Desember 4, 2022

Cara setel RPM Innova bensin penting untuk dipahami, karena kenyamanan berkendara sangat tergantung dari kestabilan idle atau langsam. 

Idle atau langsam merupakan sensor yang berfungsi untuk menunjukkan kestabilan kondisi mobil. Apabila idle tidak stabil, artinya ada masalah dengan mobil yang biasanya ditandai dengan mesin yang tersendat atau tidak lancar saat dikendarai. 

Langsam yang tidak stabil biasanya ditandai dengan naik dan turunnya idle secara drastis dan mendadak.

Cara setel RPM Innova bensin ini bertujuan untuk mengatur kembali idle atau langsam agar mobil kembali nyaman dikendarai. 

Adapun cara setel RPM Innova bensin sebetulnya cukup mudah, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah atau bisa juga dengan membawa mobil ke bengkel. 

Cara setel RPM Innova bensin

Idle yang tidak stabil tentu mengganggu kenyamanan berkendara, karena itu penting untuk melakukan penyetelan agar idle kembali stabil. Cara setel RPM Innova bensin cukup mudah, yaitu:

1. Putar ISAS Screw ke arah kiri

Cara setel RPM Innova bensin yang pertama yaitu dengan memutar ISAS Screw ke arah kiri. Hal ini dilakukan ketika idle turun, atau dengan kata lain untuk menaikkan idle.

Dengan memutar ISAS Screw ke kiri maka idle akan naik, akan tetapi perlu diingat juga agar tidak terlalu berlebihan saat memutarnya. 

Sebelum menyetel idle ada baiknya juga untuk mengetahui standar RPM dalam kondisi normal. 

Posisi ISAS yang berubah ini merupakan salah satu penyebab idle menjadi tidak stabil.

2. Putar ISAS Screw ke arah kanan 

Untuk menurunkan idle kamu hanya perlu memutar ISAS Screw ke arah kanan, berkebalikan dengan cara yang sebelumnya. 

Saat ISAS Screw diputar ke arah kanan maka idle akan turun sehingga idle akan kembali stabil. 

Idle yang terlalu tinggi harus segera diturunkan dan distabilkan, karena selain membuat berkendara menjadi tidak nyaman juga dapat membuat mesin mobil overheat. 

Dengan kata lain untuk menurunkan idle kamu perlu memutar ISAS Screw ke kanan, sedangkan untuk menaikkan dengan cara memutar ke kiri. 

3. Mengatur RPM idling mesin sesuai dengan kebutuhan

Apabila idle injeksi mesin masih naik turun dan tidak stabil, maka kamu bisa menyetel RPM di angka normal yaitu antara 750 hingga 850 RPM. 

Saat RPM sudah diatur di angka normal tersebut, cobalah untuk menyalakan lampu dan AC mobil. Hal ini bertujuan untuk memberikan beban sehingga kamu dapat mengecek kestabilan idle. 

Jika mesin mobil kemudian mati, putarkan ISAS ke kiri sebanyak seperempat putaran dan lakukan terus secara perlahan sampai lampu dan AC mobil menyala lagi. 

Cara setel RPM Innova bensin ini sebaiknya memang diterapkan dalam tiga kondisi, yaitu ketika langsam sedang naik, langsam sedang turun dan ketika langsam bergerak tidak stabil. 

Apabila sudah dilakukan beberapa cara setel RPM Innova bensin namun idle atau langsam masih tetap saja tidak stabil, maka artinya ada masalah pada mobil kamu. Segera bawa mobil ke bengkel untuk segera mendapatkan perbaikan. 

Mengapa RPM Innova bisa naik turun?

Selain memahami bagaimana cara setel RPM Innova bensin, penting juga untuk mengetahui mengapa RPM Innova bisa tidak stabil dan naik turun.

Ada beberapa faktor yang membuat RPM mobil Innova injeksi naik turun tidak stabil, di antaranya:

1. Adanya masalah pada mass air flow

Mass air flow merupakan komponen yang memiliki fungsi mendeteksi seberapa banyak massa udara yang bisa masuk ke dalam mesin mobil sesuai dengan kecepatan alirannya.

Ketika mass air flow ini bermasalah maka udara yang masuk ke dalam mesin tidak dapat terdeteksi dengan baik. 

Hasilnya RPM mobil akan menjadi tidak stabil dan naik turun. 

2. Idle speed control yang tidak normal

Penyebab lain mengapa RPM Innova injeksi naik turun adalah karena Idle speed control (ISC) yang tidak stabil.

