Desember 6, 2022

Cara reset alarm mobil Toyota Avanza sangat mudah dilakukan. Namun, sayangnya banyak pemilik mobil Avanza yang belum mengetahui informasi ini. 

Biasanya, pemilik mobil Toyota Avanza ingin mengatur ulang alarm karena mengalami masalah seperti alarm mobil yang tidak berfungsi. Ketika tombol pada kunci mobil dipencet, alarm tidak menyala seperti seharusnya. 

Masalah lain yang sering juga dialami adalah alarm mobil yang terlalu sensitif. Hanya benturan kecil saja pada ban mobil memicu alarm sehingga mobil mengeluarkan bunyi menyalak. 

Nah, bagaimana sih mengatasi permasalah alarm seperti itu? Bagaimanakah cara mereset alarm Avanza? Berikut pembahasan lengkapnya. 

Cara reset alarm mobil Toyota 

Berikut ini adalah beberapa cara mereset alarm mobil Toyota Avanza dari berbagai kondisi, seperti mengubah settingan mode normal  ke valet mode atau sebaliknya. 

Reset alarm dari valet mode ke normal mode

Sebelumnya, kamu perlu mengetahui lampu indikator alarm yang terdapat pada dashboard mobil akan menyala terus menerus saat mode valet dijalankan. Sebaliknya jika pada posisi normal, lampu indikator hanya berkedip-kedip. 

Kamu perlu melihat lampu indikator alarm pada dashboard mobil ini untuk mengetahui apakah cara reset alarm Toyota Avanza yang kamu lakukan sudah berhasil. 

Berikut langkah-langkah untuk mereset alarm mobil Avanza. 

  • Putar kunci kontak dari posisi ACC ke ON tiga kali tanpa jeda. Ingat, posisi terakhir adalah ON.
  • Tunggu sekitar tiga detik sampai lampu indikator dashboard padam.
  • Kembalikan kunci kontak ke posisi Lock. 

Selesai, seharusnya alarm mobil kamu sudah menyala kembali. 

Reset alarm dari normal mode ke valet mode 

Fungsi alarm memang penting, namun terkadang pemilik kendaraan ingin mematikan bunyi alarm karena mengganggu. Pada mobil Avanza, hal tersebut dimungkinkan melalui mode valet. 

Berikut cara mematikan alarm mobil Avanza. Sebagai catatan, cara ini hanya berfungsi untuk mobil Avanza tahun 2011 ke bawah, ya. 

  • Nyalakan lampu kabin mobil dengan cara mengganti posisi settingannya dari OFF ke DOOR, jangan pada posisi ON. Fungsinya untuk memastikan pintu mobil tertutup. 
  • Masukkan kunci mobil pada kunci kontak lalu injak rem dan tahan. 
  • Putar kunci mobil dari ACC ke ON sebanyak tiga kali dengan cepat.
  • Jika lampu indikator menyala, itu artinya sudah berhasil. 

Untuk memastikan alarmnya sudah nonaktif, cobalah buka mobil kamu menggunakan kunci manual. Seharusnya, mobil Avanza kamu sudah tidak mengeluarkan bunyi peringatan lagi. 

Sebaliknya, jika mobil tetap mengeluarkan bunyi menyalak saat kamu membuka pintu mobil menggunakan kunci manual, itu artinya alarm mobil Avanza masih berfungsi. 

Reset alarm Toyota Avanza yang error  

Kamu mungkin pernah mengalami saat fungsi tombol remote pada kunci mobil Avanza rusak, entah itu karena terjatuh atau tercebur ke dalam air. 

Pada saat yang bersamaan, mobil Avanza sudah terkunci dan saat kamu memasukkan kunci pada pintu mobil, Avanza malah mengeluarkan bunyi menyalak. Seolah-olah ada upaya pembobolan sehingga mobil Avanza mengeluarkan peringatan. 

Nah, bagaimana jika berada pada posisi ini? Berikut caranya. 

