, karena kampas rem ini akan mengeras saat suhunya panas dan semakin pakem. 

Kampas rem yang palsu cenderung keras, sehingga ini justru bisa memakan permukaan cakram.

3. Bandingkan harganya

Cara membedakan kampas rem Toyota asli dan palsu yang selanjutnya adalah dengan membandingkan harganya. 

Harga untuk kampas rem yang asli memang biasanya cenderung lebih mahal dibandingkan dengan yang palsu. 

Jangan hanya tergoda dengan harga yang murah, namun kualitasnya buruk. Pastikan untuk mengecek harga normal untuk kampas rem yang asli sebelum membeli agar kamu tak tertipu oknum penjual yang nakal. 

4. Tingkat kepakeman

Jika dibandingkan antara yang asli dan yang palsu, maka kampas rem yang asli tentu jauh lebih pakem.

Kampas rem asli terbuat dari bahan non asbestos dan juga campuran tembaga agar kampas rem kuat dan tidak mudah aus. 

Berbeda dengan kampas rem palsu yang terbuat dari bahan asbestos tanpa campuran, sehingga umumnya kampas rem palsu lebih tidak pakem dan cepat aus. 

Berapa lama daya tahan kampas rem?

Sistem pengereman terdiri atas beberapa komponen mulai dari kampas rem, piringan cakram, minyak rem, selang. ABS, dan juga piston rem. 

Komponen ABS, selang dan juga piston rem umumnya memiliki usia pakai yang lama. Berbeda dengan kampas rem dan minyak rem yang usia pakainya jauh lebih singkat dan harus sering diganti. 

Secara umum kampas rem hanya dapat bertahan hingga menempuh jarak antara 35.000 km hingga 40.000 km.

Namun pada kendaraan atau mobil manual, jarak tempuh penggunaan kampas rem dapat mencapai 70.000 km.

Apabila kampas rem mobil kamu sudah menempuh jarak yang disebutkan, maka artinya sudah harus ganti kampas rem mobil dengan yang baru. 

Namun, jika kamu menggunakan kampas rem palsu, usia pakainya tentu saja akan lebih singkat, sehingga pada akhirnya biaya yang dikeluarkan pun justru akan semakin boros. 

Jadi sudah paham bukan, mengapa kamu harus tahu bagaimana cara membedakan kampas rem Toyota asli dan palsu?

Bagaimana ciri ciri kampas rem aus?

Selain melihat pada jarak tempuh mobil, kamu juga harus memperhatikan beberapa tanda kampas rem mobil habis atau sudah aus dan butuh segera diganti. 

Ciri-ciri kampas rem yang sudah aus di antaranya:

1. Saat diinjak pedal rem bergetar

Kampas rem yang sudah mulai aus permukaannya menjadi tidak rata, sehingga ketika dilakukan pengereman akan muncul efek getaran pada pedal rem. 

Jika dibiarkan saja maka kampas rem akan semakin memakan piringan cakram, dan getaran akan semakin terasa hingga ke setir. 

Jika sudah menemui tanda ini, segera bawa ke bengkel mobil untuk dicek dan dilakukan penggantian kampas rem. 

2. Bunyi berdecit

Jika pada saat menginjak pedal rem kemudian muncul suara berdecit layaknya gesekan antara logam dan besi, maka ini pertanda bahwa kampas rem mobil kamu mulai aus.

Bunyi berdecit berasal dari kampas rem yang sudah mulai habis hingga menyisakan besinya saja dan menyebabkan adanya gesekan.

3. Rem menjadi tidak pakem

Rem yang sudah tidak pakem juga bisa menjadi tanda bahwa kampas rem sudah mulai habis. 

Hal ini terjadi karena ketika kampas rem menipis maka penekanan kampas rem terhadap piringan cakram menjadi tidak maksimal, alhasil rem pun menjadi tidak pakem.

Luas permukaan kampas yang mengecil juga membuat tenaga pengereman menjadi tidak maksimal, jadi kampas rem harus segera diganti agar rem kembali pakem. 

Bagaimana cara mengetahui kampas rem yang masih bagus atau tidak?

Kalau kamu sudah punya mobil sendiri, maka selain harus paham bagaimana  cara membedakan kampas rem Toyota asli dan palsu juga harus mengerti bagaimana kondisi kampas rem kamu. 

Mengingat rem adalah komponen keselamatan yang sangat penting, maka perlu dilakukan pengecekan rutin agar fungsi rem dapat bekerja dengan maksimal. 

Cara untuk mengetahui apakah kampas rem mobil kamu masih dalam kondisi baik atau tidak yaitu:

1. Cek rem saat kondisinya sedang dingin

Jika kamu ingin mengecek kampas rem maka pastikan bahwa kamu melakukannya saat rem dalam kondisi dingin. 

Jika mobil baru saja dipakai, maka tunggu sekitar satu jam kemudian untuk mengecek kampas rem. 

Sambil menunggu rem dingin, kamu juga bisa mengecek minyak rem mobil terlebih dahulu. Apabila warnanya sudah menggelap, maka sebaiknya ganti dengan minyak rem yang baru.

2. Cek bagian roda

Salah satu tanda kalau kampas rem masih bagus adalah adanya penumpukan debu di bagian rem. 

Jika roda terlihat bersih dan debu sangat berkurang, artinya ada kemungkinan kampas rem sudah mulai menipis. 

3. Cek kampas remnya

Pengecekan kampas rem bisa dilakukan meski tanpa melepas roda, kamu hanya membutuhkan alat bantu senter. 

Ukurlah ketebalan kampas rem, jika ketebalannya kurang dari ¼ inch atau sekitar 0,6 cm maka artinya kampas sudah menipis dan harus diganti segera. 

Beberapa kampas rem juga dilengkapi dengan tanda batas keausan. Jika tanda ini sudah tidak terlihat artinya kampas rem sudah waktunya harus diganti. 

Jika pengecekan tersebut masih belum meyakinkan, maka kamu harus melepas roda agar dapat melihat dan mengukur dengan jelas ketebalan kampas remnya. 

Tips dari Lifepal! Untuk mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan atau ditipu, sebaiknya kamu membeli kampas rem Toyota di dealer resmi atau di tempat yang sudah bekerja sama dengan Toyota.

Tak masalah jika harganya lebih mahal. Asalkan keselamatan kamu terjamin dan tentunya tidak membahayakan orang lain. Membeli kampas rem mobil asli juga bisa membantu mengurangi biaya perawatan mobil.

Pentingnya asuransi mobil

Asuransi mobil merupakan asuransi yang memberikan pertanggungan ganti rugi terhadap kerugian yang diakibatkan oleh kerusakan maupun kehilangan. 

Resiko-resiko yang ditanggung asuransi mobil biasanya akan dijelaskan dalam polis. apabila kamu mengalami suatu resiko yang mengakibatkan adanya kerugian dan masih ditanggung dalam polis, maka kamu bisa melakukan klaim ganti rugi pada perusahaan asuransi. 

Jika klaim kamu disetujui artinya kamu tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perbaikan atas kerusakan yang terjadi. Ini tentunya dapat menjaga kondisi kestabilan keuangan kamu dari resiko kerugian yang tidak terduga. 

Asuransi mobil juga umumnya memberikan manfaat atau benefit tambahan lainnya, misalnya saja pertanggungan atas resiko kehilangan, asuransi kecelakaan diri bagi penumpang, santunan, dan manfaat-manfaat lainnya. 

Cek premi asuransi mobil dengan kalkulator premi asuransi mobil berikut ini.

FAQ seputar cara membedakan kampas rem Toyota asli dan palsu

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.