Desember 8, 2022

Fog lamp atau lampu kabut merupakan salah satu fitur keselamatan yang umumnya ada pada mobil, termasuk pada mobil Honda Brio. Ketika fog lamp rusak dan mau diganti, ada cara pasang fog lamp Honda Brio yang bisa dilakukan dengan mudah.

Sebenarnya, pemasangan fog lamp dianjurkan untuk dilakukan di bengkel dengan bantuan teknisi yang sudah ahli. Tapi, kalau ingin lebih hemat dan melakukan pemasangan sendiri di rumah, kamu bisa menyimak langkah-langkahnya di artikel ini.

Cara pasang fog lamp Honda Brio 

Tidak sulit untuk memasang fog lamp sendiri di rumah. Cara pasang fog lamp Honda Brio kurang lebih sama dengan skema pemasangan fog lamp untuk mobil jenis lainnya. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Parkir mobil di tempat rata

Pertama-tama, parkirkan mobil di tempat dengan permukaan yang rata. Gunakan rem parkir untuk memastikan mobil terparkir dengan baik selama proses pemasangan fog lamp berlangsung.

2. Buka bumper mobil

Selanjutnya, buka klip pada bumper mobil. Klip bisa kamu temukan pada bagian spakbor ban depan. Setelah bumper terbuka, coba cari dudukan fog lamp. Umumnya, dudukan fog lamp ini terletak di bumper, tepatnya di bawah lampu utama.

3. Pasang fog lamp

Setelah menemukan dudukan fog lamp, kamu akan melihat adanya penutup dudukan yang tertutup dengan klip. Buka klip penutup dudukan tersebut lalu pasang fog lamp. Gunakan baut untuk mengencangkannya.

4. Tutup bumper mobil

Jika fog lamp sudah terpasang, tutup kembali bumper mobil serta penutup dudukan fog lamp yang sebelumnya sudah dibuka. Di tahap ini, fog lamp sudah terpasang, namun belum bisa langsung digunakan.

5. Memasang kabel fog lamp

Agar fog lamp yang sudah terpasang bisa digunakan, kamu perlu memasang kabel fog lamp terlebih dahulu. Ada dua ujung kabel yang perlu diperhatikan, yaitu bagian yang disambungkan ke mesin mobil dan bagian yang disambungkan ke lampu.

Tapi, kabel ini tidak tersambung langsung ke fog lamp, melainkan ke lampu senja. Jadi, nantinya fog lamp akan otomatis menyala bersamaan dengan lampu senja dan tidak bisa menyala sendiri.

6. Menyambungkan kabel

Sambungkan kabel ke mesin mobil dan juga ke bagian lampu senja. Selain itu, akan ada listrik yang disambungkan dari fog lamp langsung ke aki. Sebab, fog lamp memang memiliki soket tersendiri yang bisa terhubung langsung ke aki mobil.

Itulah langkah-langkah untuk memasang fog lamp pada Honda Brio. Jika tidak yakin bisa melakukan langkah-langkah di atas sendirian, kamu bisa meminta bantuan ahli dengan membawa mobil ke bengkel.

Harga fog lamp Honda Brio 

Sama seperti mobil lainnya, Honda Brio juga sudah dilengkapi dengan fog lamp bawaan. Akan tetapi, jika ingin melakukan modifikasi atau mengganti fog lamp yang rusak, kamu bisa membeli fog lamp baru.

Umumnya, fog lamp dijual dalam bentuk set yang berisi dua buah lampu mobil. Karena, jarang sekali ada pemilik mobil yang mengganti satu fog lamp saja. Berikut ini daftar harga fog lamp Honda Brio di e-commerce.

