Desember 4, 2022

Untuk meningkatkan ketampanan dan kegagahan mobil Toyota Fortuner, biasanya pemilik mobil menambah beberapa aksesoris misalnya saja kaca spion tambahan yang disimpan di dekat kap mesin mobil atau biasa disebut kaca spion tanduk. 

Kaca spion tanduk Fortuner biasanya dipasang di bagian depan mobil di dekat kap mesin mobil. Kamu pasti sering melihat mobil SUV dari Toyota ini memiliki kaca spion kecil tambahan, bukan?

Padahal sudah ada kaca spion yang dibekali pabrik Toyota, kenapa harus masih menggunakan kaca spion kecil tambahan lagi?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini informasi tentang cara pasang spion tanduk Fortuner, kegunaannya sampai harga spion tanduk Fortuner.

Cara pasang spion tanduk Fortuner 

Kamu akan sering menemukan mobil SUV terkenal seperti Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport menggunakan kaca spion kecil tambahan yang diletakkan di bagian bodi depan mobil dekat dengan kap mesin mobil.

Selain menjadi aksesoris tambahan, rupanya kegunaan utama dari aksesoris tersebut adalah untuk membantu memudahkan pengemudi saat sedang parkir, melakukan pindah jalur atau saat akan berbelok.

Berikut langkah-langkah untuk memasang spion tanduk Fortuner

1. Persiapkan alat-alat 

Alat yang dibutuhkan untuk memasang kaca spion tanduk Fortuner di antaranya obeng biasa, kunci T 10, lem khusus besi dan pengeras.

Langkah awal untuk memasang kaca spion tanduk Fortuner Adalah dengan melepas beberapa komponen seperti grille, lampu depan dan bemper depan. Pastikan seluruh baut yang ada di bagian grill dan lampu depan telah lepas. 

Selanjutnya, buka bagian bemper depan yang dekat dengan lampu depan sedikit. Setelah semua komponen tersebut telah terlepas, maka kamu bisa mulai memasang kaca spion tersebut. 

2. Cari tahu letak dudukan spion 

Cari tahu letak dudukan spion bagian dalam yang pas supaya saat merekatkan dudukan bagian dalam dan bagian luar bisa menempel dengan sempurna.

Kemudian, sejajarkan dudukan spion bagian dalam dan bagian depan tersebut untuk mengetahui bagian mana yang membutuhkan ganjelan khusus supaya dudukan mampu menopang kaca spion dengan baik.

3. Siapkan dudukan spion

Setelah menemukan posisi mana yang perlu diberi ganjelan, maka kamu bisa menempelkan ganjelan tersebut dengan perekat khusus. Campurkan lem besi dan pengeras dengan rata.

Selanjutnya, rekatkan baut dengan lubang di bagian dudukan tersebut menggunakan campuran lem dan pengeras tadi. Pastikan baut telah menempel rapat dan tepat pada lubang tersebut.

Di bagian luar body mobil, kamu bisa memposisikan dudukan bagian luar supaya simetris dengan dudukan bagian dalam lalu hubungkan dengan baut menggunakan kunci T 10. Kencangkan lubang bagian depan dulu supaya kencang lalu lakukan yang sama pada lubang bagian belakang.

4. Pasang spion tanduk 

Pasang spion tanduk Fortuner pada dudukan yang telah kuat dan kokoh tersebut. Setelah posisi spion tepat, kamu bisa mengencangkan spion pada dudukan menggunakan baut. 

Tips saat mengencangkan spion menggunakan baut adalah jangan dilakukan terlalu kencang agar baut tidak los atau dol. Karena dudukan bagian dalam terbuat dari plastik sehingga tidak membutuhkan tenaga yang besar saat memasang baut.

Terakhir, putar spion tanduk Fortuner ke atas dan posisikan lampu agar bisa berfungsi dengan maksimal.

Fungsi spion tandung fortuner

Umumnya, setiap mobil telah dibekali kaca spion sebagai standar kewajiban saat memproduksi mobil, begitu pula pada mobil Toyota Fortuner. Tetapi, bagaimana dengan spion tambahan ini, apa fungsinya? 

1. Menghindari blind spot 

Untuk beberapa mobil, kaca mobil standar dirasa belum bisa menjangkau seluruh area sekitar mobil khususnya di beberapa area yang sulit terlihat atau area blind spot.

Melihat kebutuhan itu, maka ada banyak pengusaha aksesoris mobil yang berinovasi menghadirkan kaca spion kecil tambahan yang disematkan di dekat kap mesin atau biasa disebut juga sebagai kaca spion tanduk. 

Hampir seluruh mobil Toyota Fortuner dan mobil di kelas SUV bertubuh bongsor menyematkan kaca spion tanduk sebagai pelengkap.

Saat memarkirkan mobil area ban sebelah kiri merupakan area blind spot sehingga sulit untuk mendeteksi apakah ada batu, selokan atau objek lainnya. Lain halnya bila kamu menggunakan kaca spion tanduk maka kamu bisa menghindari objek-objek tersebut.

