Desember 4, 2022

Memiliki alat yang bisa digunakan untuk memeriksa kondisi keseluruhan mobil tentunya akan sangat membantu kamu dalam mengetahui kesehatan mobil, salah satunya adalah GTS Toyota. Lalu, bagaimana cara menggunakan GTS Toyota?

Jika kamu sedang mencari informasi terkait cara menggunakan scanner mobil GTS Toyota, berikut informasi lengkapnya dari Lifepal!

Apa itu alat GTS mobil

GTS Toyota merupakan alat diagnostik generasi baru yang dikembangkan untuk Toyota Motor Corporation. Berbeda dengan alat diagnostik mobil lainnya, cara menggunakan scanner mobil Toyota satu ini adalah dengan menggunakan PC atau komputer dan software, sehingga pembacaan hasil pun akan lebih mudah.

Alat diagnostik ini terdiri dari dua perangkat utama, yaitu software GTS yang dapat diinstal di komputer dan modul antarmuka kendaraan atau vehicle interface module (VIM).

Software GTS merupakan inti dari alat diagnostik itu sendiri. Sedangkan VIM adalah alat berbentuk kabel yang merupakan penghubung antara perangkat lunak GTS dan ECUs kendaraan.

Fitur GTS Toyota

Dilansir dari berbagai sumber, alat ini memiliki fitur sebagai berikut:

  • Perangkat lunak berbasis Windows untuk kendaraan Toyota. Namun bisa juga digunakan untuk kendaraan merek Lexus,
  • Terdapat modul antarmuka kendaraan (VIM) untuk menghubungkan kendaraan ke alat scanner agar dapat dibaca,
  • Dapat digunakan untuk berbagai model kendaraan Toyota tahun 1996 hingga 2015 karena dihubungkan dengan kabel atau konektor DLC 3 (OBDII),
  • Dapat menerapkan semua fungsi Intelligent Tester II (alat scanner Toyota sebelum GTS ini), kecuali osiloskop dan pengukur voltase,
  • GUI yang ramah pengguna, grafik yang lebih mudah dipahami, menampilkan DTC di semua sistem DLL yang dapat dilihat dari layar PC,
  • Penyimpanan data yang lebih besar dari IT-II untuk menyimpan daftar Data, DTC, dll.

Fungsi alat scanner GTS toyota

Sama seperti alat scanner untuk mendiagnosis kondisi kesehatan mesin mobil lainnya, fungsi alat scanner GTS Toyota diantaranya yaitu untuk:

1. Cara cepat dan murah untuk diagnosis mobil

Untuk mengetahui kondisi kesehatan mesin dan performa mobil secara keseluruhan, biasanya kamu bisa pergi ke bengkel untuk mendapatkan pemeriksaan. 

Namun, dengan menggunakan alat GTS Toyota ini, kamu tidak perlu pergi ke bengkel dan melakukan bongkar mobil secara keseluruhan untuk mengetahui kondisi kesehatan mobil. 

Cukup dengan menghubungkan mobil dengan alat scanner ini, kamu bisa mengetahui kinerja mesin dengan cepat dan murah.

2. Mengetahui kondisi oli

Ada berbagai fitur yang dimiliki oleh alat GTS Toyota ini. Salah satu fitur terbarunya yaitu Switch Oil Maintenance Display.

Dengan fitur ini, kamu bisa mengetahui informasi yang menunjukkan peringatan pemeliharaan oli dan jarak tempuh yang tersisa.

3. Fungsi lainnya dari GTS Toyota

Beberapa fungsi lain dari alat scanner GTS Toyota adalah fitur Injector Maintenance Learning Value Reset untuk mereset  Injector Maintenance Learning Value yang tersimpan di mesin ECU.

Ada pula fitur mengatur ulang Riwayat Beban Akumulasi Sekering Tegangan Tinggi. Fitur All Readiness untuk mengkonfirmasi status monitor (Normal/Abnormal/Tidak Lengkap) dari DTC yang dipilih pengguna.

Fungsi lainnya yaitu bisa didapatkan dari fitur Height Sensor Initialization, ECU Information Sync, dan Cruising Range Reset untuk mengetahui data-data terkait.

