November 26, 2022

Beredar sebuah narasi bahwa penggunaan set top box pada TV Analog terkait dengan data vaksin. Narasi ini beredar di media sosial.
 
Berikut narasi selengkapnya:


“Vaksin gratis… set top box pun ada yg gratis… Ternyata oh, ternyata … Didalamnya ada rangkaian Bluetooth Low Energy Device untuk membaca data orang2 yg sudah divaksin! Hadeuh …”

[Cek Fakta] Benarkah Set Top Box untuk Membaca Data Orang yang Sudah Divaksin? Ini Faktanya
 
Benarkah demikian?


 

Penelusuran:

Dari penelusuran kami, klaim bahwa set top box pada TV Analog terkait dengan data vaksin, tidak berdasar. Faktanya, tidak ditemukan informasi resmi dan valid mengenai hal itu.
Di sisi lain, set top box digunakan agar TV analog tetap berfungsi. Hal ini merupakan dampak dari kebijakan pemerintah terkait migrasi dari TV analog ke TV digital.
 

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, mengatakan kebijakan ini sesuai dengan rancangan aturan teknis Lembaga Penyiaran Publik (LPP), Lembaga Penyiaran Swasta (LPS), dan Lembaga Penyiaran Komunitas.
 

Dilansir dari Kompas TV, migrasi TV analog ke digital menjadi solusi untuk mengatasi keterbatasan dan inefisiensi pada penyiaran analog.
 

Optimalisasi dan efisiensi yang paling konkret dalam dunia penyiaran bahwa satu kanal siaran dapat diisi dengan jumlah siaran yang lebih banyak.
 

Hal ini tentunya menciptakan digital dividen, yaitu sisa frekuensi yang tidak lagi digunakan oleh TV, nantinya bisa digunakan untuk telekomunikasi.
 

Sementara dampak yang langsung dirasakan masyarakat terkait penggunaan set top box adalah jumlah konten semakin banyak dan kualitas gambar yang semakin baik.


“Kualitas gambaran kalau TV analog ada ‘semutnya’, kalau cuaca bagus atau gangguan apa kepyur-kepyur. Kalau TV digital cling, betul-betul gambarnya bersih suaranya jernih dan canggih,” kata Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti seperti dimuat CNBC Indonesia.com, beberapa waktu lalu.

 
Kesimpulan:
Klaim bahwa set top box pada TV Analog terkait dengan data vaksin, tidak berdasar. Faktanya, tidak ditemukan informasi resmi dan valid mengenai hal itu.
 
Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] Benarkah Set Top Box untuk Membaca Data Orang yang Sudah Divaksin? Ini Faktanya
 

Referensi:

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20221105095516-37-385360/siaran-tv-analog-mulai-dimatikan-ini-alasan-pindah-digital

https://www.kompas.tv/article/132501/siaran-tv-analog-dihentikan-paling-lambat-november-2022-pemerintah-akan-beri-6-7-juta-set-top-box

https://twitter.com/elizabethlisa76/status/1589854117027254272

https://archive.ph/uFwDB
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 

(DHI)


Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.