Desember 5, 2022

Sebelum berkendara, apalagi di musim hujan seperti ini, ada baiknya kamu mengetahui cara mengisi air wiper belakang Avanza. 

Hal ini dilakukan agar ketersediaan air wiper mobil kamu tetap ada dan bisa membersihkan kaca mobil dengan baik. Dengan begitu pandangan kamu pun jadi lebih jelas dan tidak terganggu.

Selain wiper mobil depan, wiper mobil belakang juga memiliki peranan yang penting, yakni agar kamu bisa melihat kondisi jalanan di bagian belakang, terutama saat akan melakukan parkir. 

Tak sulit menemukan tempat pengisian air wiper mobil, karena umumnya berada di dalam kap mesin mobil. 

Berikut ini ulasan terkait cara mengisi air wiper untuk mobil Avanza serta tips memilih air wiper mobil yang bagus. Simak, ya!

Cara mengisi air wiper belakang Avanza

Pengisian air wiper ini umumnya sama untuk semua jenis mobil, termasuk Avanza. Kamu hanya perlu memasukkan air wiper mobil di wadahnya yang ada di bagian kap mesin mobil depan. 

  • Siapkan air wiper mobil yang biasa kamu gunakan, sebaiknya tidak menggunakan air biasa, ya.
  • Parkirkan mobil kamu di tempat yang datar agar pengisian air wiper mobil mudah dilakukan. 
  • Buka kap mesin mobil depan, lalu cari wadah air wiper mobil. Wadah air wiper mobil ini biasanya berbentuk tabung putih dengan tutupnya berwarna biru dan terletak di bagian kiri depan.
  • Buka tutup wadah air wiper mobil kemudian masukkan air wiper ke dalam wadah hingga penuh. 
  • Tutup lagi wadah air wiper mobil dengan rapat.
  • Tutup kap mesin mobil dan air wiper mobil kamu sudah bisa digunakan. 

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membuka buku manual mobil kamu untuk mengetahui letak wadah air wiper mobil kamu. 

Atau, jika kamu takut salah, kamu bisa membawanya ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengisian air wiper mobil, ya. 

Fungsi wiper fluid atau air wiper

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, air wiper mobil memiliki fungsi utama dalam membersihkan debu atau kotoran yang menempel pada kaca, sehingga pandangan saat berkendara jadi lebih jelas. 

Air wiper mobil ini juga tidak boleh menggunakan air sembarangan atau air keran biasa. Penggunaannya harus menggunakan cairan khusus agar proses pembersihan kaca maksimal dan tidak meninggalkan noda di kaca mobil. 

Air khusus wiper mobil ini juga bisa membuat kaca mobil jadi licin, sehingga mudah dalam proses pembersihan kaca mobil. 

Cara memilih air wiper mobil yang bagus

Dalam memilih air wiper mobil, kamu tidak bisa sembarangan apalagi hanya menggunakan air keran biasa. Sebab, air keran mengandung pH asam yang bisa membuat karet pada wiper mobil cepat rusak, sehingga pembersihan pun jadi tidak maksimal. 

Air keran yang digunakan untuk air wiper mobil juga bisa menyebabkan munculnya lumut atau jamur pada kaca mobil.

Berikut ini cara memilih air wiper mobil yang bagus yang harus kamu ketahui.

1. Pilih yang sesuai dengan mobil

Ada banyak merek air wiper mobil, kamu bisa memilih yang paling sesuai untuk mobil kamu, ya. Kamu bisa menanyakan pada pihak teknisi, merek mana yang paling cocok untuk mobilmu. 

Selain itu, sesuaikan juga dengan pH yang disarankan. Pastikan kamu juga melakukan pengecekan pH pada air wiper mobil yang akan dipilih tersebut. 

2. Tidak mengandung alkohol

Hindari juga menggunakan air wiper mobil yang mengandung alkohol, ya. Kamu bisa mengecek kandungan di dalam kemasannya tersebut. 

Beberapa merk air wiper mobil yang cukup bagus dan biasa digunakan seperti Kit Wiper, Waxco Windshield, Megacools Wiper, Sonax, dan Otogard Wiper Fluid Concentrate.

Bagaimana jika air wiper mobil macet?

Sebelum bepergian, jangan lupa untuk selalu mengecek apakah wiper mobil bisa berfungsi normal atau tidak. Jika tidak keluar juga, bisa jadi hal ini karena air wiper mobil kamu habis atau macet yang disebabkan lumut. 

Tanda air wiper mobil yang macet adalah munculnya suara dengungan saat air wiper mobil tersebut macet. 

Jika macet karena lumut, kamu bisa membersihkan bagian dalam wiper mobil dan bersihkan bagian lumut di dalamnya.

Namun, jika disebabkan karena masalah kelistrikan, maka kamu bisa mengecek bagian sirkuit kelistrikan. Bawa segera ke bengkel terdekat jika air mobil kamu tidak kunjung keluar atau masih macet. 

Nah, itu dia ulasan bagaimana cara mengisi air wiper belakang Avanza dan tips memilih air mobil yang bagus yang bisa kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Tips dari Lifepal! Pengisian air wiper mobil tidaklah sulit. Kamu bisa mengisinya sendiri yang letaknya di bagian depan dalam kap mobil. 

Agar mobil kamu awet dan performanya maksimal, dalam perawatannya pun tidak boleh sembarangan, termasuk dalam memilih air wiper mobil. 

Pastikan kamu memilih air wiper mobil yang bagus dan hindari menggunakan air keran, ya. Penggunaan air keran bisa menimbulkan lumut dan jamur yang menyebabkan wiper mobil jadi tersumbat. 

Pilih cairan khusus air wiper mobil agar bagian kaca mobil kamu bisa bersih maksimal dan kinclong. Kamu pun bisa mengisi air wiper mobil Avanza kamu dengan mudah sesuai petunjuk di atas. 

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Penting memiliki asuransi mobil

Setelah mengetahui cara mengisi air wiper belakang Avanza, kini saatnya kamu memikirkan asuransi mobil yang cocok untuk mobil kamu.

Asuransi mobil akan memberikan perlindungan finansial atas risiko yang terjadi yakni mobil rusak atau bermasalah. 

Kamu jadi tidak perlu pusing memikirkan biaya-biaya perbaikan mobil karena semuanya akan ditanggung oleh pihak asuransi mobil. Finansial dan tabungan kamu pun lebih aman. 

Ada dua jenis asuransi mobil yakni asuransi mobil All Risk dan juga asuransi mobil TLO. Asuransi mobil All Risk akan memberikan perlindungan lengkap mulai dari kerusakan ringan hingga berat.

Sedangkan, asuransi TLO hanya akan menanggung kerusakan mobil dengan total lebih dari 75 persen.

Tak heran jika premi asuransi mobil All Risk lebih mahal daripada asuransi mobil TLO. Kamu bisa memilih asuransi mobil sesuai dengan kebutuhan, ya. 

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Pertanyaan seputar cara mengisi air wiper belakang Avanza

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.