Desember 8, 2022

Bagi seseorang yang tengah bergelut dalam dunia web tentunya sangat penting untuk mengetahui cara setting DNS di Android. Hal ini menjadi informasi penting untuk dapat memudahkan pemilik web untuk mengatur situs dengan mudah dimanapun.

Melakukan setting ini pun pada dasar nya bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, tentunya akan ada informasi penting yang perlu diketahui supaya setting pun bisa dilakukan dengan tepat. Lalu, apa saja yang perlu dilakukan untuk melakukan setting DNS ini? Berikut ulasannya:

Mengetahui Alasan Kenapa DNS Perlu Disetting

Pada dasarnya sebelum memasuki pembahasan terkait cara setting DNS di Android. Tentunya mengetahui kenapa DNS perlu di setting juga menjadi informasi yang perlu diketahui khususnya oleh seseorang yang baru dalam dunia web.

DNS sendiri sebenarnya merupakan suatu sistem yang ada dalam internet. Melalui DNS ini sendiri nantinya suatu search dapat terbaca. Tentunya hal ini berlaku sebaliknya dimana search tidak akan bisa dideteksi bila tidak ada DNS.

Berbagai macam kendala pun juga bisa menjadi masalah bila DNS tidak disetting dengan tepat untuk digunakan. Hal ini karena DNS memiliki peran penting untuk menerjemahkan IP address dari search yang dilakukan.

DNS sendiri nantinya akan membawa pengguna pada pencarian yang dilakukan pada suatu website. Hal inilah kemudian yang membuat DNS menjadi sistem vital dalam suatu website. Tentu tidak heran bila pada akhirnya mampu menyetting DNS adalah hal yang perlu dilakukan oleh pemilik website.

Lambatnya sistem dalam DNS juga menjadi alasan lain yang membuat DNS perlu untuk diatur ulang. Tentunya dengan ini, maka perlu dilakukan penggantian pada server DNS supaya nantinya website pun bisa kembali digunakan dengan optimal.

Supaya bisa mengatur sistem dalam DNS inipun pada dasarnya tidak hanya bisa dilakukan melalui PC. Menggunakan Android pun bisa menjadi pilihan lain yang dapat dilakukan untuk memudahkan proses setting dimanapun serta kapanpun.

Bagaimana Cara Mengatur Ulang DNS Melalui Android?

Seperti yang sempat dibahas sebelumnya bahwa DNS merupakan sistem penting yang sangat diperlukan dalam dunia internet khususnya website. Melalui DNS inilah nantinya setiap pencarian dalam web dapat diterjemahkan untuk kemudian diarahkan pada pencarian.

Melakukan setting DNS ini pun pada dasarnya bisa dilakukan melalui Android dengan mudah dan tentunya cepat. Supaya mengetahui bagaimana cara setting DNS di Android dengan mudah, maka mari simak ulasan berikut:

  • Tahap awal yang perlu dilakukan adalah membuka menu wifi yang ada di ponsel Android.
  • Silahkan tekan lama pada icon tersebut.
  • Langkah berikutnya silakaukan pilih menu pengaturan jaringan supaya bisa menuju langkah selanjutnya.
  • Silahkan tekan pada tombol jaringan wifi.
  • Nantinya akan terbuka menu network details.
  • Tahap berikutnya silahkan klik pada menu IP setting untuk mengubah DNS.
  • Klik static sebagai tahap berikutnya.
  • Nantinya akan muncul beberapa menu seperti DNS serta router.
  • Tentunya untuk mengatur DNS, maka silahkan pilih pada menu DNS.
  • Pada tahap inilah nantinya DNS dapat diganti atau di setting sesuai pilihan yang ada pada menu.
  • Silakan pilih pada opsi antara 8.8.8.8 atau pun 8.8.4.4.
  • Nantinya dua menu ini akan menjadi opsi yang akan membuat daya koneksi pada DNS bisa kembali optimal saat digunakan.

Begitulah tadi sekilas tentang cara setting DNS di Android yang bisa dilakukan dengan mudah. Tentunya dengan melakukan setting DNS ini, maka nantinya jaringan pun bisa kembali lebih optimal. Namun, perlu diingat bahwa menu setting dalam Android juga bisa saja akan berbeda.



Artikel ini bersumber dari dewabiz.com.