Desember 8, 2022

3 menit

Pembuatan kritik dan esai pada suatu wacana memang penting dilakukan untuk mengkaji lebih jauh terhadap isinya. Berikut Berita 99.co Indonesia hadirkan contoh kritik dan esai yang bisa kamu simak dalam uraian di bawah ini.

Kritik dan esai merupakan metode pendekatan yang digunakan untuk menghakimi suatu karya.

Selain itu, kritik dan esai juga berperan mengkaji dan menafsirkan karya secara lebih luas lagi.

Ada tiga hal yang harus diperhatikan pada sistematika kritik dan esai yang harus dipenuhi, yakni argumentasi, pernyataan pendapat, dan penegasan ulang.

Untuk mengetahui penjelasannya, kamu bisa simak uraian di bawah ini.

Struktur Kritik dan Esai

menulis

1. Pernyataan Pendapat

Pada esai, pernyataan pendapat atau tesis berisi pandangan awal penulis terhadap hal atau fenomena yang akan dibahas.

2. Argumentasi

Argumentasi terdiri atas beberapa argumen atau pendapat penulis yang beralasan logis dan sifatnya subjektif.

3. Penegasan Ulang

Dalam teks esai terdapat penegasan ulang sebagai sebuah ringkasan tentang apa yang telah disampaikan, atau dengan kata lain sebagai sebuah penekanan daripada bagian argumentasi.

Ciri-Ciri Teks Kritik dan Esai

Sama halnya dengan teks yang lain, kritik dan esai juga memiliki ciri-ciri.

Berikut penjelasannya.

Ciri-Ciri Teks Kritik

  • Memaparkan argumen dan tanggapan pada sebuah hasil karya
  • Memberikan kelebihan dan kekurangan karya tersebut
  • Tidak berprasangka
  • Tidak memandang siapa penulisnya
  • Bersifat objektif
  • Memberikan pilihan koreksi atau perbaikan terhadap karya yang dikritik
  • Menjelaskan kesan pribadi kritikus

Ciri-ciri Esai

  • Sering tidak utuh
  • Memiliki kesan pribadi atau personal
  • Bentuknya prosa
  • Singkat, bisa dibaca habis dalam kurun waktu dua jam
  • Mempunyai gaya pembeda

Contoh Kritik dan Esai

Setelah mengetahui struktur dan ciri kritik dan esai, saatnya kamu bisa memahami lebih jauh soal contoh teksnya

Melansir dari berbagai sumber, inilah contoh kritik dan esai yang bisa kamu lihat dalam uraian di bawah ini

1. Contoh Kritik dan Esai Sastra

Hatiku Selembar Daun
Karya: Sapardi Djoko Damono

Hatiku selembar daun
Melayang jatuh di rumput

Nanti dulu, biarkan aku sejenak terbaring di sini
Ada yang masih ingin kupandangi, yang selama ini senantiasa luput

Sesaat adalah abadi
Sebelum kau sapu tamanmu setiap pagi

Kritik Sastra yang diutarakan:

Syair yang berjudul “Hatiku Selembar Daun” yang ditulis Sapardi Djoko Damono ini berarti tentang seseorang yang meratapi sikap dan nasibnya selama dia hidup. Dia sadar bahwa hidupnya tidak akan berlangsung lebih lama lagi dan waktu tak akan pernah bisa terulang.

Ia sangat menyesali hal yang telah diperbuatnya selama dia hidup. Dia ingin mengubah sikapnya walau dia tahu waktunya tak akan lama lagi, dia melakukan yang terbaik sebelum kematiannya tiba.

2. Contoh Kritik dan Esai tentang Ekonomi

Dampak Covid-19 terhadap Perekonomian di Indonesia

Perlu kita ketahui bahwa selama beberapa tahun terakhir, hampir di seluruh penjuru dunia digemparkan oleh virus Corona atau biasa dikenal dengan sebutan Covid-19. Covid-19 ini memberikan dampak yang besar terhadap perubahan tatanan kehidupan manusia. Tidak hanya pada bidang kesehatan, nyatanya virus Covid-19 ini juga berdampak pada perekonomian di beberapa negara terutama di Indonesia.

United Nation Development Program bahkan telah memperkirakan bahwa pandemi Covid-19 ini akan berdampak pada menurunkan kesejahteraan masyarakat. Apabila dampak ekonomi ini tidak segera ditangani maka dapat membahayakan kehidupan dan mata pencaharian selama bertahun-tahun yang akan datang.

