November 26, 2022

Ada banyak cara mengatasi kipas radiator mobil Avanza mati yang dapat kamu lakukan saat menghadapi gangguan tersebut pada kendaraan milikmu. Tentu matinya kipas radiator ini tidak terlepas dari mesin yang mengalami overheat.

Hal ini karena kipas radiator memiliki fungsi utama untuk mendinginkan mesin dengan cara membuang suhu panas yang dihasilkan saat mobil dinyalakan sehingga tidak akan mengalami overheat dan mampu bekerja dengan maksimal.

Lalu bagaimana cara mengatasi kipas radiator mobil Avanza mati yang benar sehingga mesin dapat bekerja kembali dengan optimal? Simak ulasannya di artikel ini!

Cara mengatasi kipas radiator mobil Avanza mati

Apabila kipas radiator Avanza mati tentu panas yang dihasilkan oleh mesin akan bertahan di dalam dan tidak dibuang sama sekali sehingga akan terjadi penumpukan yang menyebabkan overheat. 

Masalah ini bisa terjadi karena banyak hal, namun salah satunya adalah usia kipas yang sudah tua dan mulai tidak mampu bekerja dengan baik. Oleh karena itu, apabila kipas radiator Avanza tidak berputar maka kamu perlu segera memperbaikinya agar suhu di dalam mesin menjadi lebih stabil.

Jadi, kipas radiator di mobil Avanza ini memiliki peranan yang sangat penting untuk menstabilkan suhu di dalamnya. Namun saat hal ini terjadi, ternyata kamu dapat memperbaikinya secara mandiri di rumah tanpa perlu membawanya ke bengkel.

Jika kamu sedang mencari cara mengatasi kipas radiator mobil Avanza mati, maka berikut ini adalah beberapa diantaranya:

1. Melakukan perbaikan pada relay motor fan

Saat kipas radiator Avanza tidak berputar, penting untuk langsung mengecek bagian relay motor fan. Sebab, komponen ini berperan sebagai saklar elektromagnetik yang dapat bekerja sesuai dengan arahan ECU.

Jika ECU memberikan arahan agar kipas berputar, maka akan secara otomatis suplai listrik mengalir ke dalam relay tersebut. Sedangkan begitu juga sebaliknya, jika kipas berhenti, maka secara otomatis tentu relay akan memutuskan aliran listriknya.

Namun , pemeriksaan relay yang akurat bisa kamu lakukan hanya dengan alat Avometer maupun menukar relay ke mesin mobil lainnya. Jika hal ini telah dijalankan dengan baik, maka tentu masalah yang terjadi adalah karena komponen lain.

Akan tetapi apabila relay fan benar-benar mengalami kerusakan, maka kamu perlu mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

2. Melakukan perbaikan pada bagian sekring kipas radiator

Cara mengatasi kipas radiator mobil Avanza mati kedua yang dapat kamu lakukan adalah dengan memperbaiki bagian sekring kipasnya. Fungsi utama dari sekring kipas radiator yaitu adalah memutus dan menyambungkan arus. 

Sebab, apabila sekring kipas radiator, maka akan menyebabkan arus listrik dan aki tidak dapat tersuplai dengan baik ke dalam kipas radiator.

Jadi, bila terjadi konsleting tentu akan menyebabkan sekring putus. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kipas radiator tidak berputar. Jika hal tersebut terjadi dan benar disebabkan karena kerusakan sekring kipas radiator, maka segeralah ganti dengan yang baru.

3. Tes motor kipas dengan tambahan arus listrik

Apabila kipas radiator Avanza mati, kamu juga dapat kamu lakukan dengan cara mengetes motor kipas dengan tambahan arus listrik. 

Ada dua metode yang dapat kamu pilih saat melakukan tes motor kipas yaitu dengan menggunakan jumper soket kaki relay kipas radiator bagian fuse box dan juga kamu dapat memasang kabel langsung ke motor kipas.

Walaupun terdapat dua metode, namun cara yang paling disarankan adalah dengan menggunakan kabel yang langsung dipasangkan ke bagian motor kipas. Sebab, jumper akan lebih beresiko untuk menimbulkan kerusakan pada ECU jika penanganannya salah.