  • Buka pintu mobil secara manual menggunakan kunci biasa. 
  • Masukkan kunci mobil ke kunci kontak kendaraan lalu putar bolak-balik sebanyak 10 kali. 

Selesai, seharusnya alarm mobil kamu sudah tidak menyala lagi. Sangat mudah, bukan? 

Cara mengatur sensitivitas alarm mobil Avanza 

Banyak pengguna mobil Avanza yang mengeluhkan alarm-nya terlalu sensitif sehingga cukup mengganggu. 

Sebenarnya, kamu bisa mengatur agar sensitivitasnya berkurang, tanpa harus ke bengkel mobil terdekat.  Berikut cara mengatur sensitivitas alarm mobil Avanza. 

1. Siapkan obeng 

Untuk mengatur sensitivitas, kamu perlu memutar tombol di modul alarm menggunakan obeng. Jadi, persiapkan obengnya terlebih dahulu, ya. 

2. Cari lokasi modul alarm 

Lokasi modul alarm pada Toyota Avanza berada di bawah stir mobil, tepatnya di samping kopling mobil. Kamu perlu mencopot penutup dengan melepaskan dua klep menggunakan tangan untuk mendapatkan modul alarm yang ada di dalamnya. 

Lokasi modul alarm memang berbeda-beda, tergantung dengan merek mobilnya. Pada Toyota Calya misalnya, letak modul berada di bawah laci dashboard sebelah kiri. 

3. Atur sensitivitas alarm mobil 

Setelah modul alarm sudah ketemu, kamu bisa lihat ada tombol kecil yang bisa diputar dengan obeng. 

Jika diputar mentok sampai ke kiri, itu berarti tidak ada sensitivitas sama sekali pada alarm mobil. Namun jika diputar ke kanan sampai full, berarti settingannya sangat sensitif. 

Kamu perlu memutar tombol modul alarm tersebut sampai pada level sensitivitas yang diinginkan. 

Jika sudah dirasa cukup, tutup kembali panel yang menutupinya lalu coba lakukan pengetesan. 

Demikianlah pembahasan mengenai cara reset alarm Toyota Avanza. Semoga bisa membantu, ya. 

Tips dari Lifepal! Sebaiknya, selalu aktifkan alarm mobil kamu terutama jika daerah tempat tinggal termasuk yang rawan pencurian. Alarm mobil merupakan fitur penting yang didesain agar bisa memberikan peringatan bila ada upaya pembobolan pada mobil. 

Atur sensitivitas alarm sampai pada level yang membuatmu nyaman. Ini mungkin membutuhkan beberapa kali percobaan sampai kamu menemukan settingan yang tepat. 

Penting memiliki asuransi mobil

Setelah mengetahui bagaimana cara reset alarm Toyota Avanza, kini saatnya kamu memikirkan untuk membeli asuransi mobil.

Mengapa asuransi mobil penting? Karena asuransi mobil akan memberikan banyak manfaat yang bisa memproteksi finansialmu.

Manfaat yang akan kamu dapatkan yakni, jaminan ganti rugi apabila mobil kamu lecet, baret, terperosok, rusak, atau bahkan jika hilang dicuri oleh orang.

Bayangkan jika kamu tidak memiliki asuransi mobil, maka pengeluaran kamu akan tekor karena harus menanggung biaya kerusakan mobil yang tidak murah.

Cek asuransi mobil yang cocok dengan kuis asuransi mobil terbaik berikut ini.

Pertanyaan seputar cara reset alarm Toyota Avanza

Penting! Karena asuransi mobil akan memberikan banyak manfaat yang bisa memproteksi finansialmu.

Manfaat yang akan kamu dapatkan yakni, jaminan ganti rugi apabila mobil kamu lecet, baret, terperosok, rusak, atau bahkan jika hilang dicuri oleh orang.

Bayangkan jika kamu tidak memiliki asuransi mobil, maka pengeluaran kamu akan tekor karena harus menanggung biaya kerusakan mobil yang tidak murah.

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.