November 26, 2022

Semakin banyak mobil bertransmisi otomatis yang dilengkapi dengan perangkat tuas tambahan yakni paddle shift, salah satunya mobil Mitsubishi Pajero Sport. Cara menggunakan paddle shift Pajero Sport pun terbilang cukup mudah.

Awalnya, tuas tambahan yang diletakkan di belakang kemudi ini diperuntukkan untuk mobil balap seperti mobil Formula One (F1). 

Kendati demikian, berkembangnya teknologi di dunia otomotif membuat permintaan paddle shift pada mobil yang diperjualbelikan secara bebas mulai meningkat. 

Umumnya, hanya mobil transmisi otomatis yang dilengkapi paddle shift untuk mempermudah perpindahan gigi secara manual. 

Mobil bertransmisi manual yang dilengkapi paddle shift di antaranya mobil transmisi otomatis konvensional, direct-shift gearbox (DSG), dual-clutch transmission, dan continuously variable transmission (CVT).

Cara menggunakan paddle shift Pajero Sport

Ada dua model paddle shift yakni model yang mengikuti gerak kemudi dan modal statis atau model yang tidak mengikuti gerak kemudi. Beberapa mobil keluaran Mitsubishi telah dilengkapi dengan paddle shift mode statis. 

Paddle shift memiliki fungsi untuk mempermudah perpindahan percepatan transmisi manual pada mobil otomatis tanpa perlu menginjak pedal kopling.

Cara menggunakan paddle shift Pajero Sport saat mobil melintasi medan jalan menanjak adalah dengan menekan tuas paddle shift untuk melakukan perpindahan ke gigi paling rendah supaya mobil tidak kehilangan momentum.

Engine brake akan mengurangi gas dan menurunkan gigi transmisi tanpa perlu digas kembali. Kehadiran paddle shift cukup berpengaruh di saat mobil akan menyalip kendaraan lain atau melintasi medan jalan yang terlalu curam.

Kamu bisa menggunakannya saat mobil berkecepatan tinggi sekalipun. Cukup menekan tombol (-) yang berada di sebelah kiri setir kemudi untuk menurunkan transmisi. 

Saat menurunkan transmisi tersebut, kamu perlu menurunkan persneling secara bertahap. Misalnya dari gigi empat ke gigi tiga dulu bukan langsung ke gigi dua atau gigi satu supaya kondisi gearbox aman.

Dengan begitu, mobil bertransmisi otomatis akan lebih mudah melintasi medan jalan menanjak atau menurun seperti perbukitan

Apabila kamu menurunkan gigi transmisi dari gigi empat langsung ke gigi dua atau gigi satu maka berisiko merusak sistem transmisi mobil hingga kerusakan pada sistem mesin mobil.

Sementara itu, cara menggunakan paddle shift dibedakan berdasarkan posisi transmisinya. Saat transmisi mobil berada di D (drive), tuas paddle shift akan memindahkan persneling secara semi manual sehingga posisi gigi akan berubah dengan sendirinya saat mesin berhasil mendeteksi momentum pergantian gigi sekalipun pengemudi tidak menekan tuas.

Adapun cara kerja paddle shift pada transmisi otomatis di posisi S (sport) menerapkan sistem kerja manual seutuhnya sehingga pengemudi bisa mengontrol perpindahan gigi seperti mobil transmisi manual.

Fungsi paddle shift

Paddle shift yang digunakan pada mobil-mobil transmisi otomatis atau matic untuk mempermudah perpindahan gigi secara manual tanpa perlu melepas setir kemudi. 

Dengan adanya paddle shift pada mobil transmisi otomatis maka pengemudi bisa mendapatkan pengalaman dan sensasi sama seperti saat mengendarai mobil bertransmisi manual.

Letak tuas ini berada di bagian belakang setir kemudi dan terbagi ke dalam dua bagian. Bagian yang kiri (-) diperuntukkan untuk menurunkan gigi sedangkan bagian kanan (+) untuk menaikkan gigi.

Fungsi paddle shift pada Pajero Sport lainnya adalah meningkatkan akselerasi dan torsi serta mendukung proses kerja engine brake.

Perbedaan Tiptronic dan Paddle Shift

Selain paddle shift, ada tuas lain yang memiliki fungsi serupa yakni tiptronic. Kedua tuas ini sama-sama digunakan untuk memberikan pengalaman mengemudi berbeda pada mobil transmisi otomatis namun bisa melakukan perpindahan gigi secara manual.

Bedanya hanya terletak pada tempat penyimpanan tuas ini. Tuas paddle shift berada di belakang setir kemudi sedangkan tiptronic diletakkan di bagian tuas transmisi sehingga saat menggunakannya kamu benar-benar seperti menggunakan mobil transmisi manual dalam bentuk yang lebih sederhana.

Pada tuas tiptronic, untuk menggeser tuas transmisi dari posisi drvie (D) ke arah kanan atau kiri yakni dengan mencari simbol plus (+) atau minus (-). 

Sedangkan untuk menaikkan gigi, kamu bisa menggoyangkan tuas ke atas atau ke simbol plus (+). Adapun untuk menurunkan gigi transmisi tinggal pindahkan tuas ke bawah atau ke simbol minus (-).

Tiptronic memiliki istilah lain yakni sportronic, geartronic, touchshift, dan masih banyak istilah lainnya untuk masing-masing mobil namun tetap memiliki fungsi yang sama.

Apabila mobil kamu transmisi otomatis dan belum menggunakan paddle shift, maka kamu bisa mencari bengkel mobil terdekat yang bisa memasang tuas paddle shift untuk membantu mempermudah kamu memindahkan gigi transmisi.

Tips dari Lifepal! Untuk memilih bengkel mobil adalah pilih bengkel yang memiliki peralatan bengkel terlengkap, teknisi yang telah tersertifikasi dan tentu saja ketersediaan spare part original yang sesuai dengan mobil kamu.

Sekalipun kriteria tersebut hanya ada di bengkel mobil resmi, kamu tak perlu ragu untuk melakukan servis mobil di sana, apalagi hanya karena biaya. Sebab, saat ini ada banyak produk asuransi mobil terbaik yang bisa meringankan beban biaya servis mobil.

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil terbaik 

Selain rutin melakukan servis agar kendaraan tetap prima, penting juga buat kamu untuk memberikan proteksi asuransi mobil terbaik. Asuransi mobil memberikan perlindungan finansial dari risiko kecelakaan maupun bencana alam yang membuat mobil kamu rusak dan harus dibawa ke bengkel. 

Kalau punya asuransi,  kamu tidak perlu lagi khawatir soal biaya perbaikan di bengkel yang mahal karena akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Sudah paham mengenai manfaat asuransi mobil namun bingung harus memilih asuransi mobil yang mana? Kuis Asuransi Mobil dari Lifepal ini bisa membantu kamu menemukan jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Cobain, yuk! 

Setelah mendapatkan rekomendasi jenis asuransi mobil yang cocok, lanjutkan dengan menghitung perkiraan biaya premi asuransi mobil yang mesti kamu bayarkan menggunakan Kalkulator Premi Asuransi Mobil berikut ini. 

Pertanyaan seputar cara menggunakan paddle shift pajero sport 

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.