Desember 4, 2022

Jakarta: Hubungan hanyalah tentang kesabaran, ketekunan, kepercayaan, dan pengertian. Faktor-faktor ini berada di atas cinta dan merupakan alasan utama di balik mempertahankan hubungan. Ketika menghadapi masalah, tak jarang seseorang langsung mengambil keputusan untuk mengakhirinya.

Ya, untuk menjaga suatu hubungan adalah pekerjaan yang berat. Dan seringkali, orang harus menelan kebenaran yang sulit untuk menjaga hubungan tersebut tetap hidup. Berikut adalah beberapa kebenaran hubungan pahit yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya, seperti: 

 

Percakapan yang sulit tidak bisa dihindari

Seperti yang dinukil dari Times of india, kamu dan pasangan akan melakukan banyak percakapan sulit yang akan mengganggu kalian berdua. Percakapan yang sulit ini penting karena akan menentukan dasar dan masa depan hubungan. Percakapan ini pun harus jujur.
 

Ada banyak kompromi

Kamu tidak dapat lari dari kompromi atau mengabaikannya. Untuk tetap dalam hubungan jangka panjang, kamu harus berkompromi dengan satu atau lain cara. Pasalnya, kamu dan pasangan bisa saja akan terus terlibat dalam situasi di mana kamu atau dia yang memegang peranan. 
 

Kuncinya, saling memaafkan

Mempraktikkan saling memaafkan adalah rahasia untuk mempertahankan hubungan yang sukses. Kamu atau pasangan akan membuat kesalahan yang dapat merusak hubungan selamanya. Tapi dengan memaafkan dan pengertian, hubungan itu dapat diselamatkan. Walaupun memaafkan bisa jadi pahit di sebagian besar waktu.



(Saling memaafkan adalah rahasia untuk mempertahankan hubungan yang sukses. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Tak apa membutuhkan waktu sendiri

Jika merasa tidak ingin melihat pasangan sepanjang waktu, maka itu sangat normal dan tidak apa-apa. Setiap pasangan membutuhkan istirahat dan ruang pribadi sesekali atau yang lain. Hal itu bisa menjadi obat agar tidak terlalu monoton atau membuat frustrasi dalam hubungan.


Seseorang bisa berubah

Pasangan kita tidak akan tetap sama selamanya. Begitu pun kamu. Perubahan yang tak terelakkan dan preferensi, suka, pendapat pasti akan berubah seiring waktu. Kamu harus menerima perubahan pasangan seiring waktu dan sebaliknya.
 

Gairah tidak akan bertahan selamanya

Jika gairah sangat penting dalam suatu hubungan, itu tidak akan bertahan selamanya. Gairah dapat menyulut api di antara pasangan tetapi itu tidak akan menjadi alasan mengapa pasangan akan tetap bersatu. Aspek lain seperti pengertian, kejujuran, rasa hormat, dan lainnyal adalah aspek yang menyatukan hubungan.
(yyy)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.