Indonesia juga beberapa kali menggalakkan kebijakan guna mengurangi penyebaran virus Covid-19. Dari upaya tersebut, masyarakat Indonesia diharuskan untuk melakukan berbagai kegiatan di rumah, seperti bekerja dan sekolah yang dilakukan secara daring.

Selain itu, Covid-19 ini juga meningkatkan penggunaan uang digital di kalangan masyarakat untuk menekan penyebaran virus. Pemerintah juga tak kalah turut serta mengeluarkan berbagai kebijakan di bidang ekonomi seperti kelonggaran dalam pembayaran kredit, menanggung pajak penghasilan, serta subsidi listrik.

Maka, dapat disimpulkan bahwa Covid-19 ini dapat memiliki dampak positif maupun negatif.

3. Contoh Teks Esai tentang Kesehatan

menulis

Keharusan Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Mahasiswa menjadi sebutan lazim bagi orang yang sedang mengenyam pendidikan baik di sebuah perguruan tinggi, sekolah tinggi, akademi, maupun universitas. Tentunya jenjang pendidikan ini setingkat lebih tinggi daripada jenjang pendidikan sekolah seperti SMA atau SMK.

Oleh karena itu, seorang mahasiswa bukan lagi remaja atau anak kecil, melainkan orang dewasa yang sudah memiliki pemikiran matang dan mampu membedakan mana yang baik dan buruk bagi dirinya.

Berbicara mengenai baik dan buruk, tentu menjaga kesehatan dan menerapkan gaya hidup sehat merupakan satu hal yang sangat baik bagi seorang mahasiswa. Seorang mahasiswa umumnya memiliki jadwal kegiatan yang sangat padat setiap harinya.

Bagaimana tidak, selain disibukkan dengan tugas-tugas kuliah biasanya mereka juga dituntut untuk terjun langsung ke lapangan. Entah itu untuk sebuah tugas praktik, penelitian, ataupun mengambil survey dari masyarakat. Oleh sebab itu, mahasiswa harus memiliki kondisi kesehatan yang selalu prima sebagai penunjang aktivitas dan karirnya.

Lantas, bagaimana gaya hidup sehat itu? Gaya hidup sehat adalah gaya hidup yang membiasakan melakukan segala sesuatu tanpa membuat tubuh kita terjangkit penyakit yang dapat mengancam kesehatan. Bagi mahasiswa sendiri, pola hidup sehat dapat diterapkan mulai dari cara yang paling sederhana, yaitu dengan mengatur pola makan dan makan-makanan yang bergizi.

Mungkin memang terdengar sepele dan sederhana. Tapi faktanya, hal ini agak sulit diterapkan oleh seorang mahasiswa. Karena kesibukan dan sederet kegiatannya tadi, biasanya mahasiswa memiliki pola makan yang tidak teratur.

Tidak berhenti di situ, kebanyakan mahasiswa juga pergi ke kampus tanpa sarapan terlebih dahulu di pagi hari. Padahal, mengambil sarapan di pagi hari bisa meningkatkan tingkat konsentrasi yang bisa memengaruhi perkembangan akademis.

Sebagaimana riset yang telah dilakukan oleh para ahli dari Wales University, mahasiswa yang mengambil sarapan memiliki perkembangan akademik 22% lebih tinggi dibandingkan yang tidak sarapan. Cukup besar bukan pengaruhnya?

Selain menjaga pola makan dan sarapan, cara menerapkan pola hidup sehat bagi masyarakat yang berikutnya adalah dengan bersikap kritis dalam memilih makanan. Mahasiswa cenderung lebih menyukai makanan cepat saji karena lebih cepat didapatkan dan rasanya juga tetap lezat.Akan tetapi, memakan makanan cepat saji dapat berakibat buruk bagi tubuh karena gizi yang dibutuhkan tubuh tidak terpenuhi.

Kemudian, pastikan juga untuk selalu mengecek kelayakan dan kebersihan makanan yang akan dikonsumsi, terutama pada proses pengolahannya. Makanan yang diolah dengan cara yang kurang baik dan kurang bersih dapat membahayakan tubuh dengan penyakit seperti diare dan gangguan pencernaan.

***

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya, Property People.

Baca informasi menarik lainnya di artikel Berita.99.co.

Untuk dapatkan update dari Berita 99.co Indonesia, yuk ikuti Google News sekarang juga!

Sedang cari rumah impian? Temukan beragam rekomendasi terbaiknya di www.99.co.id dan Rumah123.com, karena kami #AdaBuatKamu.

Di sana, kamu akan dapatkan pilihan terbaik, satunya adalah perumahan Chelsea Modern Home di Jakarta Timur.

Artikel ini bersumber dari berita.99.co.