Desember 4, 2022

Bagaimana sih cara mewaralabakan usaha kita agar cuan? Bisnis waralaba atau franchise adalah salah satu jenis usaha yang dikenal dapat mendatangkan banyak keuntungan, loh. Menariknya lagi, cara untuk mewaralabakan usaha tidak susah dan dapat dilakukan dengan cepat. 

Bisnis waralaba adalah bisnis yang dilakukan dengan menggunakan mitra yang mana mitra tersebut akan mendapatkan merek dagang, bahan baku dan produk yang sudah ada sebelumnya dengan suatu perjanjian dan syarat yang harus dipenuhi mitra. 

Di Indonesia sendiri, jenis bisnis ini sudah mulai menjamur dimana-mana, utamanya untuk produk kuliner, yaitu makanan dan minuman. 

Jika Anda memiliki sebuah bisnis, Anda dapat mewaralabakan bisnis tersebut agar dapat menghasilkan cuan yang berlimpah. 

Apa Itu Waralaba?

Bisnis waralaba sendiri sudah dijelaskan dalam aturan tentang implementasi waralaba pada peraturan menteri perdagangan No.71 tahun 2019. Dijelaskan bahwa, waralaba adalah hak khusus milik badan usaha atau perorangan terhadap sistem bisnis tertentu. 

Gunanya bisnis waralaba ini adalah untuk memasarkan barang dan jasa yang sudah terbukti berhasil sebelumnya. Dengan demikian, barang dan jasa tersebut dapat digunakan dan dimanfaatkan pihak lain sesuai dengan perjanjian waralaba yang disepakati. Dengan kata lain, baik badan usaha atau perorangan dapat memanfaatkan kekayaan intelektual, penemuan dan ciri khas pemberi waralaba. 

Sederhananya, dengan adanya bisnis waralaba (franchise) seseorang dapat memulai bisnis dengan menjual produk yang sudah memiliki merek dan dikenal oleh banyak orang sehingga orang tersebut tak perlu susah payah membangun bisnis dan membuat brandnya sendiri. 

Cara Mewaralabakan Usaha Kita Agar Cuan

Jika Anda melihat keuntungan besar yang dapat didapatkan dari bisnis ini, tentu tidak ada salahnya jika Anda ingin mewaralabakan usaha Anda agar dapat mendapatkan cuan yang besar. Berikut ini akan dijelaskan cara mewaralabakan usaha kita agar cuan terus mengalir. 

1. Memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) Yang Sudah Terdaftar

Untuk mewaralabakan usaha, Anda perlu melegalkan usaha Anda dan mendaftarkan merek dagang Anda ke HAKI. Hal ini berguna agar kekayaan intelektual bisnis yang Anda jalankan, seperti logo, nama atau merek produk, dan resep memiliki kekuatan hukum sehingga orang lain tidak bisa asal jiplak. 

Anda dapat mengajukan permohonan izin ke Dirjen HAKI agar mendapat izin usaha dan surat tAnda pendaftaran waralaba. Dengan adanya izin tersebut, selain usaha yang Anda miliki diakui secara legal, Anda juga dapat menyakinkan calon mitra untuk menggunakan merek Anda. 

2. Produk Memiliki Keunikan Atau Ciri Khas

Cara mewaralabakan usaha kita agar cuan adalah dengan memastikan bahwa produk yang dimiliki memiliki ciri khas atau keunikan yang menarik dan berbeda dengan produk lainnya. 

Keunikan ini dapat berupa resep yang berbeda atau konsep yang digunakan dan tentu dengan mempertimbangan karakterisitk dan kebutuhan sasaran konsumen. Hal ini tentu akan meningkatkan nilai jual produk tersebut, apalagi jika produk yang ditawarkan memiliki competitor yang banyak. Untuk menguasai pasar, Anda harus tampil berbeda dan mencolok. 

3. Membuat StAndar Operasional Prosedur (SOP) Yang Jelas

Memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas akan menjadi faktor yang juga penting dalam perjalanan mewaralabakan usaha yang dimiliki. Sebab, sejatinya, dalam SOP termuat pedoman yang akan digunakan oleh mitra secara detail ketika membangun usaha tersebut. 

SOP juga menjadi poin penting yang harus dimiliki tiap usaha agar usaha yang dijalankan dapat mempertahankan kualitas produk serta pelayanan agar tetap menjadi pilihan nomor satu para konsumen. 

SOP inilah yang juga akan digunakan oleh para mitra sebagai rujukan untuk mendapatkan solusi jika suatu saat mengalami perselisihan. Dengan ini pula, para mitra tidak bisa melakukan hal seenaknya apalagi yang membuat produk yang digunakan mendapat masalah. 

4. Memiliki Catatan Keuangan Yang Lengkap

Cara mewaralabakan usaha kita agar cuan selanjutnya adalah dengan membuat catatan keuangan yang lengkap dan mudah dimengerti. Dengan adanya catatan keuangan tersebut, Anda bisa lebih mudah meyakinkan mitra bahwa usaha yang Anda miliki dapat memberikan keuntungan yang besar. 

Apalagi, kebanyakan orang akan lebih percaya dan mudah yakin jika kita menyuguhkan sebuah informasi dalam bentuk angka sebab terlihat lebih real dan bukan hanya sekedar persepsi. 

Bisnis dengan catatan keuangan yang baik dan lengkap akan terlihat lebih profesional. Apalagi hal tersebut adalah hal krusial dalam sebuah bisnis. 

5. Usaha Yang Dijalankan Memiliki Jangkauan Luas

Usaha yang memiliki jangkauan lebih luas tentu akan menarik mitra untuk menjadi bagian dari bisnis tersebut. Jika usaha atau produk yang dijalankan dikenal di berbagai wilayah, artinya konsumen usaha tersebut ada di berbagai tempat sehingga mitra akan lebih mudah mendapatkan hasil yang diharapkan. 

6. Pastikan Usaha Tersebut Mudah Dijalankan

Sebelum mewaralabakan usaha Anda, Anda terlebih dahulu harus memastikan apakah usaha tersebut mudah dijalankan atau tidak. Hal ini akan memudahkan para mitra untuk menjalankan usaha tersebut sesuai dengan ketentuan dan SOP yang berlaku. 

Sebab, meskipun nantinya Anda akan melakukan pelatihan kepada mitra, jika bisnis Anda sulit dijalankan akan meningkatkan peluang mitra melakukan kesalahan. 

7. Buat Platform Yang Dapat Menunjang Produk

Cara mewaralabakan usaha kita agar cuan selanjutnya adalah dengan membuat platform khusus yang memuat produk apa saja yang Anda miliki dan informasi penting lainnya. Platform tersebut dapat pula Anda gunakan untuk melakukan promosi agar produk yang Anda miliki dapat dikenal dengan lebih baik lagi. 

Itulah beberapa cara mewaralabakan usaha kita akar cuan yang dapat Anda perhatikan. Setiap pengusaha tentu ingin memperoleh keuntungan yang besar, sehingga tentu harus memperhatikan dengan seksama hal-hal yang dapat membuatnya mencapai keinginan tersebut. 



Artikel ini bersumber dari dewabiz.com.