Desember 6, 2022

Cara membedakan sparepart Toyota asli dan palsu penting untuk diketahui setiap pemilik mobil Toyota, agar nantinya tidak tertipu ketika akan membeli spare part yang baru.

Saat ini memang  sangat mudah untuk menemukan spare part mobil Toyota namun tak dapat dipungkiri juga bahwa banyak diantaranya yang merupakan barang palsu.

Hal ini tentunya bisa merugikan konsumen, di mana kamu harus membayar mahal untuk kualitas barang yang kurang bagus. 

Selain itu penggunaan spare part palsu juga membuat biaya perawatan semakin boros karena usia pemakaian menjadi lebih singkat.

Itulah mengapa penting untuk mengetahui bagaimana cara membedakan sparepart Toyota asli dan palsu. 

Tips cara membedakan sparepart Toyota asli dan palsu

Bagi sebagian orang, cara membedakan sparepart Toyota asli dan palsu terasa mudah apalagi jika sudah terbiasa mengenal atau memegang spare part tersebut. 

Namun bagi orang awam yang tak begitu paham mengenai spare part mobil, cara membedakan sparepart Toyota asli dan palsu ini cukup sulit dipahami.

Pasalnya saat ini banyak barang palsu yang sangat mirip bahkan identik dengan barang asli. 

Selain itu terkadang ada juga oknum bengkel yang tidak jujur, dimana mereka mengatakan bahwa barang tersebut asli padahal palsu.

Berikut adalah beberapa tips cara membedakan sparepart Toyota asli dan palsu yang bisa kamu terapkan sebelum membeli:

1. Cek kondisi kemasan sebelum membeli

Cara membedakan sparepart Toyota asli dan palsu yang pertama adalah dengan mengecek kondisi kemasan spare part. 

Kemasan untuk spare part Toyota asli terbuat dari bahan yang tebal dengan permukaan yang halus. Selain itu warna kemasan spare part asli juga lebih jelas dan terang. 

Pada kemasan yang asli ini kamu biasanya juga bisa menemukan hologram (pada produk tertentu) dan juga label stiker yang tidak mudah dilepas. Label stiker ini disertai dengan nomor seri spare part dan juga barcode.

Barcode ini dapat kamu scan, jika spare part tersebut asli maka nomor seri yang muncul akan sama antara yang ada di label dan barcode. 

Pada spare part Toyota yang palsu, akan sulit menemukan hologram. Selain itu kualitas label stiker juga kurang bagus dan nomor seri pun bisa berbeda. 

2. Cek kode dan nomor seri spare part

Saat kamu diminta untuk membeli spare part mobil Toyota, pastikan untuk mengecek kode dan nomor seri spare part tersebut sebelum membeli atau membayarnya. 

Kamu bisa menemukan kode dan nomor seri spare part dari buku pedoman pemilik yang didapat dari dealer resmi saat membeli mobil.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai kode dan nomor seri ini melalui website resmi Toyota.

Spare part yang asli memiliki kode dan nomor seri yang sama antara bukupedoman dengan yang ada di kemasan atau label produk. 

Memang membutuhkan sedikit usaha lebih untuk mencari informasi di buku pedoman atau website, namun cara membedakan sparepart Toyota asli dan palsu akan membantumu memilih produk yang berkualitas bagus sesuai standar pabrikan.

3. Cek garansi produk

Untuk mengetahui apakah spare part yang kamu beli asli atau palsu, kamu bisa melihat dari garansinya. 

Spare part Toyota yang asli memiliki garansi resmi dari pihak Toyota. Dengan garansi ini maka Toyota akan mengganti secara langsung apabila produk yang kamu beli memiliki cacat produksi. 

Untuk spare part yang asli umumnya masa garansi ini mencapai satu tahun. Beberapa produk palsu mungkin juga akan memberikan garansi, namun hanya dalam waktu seminggu atau maksimal sebulan. 

4. Periksa kondisi sparepart sebelum dipasang

Cara membedakan sparepart Toyota asli dan palsu selanjutnya adalah dengan memeriksa dan mengamati kondisi fisik spare part.

Spare part yang asli akan dibuat secara halus, bahan yang bagus dan tentunya rapi. Berbeda dengan spare part palsu yang umumnya secara fisik akan lebih kasar dan kurang rapi. 