Tes arus listrik ini dapat memperlihatkan apakah motor kipas masih dapat menyala setelah dialiri listrik. Hal ini dapat terlihat dari bisa tidaknya kipas radiator berputar.

Jadi apabila kipas masih dapat menyala dengan baik, maka kemungkinan besar masalahnya terletak pada aki yang sudah soak sehingga harus segera diganti.

4. Mengganti carbon brush

Cara mengatasi kipas radiator mobil Avanza mati yang terakhir yaitu adalah dengan mengganti bagian carbon brush-nya jika mengalami kerusakan. Pada kipas radiator, carbon brush memiliki peran untuk mendistribusikan arus listrik sehingga dapat tersebar merata.

Jadi, apabila penyebab kipas radiator tidak berputar ini adalah carbon brush yang sudah habis, maka hal ini akan membuatnya enggan berputar karena tidak ada arus listrik yang disalurkan.

Namun sebelum menggantinya, pastikan kamu sudah mengecek apakah ekstra fan masih hidup sedangkan kipas radiator mobil Avanza mati.

Apabila terjadi hal ini, kamu dapat segera menggantinya dengan yang baru di rumah asalkan berpengalaman.

Fungsi kipas radiator mobil Avanza

Ada dua jenis kipas radiator yang umumnya dimiliki oleh mobil yaitu adalah manual fan dan elektrik fan. Dimana kipas manua akan digerakkan oleh poros engkol dan kipas elektrik akan digerakkan oleh adanya motor listrik.

Namun keduanya tentu memiliki fungsi dan tujuan yang sama yaitu untuk menjaga suhu mobil tidak stabil sehingga tidak akan mengalami overheat. Kipas radiator baik di Avanza maupun mobil lainnya akan menjaga coolant tetap pada suhunya yang sesuai walaupun mesin sedang bekerja.

Oleh sebab itulah, kipas radiator mampu untuk membuang suhu panas dari dalam mesin kendaraan sehingga akan sangat bermasalah apabila mati. Sebab, panas mobil akan mengendap dan tidak terbuang sehingga akan menyebabkan overheat.

Tips dari Lifepal! Ada banyak cara mengatasi kipas radiator mobil Avanza mati yang dapat kamu lakukan sesuai dengan penyebabnya. 

Berbagai cara mengatasi masalah tersebut diantaranya adalah melakukan perbaikan pada relay motor fan, sekring kipas, dan mengganti carbon brush jika dibutuhkan. 

Selain itu, kamu juga dapat melakukan tes motor kipas dengan arus listrik, jadi apabila kipas ternyata dapat menyala berarti kemungkinan besar ai sudah mengalami soak sehingga harus diganti.

Simak pula ulasan mengenai cara membedakan ISC Avanza asli dan palsu, service radiator mobil, cara cek fan radiator mobil, dan juga biaya perbaikan kipas radiator mobil di artikel Lifepal lainnya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Apa manfaat penting asuransi mobil?

Ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki asuransi mobil sebagai proteksi terbaik untuk aset milikmu.

Sebab, asuransi mobil dapat memberikan perlindungan atas resiko ketidakpastian dan kerugian yang mungkin terjadi di dalam raya.

Beberapa resiko kerugian yang akan ditanggung oleh asuransi mobil ini meliputi banyak hal mulai dari kerusakan akibat kecelakaan, bencana alam, huru-hara hingga kebakaran serta kehilangan akibat tindak pencurian.

Bahkan, akan ada juga pelayanan dalam bentuk tanggung jawab hukum apabila dibutuhkan. Hal ini tentu akan meningkatkan rasa tenang dan aman pada setiap pemegangnya.

Ditambah, adanya asuransi juga mampu untuk mengurangi pengeluaran yang tidak terduga karena adanya resiko yang terjadi sehingga akan membantumu untuk mengelola dan memiliki perencanaan keuangan yang lebih baik.

Sebab biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Pertanyaan seputar cara mengatasi kipas radiator mobil Avanza mati

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.