Cara menggunakan GTS Techstream

Berikut adalah cara mudah menggunakan GTS Toyota. Perlu diingat bahwa kamu perlu memiliki komputer dengan spek yang memadai. 

Langkah pertama adalah menginstal software Vehicle Connection Wizard. Software ini bisa kamu dapatkan dari CD yang sudah termasuk di dalam paket atau dengan meminta link instalasi dari penjual.

Setelah diinstal, kamu bisa menghubungkan kendaraan dengan software ini. Untuk menghubungkannya, kamu bisa menggunakan kabel VIM yang dicolokkan ke ECU dan komputer. Lalu, klik “Connect to Vehicle”. Setelah terhubung, pastikan informasi awal yang ditampilkan di komputer sudah sesuai. Setelah itu, klik next. 

Layar “system select” akan muncul. Di sini, akan ada informasi terkait kapan terakhir kali kendaraan terhubung atau menggunakan alat GTS ini. Ada pula informasi tentang ECU mobil yang dipasang di kendaraan dan statusnya.

Untuk mendapatkan data tentang mesin, kamu bisa klik dua kali nama sistem atau pilih nama sistem dan klik tombol “Live Data”. Halaman selanjutnya akan menampilkan informasi terkait kesehatan mesin yang menampilkan data tentang status monitor, target ECU DTC, dan ID kalibrasi.

Kamu bisa klik tombol “Time Stamp: untuk menampilkan informasi tentang waktu dari ECU yang ingin dilihat. Setelah data lain sudah dilihat dan disimpan, hasilnya dapat ditemukan di bawah tab stored data.

Data tersebut kemudian dapat disimpan untuk mengetahui informasi lengkap seputar kesehatan mesin.

Harga tools GTS Toyota

Jika kamu ingin memiliki alat diagnostik yang satu ini, kamu bisa membelinya dengan mudah di beberapa e-commerce dengan harga mulai dari Rp905.000. 

Dalam satu paket alat GTS ini sudah termasuk unit utama alat pemindai, kabel utama OBD2, kabel VIM untuk menghubungkan kendaraan ke PC/ alat scanner, dan CD untuk menginstall software atau aplikasi pada komputer.

Tips dari Lifepal! Apabila kamu termasuk awam dalam hal permesinan mobil, sebaiknya kamu membawa mobil untuk dilakukan scan menyeluruh ke bengkel profesional langgananmu atau bengkel resmi Toyota.. Di bengkel, pemeriksaan secara menyeluruh akan dilakukan oleh teknisi berpengalaman untuk mengetahui kerusakan yang ada pada mobil.

Setelah itu, jika memang dibutuhkan, maka akan dilanjutkan dengan tindakan yang tepat untuk memperbaiki kerusakan yang ada sehingga kinerja mesin kendaraan akan bekerja lebih optimal.

Pentingnya punya asuransi mobil

Memiliki asuransi mobil memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah bisa melindungi dan meminimalisir pengeluaran finansial kamu dari biaya-biaya perbaikan mobil yang pastinya tidak murah. Terlebih, untuk memiliki dan menggunakan alat scanner mobil seperti GTS Toyota ini tentunya tidak bisa kamu lakukan dengan asal-asalan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melindungi mobil adalah dengan menentukan asuransi mobil yang sesuai dengan anggaran pemilik kendaraan sehingga bisa mencegah kerugian finansial.

Kamu bisa pilih asuransi mobil terbaik di Lifepal dan bandingkan masing-masing polisnya. Beli asuransi di Lifepal juga cukup terjangkau, mulai Rp35 ribu per bulan. 

Kelebihan lain dari Lifepal yaitu kami menawarkan asuransi mobil dengan harga termurah di Indonesia dan premi yang sesuai. Cara klaimnya pun mudah dengan bengkel rekanan yang tersebar di lebih dari 4.000 bengkel di Indonesia.

Temukan asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu melalui kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini. 

Setelah itu, hitung biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan menggunakan kalkulator premi asuransi mobil yang sudah disesuaikan dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan. 

Pertanyaan seputar cara menggunakan GTS Toyota

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.