November 26, 2022

Cara reset ABS Toyota Yaris sedikit berbeda dari sekedar mematikan lampu ABS saja. Prosedur reset biasanya dilakukan ketika sudah selesai melakukan perbaikan agar nantinya lampu ABS tidak kembali menyala. 

Cara reset ABS Toyota Yaris sebetulnya juga cukup mudah, namun kamu akan membutuhkan tools tambahan untuk prosesnya.

Perlu diketahui bahwa mobil keluaran terbaru termasuk Yaris umumnya sudah dilengkapi dengan sistem ABS atau Anti-lock Brake System. ABS ini berfungsi untuk mencegah agar sistem pengereman tidak terkunci ketika kamu melakukan pengereman mendadak.

Jika sistem pengereman terkunci maka mobil akan hilang kendali, sehingga dapat berakibat fatal pada keselamatan pengemudi. 

Jika lampu indikator ABS menyala maka artinya ada kerusakan pada sistem ABS. Namun tak perlu khawatir, karena kerusakan ini bisa diperbaiki dan juga sistem pengereman manual masih tetap bisa berfungsi.

Untuk kamu yang sedang mengalami masalah dengan lampu ABS, yuk simak bagaimana cara reset ABS Toyota Yaris, apa penyebab lampu ABS tetap menyala dan bagaimana untuk mematikannya.

Apa arti lampu ABS?

Nah sebelum membahas soal cara reset ABS Toyota Yaris, penting untuk memahami apa maksa dari lampu ABS yang terus menyala. 

Lampu ABS umumnya akan menyala ketika kamu menyalakan kontak mesin untuk pertama kali. 

Setelah itu lampu indikator ABS akan mati secara otomatis beberapa detik kemudian. Apabila lampu ABS masih terus menyala, artinya ada malfungsi pada sistem pengereman ABS.

Meski lampu ABS terus menyala, kamu masih tetap dapat mengendarai mobil seperti biasa. Akan tetapi jika kamu melewati jalan yang licin atau basah, ada kemungkinan mobil akan mengalami slip.

Pada beberapa model lainnya, lampu ABS juga bisa menyala beberapa kali ketika rem diinjak mendadak. Ini menandakan bahwa sistem ABS bekerja dengan baik. Namun kembali lagi, jika lampu ABS terus menyala maka artinya ada masalah yang harus segera diperbaiki. 

Apa penyebab ABS nyala terus?

Lampu ABS yang terus menyala mengindikasikan bahwa ada masalah yang harus segera dicari sumbernya dan segera diatasi agar tak membahayakan. 

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab lampu ABS terus menyala yaitu:

  • Adanya masalah pada speed sensor
  • Unit kontrol bermasalah
  • Adanya gangguan pada instalasi kabel di dalam mesin mobil
  • Kekurangan minyak rem mobil
  • Sedang melakukan pengecekan bohlam
  • Adanya kegagalan dalam sistem pemompaan
  • Kerusakan pada solenoid

Jika lampu ABS di mobil kamu terus menyala, maka cobalah cek beberapa faktor penyebab di atas. Kamu juga bisa membawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan.

Cara mengetahui masalah pada sistem ABS

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa lampu ABS yang terus menyala bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk kerusakan pada solenoid, minyak rem kurang dan sebagainya.

Lalu bagaimana cara mengetahui masalah apa yang sebenarnya terjadi pada sistem ABS?

Ternyata cara untuk mengetahui sumber masalah pada lampu ABS adalah dengan melakukan pemeriksaan DLC, dengan cara:

  1. Carilah lokasi DLC 3, biasanya ada di bagian bawah setir bagian kanan. DLC 3 ini terdiri dari 16 terminal
  2. Hubungkan terminal 4 dan terminal 13 menggunakan kabel jumper
  3. Putar switch pengapian ke posisi on 
  4. Indikator lampu ABS akan menyala sesuai kode DTC
  5. Apabila lampu indikator ABS normal, maka akan berkedip secara teratur dengan interval 0,25 detik
  6. Jika lampu ABS menyala dengan pola tertentu maka artinya ada masalah pada sistem ABS. Pola kedipan ABS dapat menunjukkan kode masalah atau kerusakan yang terjadi pada ABS

Beberapa contoh kode kerusakan ABS misalnya kode 31*1 atau 32*1 menunjukkan masalah pada speed sensor roda depan, kode 21, 22, dan 23 biasanya menandakan ada masalah pada solenoid dan sebagainya. 

