Desember 5, 2022

Jakarta: Digitalisasi saat ini bisa dikatakan hampir merambah semua lini tanpa terkecuali. Bisnis ban sepeda motor juga merasakan manfaat dari digitalisasi berupa kenaikan penjualan hingga 30 persen.
 

FDR Tire, produsen ban dalam negeri, baru saja meluncurkan aplikasi yang mereka beri nama My FDR Tire. Manager Sales & Marketing PT Sigma Jaya Mitra Abadi (main dealer FDR), Ronaldi, menjelaskan kenaikan ini dikarenakan perubahan gaya hidup konsumen lebih familiar dengan digital selama pandemi Covid-19. Efeknya, mereka bisa dengan mudah mengganti bannya cukup dengan melalui sentuhan jari untuk pemesanannya.
 
“Pelanggan bisa membeli ban secara online di toko resmi atau melalui marketplace yang bekerja sama dengan kami. Pelanggan tinggal atur jadwal pemasangan ban secara gratis di 29 bengkel rekanan kami. Lokasi tinggal pelanggan cari lewat aplikasi yang terdekat dengan domisilinya,” ujar Ronaldi Sabtu (19/11/2022) di Kebon Jeruk Jakarta.


Adanya aplikasi tersebut, menurut Ronaldi, sanggup mendongkrak penjualan. “Aplikasi ini kira-kira bisa mendongkrak penjualan all tipe atau semua varian sebesar 30 persen,” terangnya. 
 
Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi ini juga turut membantu peningkatan penjualan. Misalnya saja fitur prototyping yang membuat calon konsumen dapat melakukan gonta-ganti ban motornya secara virtual.
 
Sambil rebahan, calon konsumen bisa mencari ban yang sesuai untuk motornya. Sampai kemudian membelinya melalui aplikasi atau marketplace, lalu dipasang di bengkel rekanan secara gratis. 
 
“Ketika pembelian ban melalui aplikasi atau marketplace, konsumen tak perlu menunggu lama di bengkel. Karena sebelumnya sudah janjian dengan bengkel, jam berapa mau datang untuk pasang ban tanpa dicas biaya,” ujarnya.
 
Walaupun ke depannya, disampaikan Ronaldi, aplikasi di ponsel pintar ini masih perlu terus dikembangkan. Terutama terkait koneksi pusat layanan pelanggan untuk mengoptimalkan pelayanan. Khususnya bila ada pelanggan yang ingin menanyakan atau menyampaikan hal-hal terkait pemasangan ban di sejumlah bengkel rekanan. (Autogear.id/Alun Segoro)

 

(ERA)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.