Desember 4, 2022

Cara mengganti lampu senja Avanza sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, perlu dilakukan secara hati-hati agar tidak merusak komponen mobil lainnya, ya

Lampu senja atau yang biasa disebut juga sebagai lampu kota merupakan lampu yang memiliki pancaran cahaya lebih rendah dibanding dengan lampu dekat alias low beam

Fungsi utama dari lampu senja ini yakni untuk menerangi jalan terutama pada malam hari. Bisa juga dijadikan sebagai DRL (Daytime Running-light) pada siang hari.

Dalam artikel ini, Lifepal membahas bagaimana cara mengganti lampu senja Avanza dan apa saja yang perlu kamu perhatikan saat melakukannya. Simak sampai selesai, ya

Cara mengganti lampu senja Avanza

Sebelumnya, pastikan kamu sudah memiliki lampu senja baru yang akan menggantikan lampu senja Avanza yang lama. 

Selain itu, pastikan juga kamu sudah mengetahui letak lampu senja itu sendiri. Kalau belum tahu, letak lampu senja berada di dalam lampu kepala. Bentuknya kecil dan posisinya agak menyerong. 

Setelah itu, kamu bisa mengetahui langkah-langkah mengganti lampu senja Avanza berikut ini.

1. Buka kap mesin mobil 

Langkah pertama adalah membuka kap mobil untuk menemukan kompartemen mesin. Lampu depan mobil bisa kamu temukan di pojok kanan dan kiri mobil. 

2. Raih bohlam lampu 

Setelah mengetahui posisinya, lepaskan bohlam lampu menggunakan tangan dengan cara memutar ujung tangkainya searah dengan jarum jam. 

Kamu bisa sedikit menggoyangkannya jika masih belum keluar setelah diputar-putar.

Tangkai kabel ini seharusnya mudah dilepaskan dengan tangan sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan tenaga berlebih untuk mengambilnya. 

3. Lepaskan lampu dengan kabelnya 

Langkah selanjutnya yakni melepaskan lampu senja dengan kabelnya. Cukup cabut lampu senja secara perlahan dan bohlam lampu akan terlepas dari kabelnya. 

Melepaskan lampu senja memang tinggal dicabut karena jenis lampu ini disebut juga sebagai lampu tancap. 

4. Ganti bohlam dengan yang baru 

Jika sudah mencopot lampu senja yang lama, sekarang kamu tinggal menggantinya dengan lampu senja mobil yang baru. 

Tancapkan bohlam lampu dengan hati-hati hingga karet lampu tidak lagi terlihat. Pastikan bohlam lampu sudah terpasang dengan sempurna, ya. 

Jika sudah, pasangkan kembali kabel ke tempatnya semula. Nyalakan mobil dan lihat apakah lampu senja mobil sudah menyala dengan baik. 

Tips mengganti lampu senja Avanza 

Dalam mengganti lampu senja mobil Avanza, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Berikut beberapa di antaranya. 

1. Perhatikan tipe lampu 

Jenis lampu mobil ada bermacam-macam, mulai dari headlight, lampu kabut, lampu sein, lampu hazard dan yang sedang kita bahas adalah lampu senja. 

Pastikan kamu telah mengetahui perbedaan jenis lampu tersebut beserta fungsinya dan mengetahui secara persis lokasinya di mobil kamu. 

2. Perhatikan kode soket 

Yang tidak kalah penting adalah mengetahui jenis soket lampu mobil dan kodenya sebelum membeli. Soket merupakan tempat dudukan lampu yang fungsinya untuk menyalurkan listrik ke kawat jaringan listrik. 

Untuk mobil Avanza dan Xenia lama (2004-2011), umumnya menggunakan kode soket H11. Dan untuk Avanza tahun 2012-2015, menggunakan kode soket H16. 

Kamu bisa mengecek kode soket ini pada bagian kemasan kardus lampu senja. Jika kode soketnya tidak sesuai, maka lampu senja tidak bisa terpasang. 

3. Perhatikan pemilihan watt lampu 

Selain tipe dan kode watt lampu, hal lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah watt-nya. Besaran lampu kota mobil atau lampu senja yang dijual di pasaran antara lain 19W,35W,55W,100W.

Sebaiknya jangan gunakan lampu watt yang jauh dari spesifikasi normal karena bisa membahayakan. Idelanya, besaran watt untuk lampu senja berkisar 55W. 

Penyebab lampu senja mobil mati 

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab lampu senja mobil mati. Berikut beberapa di antaranya:

  • Reflektor lampu mobil mati, biasanya karena penggunaan yang tidak tepat seperti menggunakan lampu senja sebagai lampu utama.  
  • Soket lampu mobil rusak sehingga mempengaruhi tegangannya.
  • Terjadi arus pendek listrik sehingga lampu senja tidak menyala.
  • Faktor usia karena sudah dipakai terlalu lama.

Kapan harus ganti bohlam lampu mobil?

Biasanya, pemilik kendaraan baru mengganti lampu mobil setelah lampu tersebut mati. Namun, sebenarnya kamu bisa menggantinya sebelum lampu mobil tersebut mati. 

Bohlam yang telah memiliki usia pakai dua tahun atau lebih bisa diganti dengan bohlam yang baru. 

Kalaupun masih hidup, biasanya cahaya dari lampu yang sudah berusia lebih dari dua tahun sudah akan redup. 

Harga lampu senja mobil Avanza

Harga lampu senja Avanza cukup terjangkau, berkisar antara Rp30 ribu hingga Rp60 ribu. Lampu LED Senja merek Old Luminos misalnya, dibandrol di harga Rp50 ribu, sementara untuk merk OSRAM dijual di harga Rp60 ribu. 

Harga lampu mobil biasanya berbeda tergantung merek dan jenisnya. Saat ini, banyak orang yang menggunakan lampu halogen untuk lampu depan mobil. Jenis lampu halogen biasanya dijual dengan harga Rp50 ribu hingga Rp70 ribu. 

Sebenarnya, semua merek lampu tidak masalah. Yang terpenting adalah memastikan komponen kelistrikan seperti soket dan kabel bekerja dengan baik. 

Itulah pembahasan mengenai cara mengganti lampu senja mobil avanza dan tips pemasangannya. Semoga bermanfaat, ya.

Tips dari Lifepal! Lampu mobil merupakan salah satu komponen yang vital karena berkaitan dengan keselamatan berkendara di jalan raya. Gunakan lampu mobil terbaik yang terang dan tahan lama sehingga kamu bisa lebih fokus mengendarai mobil, terutama pada malam hari. 

Selain melakukan servis rutin, lindungi mobil kamu dengan asuransi mobil terbaik yang dapat mengcover risiko finansial akibat kecelakaan maupun bencana alam. 

Dengan memiliki asuransi mobil, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan biaya servis di bengkel yang mahal. 

Penting memiliki asuransi mobil

Setelah mengetahui bagaimana cara mengganti lampu senja Avanza, kini saatnya kamu membeli produk asuransi mobil, ya.

Asuransi mobil akan memberikan jaminan perlindungan dari risiko kerusakan yang bisa membuat finansial kamu jadi terganggu.

Manfaat yang diberikan banyak, mulai dari jaminan ganti rugi karena mobil lecet, mobil terperosok, mobil rusak, hingga mobil dicuri orang.

Kamu bisa mengetahui asuransi mobil yang cocok dengan mengikuti kuis asuransi mobil terbaik berikut ini. 

Pertanyaan seputar cara mengganti lampu senja Avanza 

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.