Nama fog lamp Harga
Lowin HD142E Honda Brio Rp375 ribu
Lampu H11 H16 3 Warna Rp250 ribu
DLAA HD863 Honda Brio Rp483 ribu
Foglamp Otoproject Premium Rp575 ribu
H11 Autovision Xandway Rp750 ribu
New Brio Philips Ultinon 2 Warna H11 H16 Foglamp Rp1,32 juta
Osram Headlamp H4 Premium+Foglamp H11 XLZ Rp1,72 juta
Brio Satya Osram Premium 2 Set Headlamp H4 Foglamp H11 Rp2,2 juta

Tips memilih fog lamp agar tidak salah beli

Ada banyak pilihan fog lamp yang saat ini dijual di pasaran. Selain memperhatikan cara pasang fog lamp Honda Brio, perhatikan juga hal-hal berikut ini agar tidak salah memilih fog lamp.

1. Pilih fog lamp dengan cahaya kuning

Hindari menggunakan fog lamp dengan cahaya berwarna putih dan terlalu terang. Sebab, cahaya yang seperti ini bisa membuat pengendara lain silau dan sulit melihat jalan dengan jelas. 

Selain itu, fog lamp yang cahayanya berwarna kuning memiliki daya tahan yang lebih tinggi, bisa mencapai 500 jam. Jadi, disarankan untuk memakai fog lamp yang cahayanya berwarna kuning, ya.

2. Pilih fog lamp yang dijual dalam bentuk set

Satu set fog lamp biasanya terdiri atas perangkat lampu, kabel, baut, switch, dan relay. Ketika fog lamp tersebut akan dipasang, kamu tinggal mengambil baut, kabel, dan komponen lainnya yang sudah disediakan dalam set tersebut.

Sementara, kalau kamu membeli fog lamp secara satuan, kamu masih harus repot-repot mencari kabel dan baut di tempat lain. Hal ini tentu tidak efektif dan akan mempersulit kamu ketika akan memasang fog lamp sendiri di rumah.

3. Pilih fog lamp yang tahan air

Pertimbangkan juga untuk memilih fog lamp yang tahan air. Fog lamp yang tidak tahan air tidak bisa bekerja dengan maksimal setelah terkena air, apalagi di musim hujan ketika hujan sedang turun cukup lebat.

Padahal, lampu kabut ini diperlukan sebagai penerangan ketika hujan. Jika fog lamp tidak tahan air, maka lampu tersebut tidak akan bisa bekerja dengan maksimal di musim hujan.

4. Pilih bohlam berjenis halogen

Bohlam berjenis halogen merupakan bohlam yang memancarkan cahaya berwarna kuning. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, fog lamp sebaiknya bercahaya kuning agar lebih aman dan juga awet.

Bohlam berjenis halogen terkena memiliki daya tahan yang lama. Jadi, ketika menggunakan bohlam jenis ini untuk fog lamp, fog lamp mobilmu pasti akan lebih awet.

5. Pilih fog lamp yang dilengkapi reflektor

Reflektor adalah alat yang bekerja dengan memantulkan cahaya. Fungsinya supaya cahaya dari lampu senja bisa menjangkau area yang lebih luas.

Memilih fog lamp yang dilengkapi dengan reflektor memungkinkan kamu untuk mendapatkan penerangan lampu senja yang lebih luas, sehingga lebih mudah untuk berkendara di tempat yang berkabut.

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil terbaik 

Selain rutin melakukan servis agar kendaraan tetap prima, penting juga buat kamu untuk memberikan proteksi asuransi mobil terbaik. Asuransi mobil memberikan perlindungan finansial dari risiko kecelakaan maupun bencana alam yang membuat mobil kamu rusak dan harus dibawa ke bengkel. 

Kalau punya asuransi,  kamu tidak perlu lagi khawatir soal biaya perbaikan di bengkel yang mahal karena akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Sudah paham mengenai manfaat asuransi mobil namun bingung harus memilih asuransi mobil yang mana? Kuis Asuransi Mobil dari Lifepal ini bisa membantu kamu menemukan jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Cobain, yuk! 

Setelah mendapatkan rekomendasi jenis asuransi mobil yang cocok, lanjutkan dengan menghitung perkiraan biaya premi asuransi mobil yang mesti kamu bayarkan menggunakan Kalkulator Premi Asuransi Mobil berikut ini. 

Pertanyaan seputar cara pasang fog lamp Honda Brio 

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.