Selain itu penggunaan bahan pun akan terasa berbeda. Misalnya saja untuk spare part berbahan plastik, umumnya bahan plastik pada spare part asli akan lebih tebal dan pengerjaannya pun rapi. 

Sebaliknya untuk spare part yang palsu kualitas plastik akan lebih tipis dengan pengerjaan yang kurang rapi. 

5. Membandingkan harga

Sudah menjadi rahasia umum bahwa spare part asli Toyota memang cukup mahal, namun tentu saja ini sepadan dengan kualitas yang ditawarkan.

Sebagian orang secara sadar memilih produk spare part palsu karena memang harganya yang lebih murah dibandingkan produk aslinya. 

Meski begitu ada baiknya untuk selalu memilih produk yang asli demi menjaga performa mesin dan menghemat biaya perawatan.

Resiko menggunakan spare part palsu

Menggunakan spare part palsu memang sudah cukup umum dilakukan para pemilik mobil, meskipun sebenarnya hal ini sangat tidak disarankan. Alasan harga spare part asli yang dinilai mahal menjadi salah satu penyebabnya. 

Namun tahukah kamu bahwa menggunakan spare part palsu ternyata memiliki beberapa resiko? Apa sajakah resikonya?

1. Bentuk dan ukuran yang kurang standar

Spare part asli yang dikeluarkan oleh pabrikan tentu sudah sesuai dengan standar dan ukuran yang pas dengan mobil kamu. 

Jika kamu membeli spare part palsu kemungkinan bentuk dan standar ukurannya akan kurang pas, sehingga bengkel biasanya akan melakukan penyesuaian baik dengan cara memotong, menghaluskan dan sebagainya. 

Selain membuat proses pemasangan menjadi lebih lama, dikhawatirkan juga dapat membahayakan pengguna karena bisa jadi pemasangan yang dipaksakan akan beresiko merusak komponen lainnya. 

2. Performa kinerja yang tidak maksimal

performa spare part palsu tentu tidak akan semaksimal spare part yang asli. Bahkan untuk beberapa komponen, penggunaan spare part palsu yang berkaitan dengan sistem keselamatan dapat sangat membahayakan.

Misalnya saja jika kamu menggunakan kampas rem palsu, maka ini bisa membuat sistem pengereman tidak bekerja maksimal. 

Selain itu kampas rem juga cepat rapuh, dapat merusak piringan cakram dan yang paling membahayakan rem mobil menjadi kurang pakem. 

3. Biaya perawatan makin boros

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa menggunakan spare part palsu lebih menghemat karena harganya lebih murah.

Secara jangka pendek mungkin benar, namun dalam jangka panjang hal ini justru berlaku sebaliknya.

Spare part palsu umumnya memiliki umur pakai yang lebih singkat, belum lagi berpotensi merusak komponen lainnya. 

Hal ini tentu membuat kamu harus lebih sering melakukan perbaikan atau penggantian spare part bukan? Belum lagi dengan mempertimbnagkan aspek keamanan, masih yakin untuk menggunakan spare part palsu?

Tips dari Lifepal! Meskipun spare part asli harganya lebih mahal, namun sebaiknya kamu menggunakan spare part yang asli, ya. 

Sebab, menggunakan spare part palsu dengan harga murah malah akan merugikan diri sendiri. Pertama, komponen mobil akan lebih cepat rusak dan perbaikannya pun akan mahal. Kedua, menggunakan spare part yang tidak sesuai standar bisa menyebabkan kecelakaan. 

Pentingnya asuransi mobil

Asuransi mobil merupakan produk asuransi yang memberikan manfaat pertanggungan ganti rugi terhadap kerugian yang disebabkan oleh kerusakan maupun kehilangan. 

Dengan adanya asuransi mobil maka kamu tak perlu mengkhawatirkan soal biaya perbaikan mobil apabila mobil mengalami kerusakan akibat benturan, tabrakan, terperosok, atau sebab lain yang ditanggung dalam polis asuransi.

Asuransi mobil juga dapat memberikan berbagai manfaat tambahan lainnya, misalnya manfaat mobil ambulance ketika terjadi kecelakaan, mobil derek ketika mobil mogok, kecelakaan diri untuk penumpang, tanggung jawab hukum pihak ketiga, dan manfaat lainnya. 

Cek asuransi mobil yang cocok dengan mengikuti kuis asuransi mobil terbaik berikut ini.

FAQ seputar cara membedakan sparepart Toyota asli dan palsu

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.