ISC yang tidak stabil ini bisa disebabkan oleh kotoran yang mengakibatkan suplai udara intake manifold menjadi tersumbat. 

Apabila ISC kotor sebaiknya segera bersihkan menggunakan carburator cleaner, atau lebih mudahnya bawa saja ke bengkel agar dibersihkan oleh montir. 

3. Throttle body kotor

Throttle body yang kotor juga bisa menyebabkan RPM mobil menjadi tidak stabil.

Untuk membersihkan throttle body yang kotor kamu harus mengeluarkan komponen tersebut dari empat atau rumahnya, baru kemudian membersihkan kotorannya menggunakan carbon cleaner. 

Kenapa Innova bensin boros?

Banyak yang mengatakan bahwa konsumsi bahan bakar untuk Innova bensin terhitung cukup boros. Lalu, kira-kira apa penyebabnya? Adalah kaitannya dengan RPM mesin yang tidak stabil?

Ternyata salah satu alasan kenapa konsumsi bahan bakar Innova bensin boros adalah karena RPM mobil saat idle tidak stabil. Itulah mengapa penting untuk menyetel RPM mobil kamu jika dirasa terlalu naik, turun atau ketika tidak stabil. 

Selain masalah RPM yang tidak stabil, konsumsi bahan bakar Innova bensin menjadi boros juga bisa dipicu oleh sebab lain seperti misalnya:

1. Saluran bahan bakar mampet

Mampetnya saluran bahan bakar membuat suplai bensin ke ruang bakar menjadi tidak maksimal.

Hal ini menyebabkan pembakaran bahan bakar menjadi sia-sia dan membuat mesin membutuhkan lebih banyak suplai bensin. Itulah mengapa konsumsi bahan bakarnya pun menjadi lebih boros.

Untuk mengatasinya, bersihkan filter bahan bakar lalu lakukan juga tune up untuk memastikan bahwa saluran bahan bakar sudah benar-benar bersih. 

2. Salah settingan ECU

Biasanya mobil Innova yang sudah di remap memang bisa bertambah tenaganya.

Akan tetapi remap ini juga memiliki kemungkinan mengalami kesalahan, efeknya adalah membuat mobil Innova bensin kamu menjadi lebih boros bahan bakar. 

Jika terjadi kesalahan saat remap, sebaiknya kembalikan pengaturan remap ke default atau bisa juga dengan mengubah remap agar settingnya lebih sesuai. 

3. Bocornya nozzle injector

Injector adalah komponen yang bertugas menyuntikkan bahan bakar ke ruang bakar apabila ada kebocoran pada nozzle injector, maka nozzle akan menyemprotkan lebih banyak lagi bahan bakar. Di sini lah terjadi pemborosan konsumsi bahan bakar. 

Untuk  mengatasi hal ini kamu bisa memperbaiki bagian nozzle, namun jika sudah terlalu parah maka perlu diganti dengan yang baru.

Pentingnya asuransi mobil

Asuransi mobil merupakan produk asuransi yang dapat memberikan pertanggungan ganti rugi apabila terjadi resiko kerugian akibat kerusakan atau kehilangan mobil. 

Kerusakan mobil yang ditanggung asuransi beragam, mulai dari kerusakan akibat tabrakan, benturan, tergelincir, terperosok, kerusakan akibat bencana alam, kebakaran, petir, dan sebab lainnya. 

Asuransi mobil tertentu juga bisa memberikan pertanggungan terhadap resiko kehilangan.

Manfaat pertanggungan asuransi mobil umumnya akan dijelaskan secara detail melalui polis, serta informasi lain seperti misalnya cara klaim asuransi, pengecualian pertanggungan, pembayaran premi dan lain sebagainya. 

Manfaat lain dari memiliki asuransi mobil diantaranya:

  • Memberikan rasa aman bagi pemilik kendaraan, terutama jika sewaktu-waktu terjadi resiko yang tidak diinginkan
  • Adanya manfaat fitur tambahan, seperti misalnya manfaat mobil ambulance, asuransi kecelakaan diri, mobil derek, mobil pengganti dan lain sebagianya
  • Bisa membebaskan kamu dari tanggungan pihak ketiga
  • Membantu merencanakan keuangan dengan lebih baik

Cek asuransi mobil yang cocok dengan mengikuti kuis asuransi mobil terbaik berikut ini.

FAQ seputar cara setel RPM Innova bensin

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.