Desember 6, 2022

Cara setting alarm Toyota Rush sebenarnya cukup mudah, cukup dengan menekan kombinasi tombol pada keyless entry. Namun ternyata masih banyak juga pemilik kendaraan ini yang belum mengetahuinya. 

Biasanya, pemilik mobil Toyota Rush ingin menggunakan mode tanpa bunyi (silent) pada saat kondisi tertentu seperti di rumah, lalu mengaktifkannya lagi (unsilent). 

Penyebabnya bisa bermacam-macam namun yang cukup sering adalah karena sebelumnya salah pencet atau tidak sengaja menekan tombol pada keyless entry sehingga alarmnya tidak berfungsi lagi. 

Nah, dalam artikel ini, Lifepal membahas bagaimana cara setting alarm Toyota Rush untuk mengaktifkan dan menonaktifkannya, mengatur sensitivitas sampai tips merawatnya. Simak sampai selesai, ya. 

Cara mengaktifkan alarm Toyota Rush 

Untuk mengaktifkan alarm mobil Toyota Rush agar bunyi caranya cukup mudah, yakni dengan menekan kombinasi tombol pada kunci mobil. Cara ini berlaku untuk mobil Toyota Rush secara umum. 

  • Pertama, buka pintu depan bagian pengemudi 
  • Tekan tombol Lock – Unlock – Lock – Unlock – Lock – Lock 
  • Selesai, alarm mobil kamu seharusnya sudah berbunyi atau aktif kembali. 

Cara menonaktifkan alarm Toyota Rush 

Lalu, bagaimana jika kamu ingin menonaktifkan saja alarm mobil Toyota Rush kamu? Saat di rumah di siang hari, pemilik mobil biasanya lebih memilih untuk mematikan fungsi alarmnya karena jika berbunyi akan mengganggu tetangga. 

Untuk mematikan alarm Toyota Rush, sebenarnya mirip dengan langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas. Berikut kombinasi tombolnya. 

  • Buka pintu mobil 
  • Tekan tombol Lock – Unlock – Lock – Unlock – Lock – Lock 
  • Selesai, alarm mobil kamu seharusnya sudah tidak berbunyi atau nonaktif. 

Cara mengatur sensitivitas alarm Toyota Rush 

Masalah lainnya yang juga kerap dikeluhkan pemilik mobil Toyota Rush terkait dengan alarm mobil adalah sensitifitasnya. 

Masalah ini sebenarnya dialami juga oleh pemilik mobil keluaran terbaru yang sering kali alarmnya terlalu  sensitif. 

Memang, kepekaan yang tinggi pada alarm mobil saat ada bagusnya yakni menghindarkan mobil dari risiko kehilangan. Namun, bila terlalu sensitif membuat pemilik mobil tidak nyaman. 

Lalu, bagaimana cara setting alarm Toyota Rush untuk mengatur sensitivitas alarm? Berikut panduannya. 

  • Buka dan tutup lagi pintu mobil sebanyak dua kali. 
  • On-off-kan mobil kamu sebanyak lima kali, jika terkonfirmasi mobil akan bunyi beep satu kali.
  • Jika ingin mengurangi sensitifitas, tekan tombol Unlock. Semakin banyak bunyinya, itu berarti semakin kurang sensitifitas alarm. 
  • Tekan tombol Lock pada keyless entry jika ingin menambah sensitifitas alarm mobil. Kebalikan dari langkah sebelumnya, jika bunyi semakin banyak itu berarti semakin tinggi sensitifitasnya. 
  • Masukkan lagi kunci mobil pada lock kontak dan nyalakan. Akan muncul bunyi mobil sekali lagi yang menandakan cara setting alarm Toyota Rush kamu berhasil. 

Penyebab alarm mobil bunyi terus

Alarm mobil yang bunyi terus menerus sebenarnya masalah yang juga dialami oleh pemilik mobil lainnya. Kondisi ini tentu saja sangat mengganggu, terutama saat kita sedang berada di tempat umum. 

Kalau alarm mobil bunyi terus-menerus, masalahnya buka sekadar settingan seperti yang sudah dijelaskan di atas, bisa saja ada penyebab lain yang mesti kamu tahu. 