Cara reset ABS Toyota Yaris

Cara reset ABS Toyota Yaris biasanya dilakukan setelah melakukan perbaikan pada sumber masalah sistem ABS. Cara reset ABS Toyota Yaris ini ditujukan agar lampu ABS tidak menyala kembali. 

Ada dua cara reset ABS Toyota Yaris, yaitu menggunakan scan tools atau bisa juga dengan metode SCS Short Connector.

1. Cara reset ABS Toyota Yaris dengan metode SCS Short Connector

Salah satu cara reset ABS Toyota Yaris adalah dengan menggunakan metode SCS Short Connector, kamu bisa ikuti prosedur berikut:

  • Putar kunci kontak (switch) ke posisi off
  • Hubungkan terminal 4 dan terminal 13 menggunakan kabel jumper
  • Injak pedal rem, biasanya rem akan terasa keras ketika diinjak dalam kondisi mesin mati
  • Putar switch pengapian ke posisi on dengan pedal rem yang masih diinjak
  • Tunggu hingga indikator ABS mati, lalu lepaskan rem perlahan
  • Lampu indikator ABS akan kembali menyala, lalu injak lagi rem dengan kuat
  • Jika lampu ABS sudah mati lepaskan rem 

Apabila lampu indikator sudah normal kembali, jangan lupa untuk memutar switch ke posisi off lagi. 

2. Reset ABS Yaris dengan scan tools

Selain dengan metode SCS Short Connector, cara reset ABS Toyota Yaris juga bisa dilakukan menggunakan scan tools. Caranya yaitu:

  • pastikan switch dalam posisi off
  • Hubungkan scan tool ke 16 pin DLC connector, biasanya ada di sebelah bawah setir sisi kanan
  • Putar switch ke posisi on
  • Hapus DTC ABS dengan scan tools yang kamu gunakan

Cara ini memang lebih mudah, namun kamu harus punya scan tools terlebih dahulu. Jika kesulitan mengatasi masalah indikator ABS sendiri, sebaiknya bawa saja mobil kamu ke bengkel spesialis rem ABS

Pentingnya memiliki asuransi mobil

Ketika berkendara dengan mobil tentu ada berbagai kemungkinan resiko yang terjadi, entah itu mobil tertabrak, tergelincir, terperosok, atau bahkan tertimpa bencana tak terduga lainnya. 

Resiko-resiko ini tentunya dapat mengakibatkan kerugian finansial, yang bisa saja jumlahnya cukup besar. 

Memiliki asuransi mobil adalah salah satu cara agar kamu dapat terhindar dari kerugian apabila terjadi resiko-resiko yang tidak diinginkan. 

Melalui asuransi mobil ini,perusahaan asuransi yang bertindak sebagai pihak Penanggung akan memberikan ganti rugi terhadap kerugian yang kamu alami. 

Manfaat pertanggungan yang diberikan pihak penanggung umumnya menyesuaikan dengan perjanjian atau polis asuransi, baik mengenai besaran ganti rugi, jenis ganti rugi atau manfaat lainnya.

Dengan adanya asuransi mobil ini tentunya kamu tak perlu mengeluarkan biaya dalam jumlah besar apabila sewaktu-waktu mengalami kecelakaan atau kerugian lainnya. 

Asuransi mobil juga dapat memberikan manfaat lain, seperti misalnya manfaat perlindungan kecelakaan diri, mobil derek saat mobil mogok, mobil ambulans saat terjadi kecelakaan, tanggung jawab pihak ketiga dan manfaat lainnya. 

Cek asuransi mobil yang cocok dengan kuis asuransi mobil terbaik berikut ini.

FAQ seputar cara reset ABS Toyota Yaris

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.