Termasuk saat kamu akan melakukan manuver, kamu bisa memperkirakan posisi ban depan supaya lebih presisi saat melakukan parkir, manuver, atau berbelok. Fungsi lainnya adalah kamu akan lebih mudah memperhatikan bagian depan hingga belakang mobil yang sulit dijangkau spion standar.

Saat melintasi jalan atau gang sempit, kamu bisa mempertimbangkan jarak bodi mobil dengan objek lainnya melalui kaca spion tanduk sehingga kamu tak perlu takut akan risiko bodi mobil jadi tergores atau penyok. 

2. Mempercantik penampilan 

Fungsi yang terakhir ini adalah fungsi dari segi penampilan, mobil Fortuner kamu akan terlihat lebih gahar dan sporty, cocok sekali dengan mobil SUV.

Bahkan, secara sengaja Toyota menyematkan kaca spion tanduk pada varian terbarunya yakni Toyota New Fortuner melalui fitur New Surround Monitor. Fitur tersebut akan menampilkan top view mobil saat sedang parkir.

Harga spion tanduk fortuner

Apakah kamu mulai tertarik memasang kaca spion tanduk Fortuner untuk mobil SUV kamu? Secara garis besar, harga spion tanduk Fortuner bervariasi mulai dari Rp100 ribuan sampai hampir Rp1 juta. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini harga kaca spion tanduk Fortuner.

Tipe Komponen Kaca Spion Tanduk Fortuner Harga Kaca Spion Tanduk Fortuner
Kaca Spion Kaca Fender Front Mirror Tanduk Depan Kap Mesin Mobil Fortuner Rp115 ribu
Kaca Spion Kaca Fender Front Mirror Tanduk Depan Kap Mesin Mobil Fortuner Rp115 ribu
Kaca Spion Tanduk Fortuner Hitam Putih Rp115 ribu
Kaca Spion Tanduk Grand Fortuner Rp125 ribu
Kaca Spion Tanduk Cap Mesin Putih Grand Fortuner Thn 2012-2013-2014-2015 Rp155 ribu
Kaca Spion Tanduk/Fender/kap Fortuner 2009 2010 2011 2012 2013 2014 Ori Rp580 ribu
Kaca Spion Fender Tanduk Kap Mesin Spatbor Rush Fortuner PZ058-0K501-TM Rp600 ribu
Kaca Spion Tanduk Kap Mesin Spatbor (Spion Fender) Fortuner PZ058-0K501-TM Rp690 ribu
Kaca Spion Tanduk Fortuner Original Rp695 ribu
Kaca Spion Fender Fortuner Tanduk Spion Kap Mesin Original Toyota Rp760 ribu
Kaca Spion Tanduk Device Assy Fortuner 2005-2012 Landcruiser VX100 Original Rp925 ribu

Itulah cara pasang spion tanduk Fortuner dan estimasi harga kaca spion tanduk Fortuner. Apabila kamu mengalami keraguan untuk memasang kaca spion tanduk sendiri di rumah atau sudah mencoba untuk memasangnya tetapi gagal, Lifepal punya solusinya.

Tips dari Lifepal! Bila kamu ragu untuk memasang kaca spion tanduk sendiri atau sudah mencoba memasangnya tetapi gagal maka sebaiknya bawa mobil ke bengkel mobil resmi untuk memasang kaca spion tanduk mobil Fortuner.

Sebab, selain memeriksa, merawat dan memperbaiki performa mesin, bengkel mobil resmi juga bisa memperbaiki dan merawat body mobil. 

Apabila kamu melakukan konsultasi di bengkel mobil Toyota resmi, mungkin mereka memiliki komponen mobil yang kamu butuhkan sehingga kamu tak perlu pusing mencari produk kaca spion tanduk mana yang terbaik untuk mobil Fortuner.

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil terbaik 

Selain rutin melakukan servis agar kendaraan tetap prima, penting juga buat kamu untuk memberikan proteksi asuransi mobil terbaik. Asuransi mobil memberikan perlindungan finansial dari risiko kecelakaan maupun bencana alam yang membuat mobil kamu rusak dan harus dibawa ke bengkel. 

Kalau punya asuransi,  kamu tidak perlu lagi khawatir soal biaya perbaikan di bengkel yang mahal karena akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Sudah paham mengenai manfaat asuransi mobil namun bingung harus memilih asuransi mobil yang mana? Kuis Asuransi Mobil dari Lifepal ini bisa membantu kamu menemukan jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Cobain, yuk! 

Setelah mendapatkan rekomendasi jenis asuransi mobil yang cocok, lanjutkan dengan menghitung perkiraan biaya premi asuransi mobil yang mesti kamu bayarkan menggunakan Kalkulator Premi Asuransi Mobil berikut ini. 

Pertanyaan seputar cara pasang spion tanduk fortuner 

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.