Berikut beberapa hal yang menjadi penyebab alarm mobil bunyi terus.

  • Pintu mobil masih terbuka, atau sudah tertutup namun belum sempurna. Cek kembali pintu mobil kamu dan pastikan sudah menutup dengan rapat. 
  • Sensitivitas alarm yang mendeteksi gerakan dan suara pada mobil sudah rusak. 
  • Baterai central lock habis, sebaiknya ganti dengan yang baru di bengkel resmi Toyota. 
  • Terjadi kerusakan pada komponen alarm mobil, entah itu sensornya, control unit, atau sirine. 
  • Sensor kap mesin mobil rusak yang membuat alarm salah menangkap informasi. Cobalah untuk membuka kap mobil kemudian tutup kembali. Lalu, tekan tombol Lock pada mobil. 

Tips merawat keyless entry mobil Toyota Rush 

Keyless entry atau remote mobil yang digunakan untuk mengatur alarm pada dasarnya merupakan remote control yang terdiri dari komponen elektronik. 

Kamu perlu membaca buku petunjuk mengenai penggunaan kunci mobil keyless ini agar jangan sampai merusak komponen elektronik yang ada di dalamnya. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan guna menjaga kunci mobil kamu tetap awet dan terhindar dari kerusakan. 

1. Jangan taruh di tempat panas

Hindari menaruh remote mobil di tempat yang panas, misalnya pada dashboard kendaraan yang biasanya terkena sinar matahari langsung. 

Taruh kunci mobil di tempat yang aman, di tempat yang mudah terjangkau dan jauh dari sinar matahari langsung. 

2. Jangan sampai terkena air 

Hindari remote mobil dari air, misalnya kehujanan sehingga keyless menjadi basah. Hal itu bisa memicu terjadinya korsleting.

Ingat, keyless entry juga adalah komponen elektronik yang bisa mengalami korsleting. Jika remote mobil tidak berfungsi setelah kehujanan, jangan sekali-kali untuk membukanya. 

Bawalah ke bengkel mobil terdekat untuk dilakukan reparasi. 

3. Jangan sampai terjatuh

Usahakan agar remote mobil tidak terjatuh atau menghantam benda keras sehingga memicu kerusakan komponen yang ada di dalamnya. 

Sekali dua kali mungkin remote mobil masih berfungsi dengan baik namun meski terjatuh. Namun bila terlalu sering, bisa membuat controller yang ada di dalam remote terlepas atau patah. 

4. Hindari medan magnet kuat 

Hindari membawa remote mobil di area atau benda yang memancarkan medan magnet kuat karena gelombangnya dapat memengaruhi komponen di dalamnya. 

Hindari juga remote mobil dekat dengan menara pemancar yang bisa membuat baterai remote mobil cepat lemah. 

Nah, itulah cara setting alarm Toyota Rush agar kamu semakin nyaman menggunakannya. Semoga bisa membantu, ya. 

Tips dari Lifepal! Sangat penting untuk memiliki alarm mobil bergaransi agar jika terjadi kerusakan kamu bisa mengajukan penggantian ke bengkel mobil. Fungsi alarm mobil sangat penting untuk menghindari risiko pencurian yang menyebabkan kerugian finansial besar. 

Selain men-setting, kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara reset alarm mobil yang cukup mudah dilakukan. 

Penting memiliki asuransi mobil

Untuk lebih memberikan proteksi terhadap mobil Toyota Rush kesayangan kamu, gunakan asuransi mobil terbaik yang dapat meng-cover risiko kerusakan maupun kehilangan, ya. 

Asuransi mobil akan memberikan manfaat berupa jaminan ganti rugi atas kerusakan mobil, mulai dari kerusakan yang kecil hingga kerusakan berat. Bahkan, apabila mobil kamu dicuri, pihak asuransi juga akan menanggung kerugian yang dialami.

Jika kamu masih bingung menentukan jenis asuransi mobil yang cocok, kamu bisa mengikuti kuis asuransi mobil terbaik berikut ini. 

Pertanyaan seputar cara setting alarm Toyota Rush 

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.