Desember 8, 2022

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof. Dr. Margono Soekarjo atau lebih dikenal masyarakat dengan sebutan Rumah Sakit Margono Soekarjo adalah rumah sakit umum daerah kelas B pendidikan yang dikelola dan dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. 

Didirikan dan beroperasi sejak 1917, Rumah Sakit Margono Purwokerto merupakan salah satu rumah sakit peninggalan pemerintahan Belanda yang khusus memberikan pelayanan kesehatan untuk orang Belanda dan Misionaris yang berada di Purwokerto. 

Rumah Sakit Zending adalah nama awal rumah sakit ini. Setelah kemerdekaan, Rumah Sakit Zending berhasil diambil alih pemerintahan Indonesia.

Pergantian kepemilikan ini sekaligus mengganti nama rumah sakit menjadi Rumah Sakit Umum Purwokerto, sesuai lokasinya yang berada di Purwokerto. 

Lalu, pada 1990 sesuai Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Provinsi Jawa Tengah No. 445/32/1990 tanggal 18 April 1990, Rumah Sakit Umum Purwokerto mulai berkembang dan dilakukan relokasi serta berganti nama menjadi RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo. 

Yang belum diketahui banyak orang adalah ternyata nama Margono Soekarjo adalah nama seorang dokter ahli bedah pertama di Indonesia yang tinggal di Purwokerto.

Sepuluh tahun kemudian, tepatnya pada 2000 Rumah Sakit Margono meningkatkan pelayanan dan fasilitas kesehatannya sehingga sesuai Surat Keputusan Menteri Kesehatan & Kesejahteraan Sosial Republik Indonesia No. 239/Menkes-Kesos/SK/III/2001 menjadi rumah sakit kelas B pendidikan.

Seberapa canggih pelayanan dan fasilitas kesehatan Rumah Sakit Margono? Apakah semakin canggih teknologi kesehatannya membuat tarif kamar rawat inap semakin mahal? Berikut ini penjabarannya.

Profil RSUD Margono Soekarjo

Rumah sakit yang berhasil mendapatkan penghargaan sebagai rumah sakit yang memuaskan kategori A sesuai hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pada 2020 dari Inspektorat Provinsi Jawa Tengah ini memiliki motto, “Melayani dengan sepenuh hati”.

Visi

“Prima Dalam Pelayanan Sub Spesialistik & Pendidikan Profesi”

Misi

  1. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan rujukan subspesialistik,
  2. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang kesehatan,
  3. Mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui peningkatan profesionalisme dan kesejahteraan,
  4. Mengembangkan sarana dan prasarana yang unggul, tepat dan aman,
  5. Mengembangkan sistem manajemen yang handal, transparan, akuntabel, efektif & efisien.

Jam kunjungan pasien rawat inap RS Margono Purwokerto

Kamu yang ingin melakukan kunjungan pasien di kamar rawat inap bisa datang sesuai jadwal jam kunjungan pasien yang berlaku di Rumah Sakit Margono. Berikut ini jam kunjung yang berlaku.

Senin sampai Kamis dan Sabtu sampai Minggu

  • Jam kunjung pagi : pukul 11.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB
  • Jam kunjung sore : pukul 16.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB

Jumat

  • Jam kunjung pagi : pukul 11.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB
  • Jam kunjung sore : pukul 10.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB

Dengan ketentuan jumlah keluarga yang menemani pasien maksimal sebanyak 2 orang dan minimal usia pengunjung adalah 8 tahun.

Sedangkan jam kunjung pasien di ruang intensif HCU mulai pukul 11.30 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB serta jam kunjung sore hari mulai pukul 16.30 WIB sampai pukul 18.00 WIB.

Kebijakan kunjungan saat pandemi Covid 19

Akan tetapi, mengingat pandemi Covid 19 yang masih belum hilang ini, Rumah Sakit Margono Soekarjo mengeluarkan kebijakan sejak 2020 bahwa pasien dilarang menerima kunjungan atau ditiadakannya jam kunjungan pasien rawat inap.

Kontak dan alamat RS Margono Soekarjo

Kontak RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo (Kantor Pusat)

  • Alamat : Jalan Dr. Gumbreg No. 1 Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
  • Telp : (0281) 632708
  • Fax : (0281) 631015
  • Email : [email protected]
  • Situs resmi :

Unit Paviliun Abiyasa dan Pusat Geriatri

  • Alamat : Jalan Dr. Angka No. 1-2, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
  • Telp : (0281) 632704
  • Fax : (0281) 635356
  • Email : [email protected]

Saran dan Kritik

Apabila kamu ingin memberikan saran dan kritik agar pelayanan dan fasilitas yang dimiliki Rumah Sakit Margono Soekarjo semakin canggih, kamu bisa menghubungi beberapa nomor ponsel di bawah ini.

  • 0811 292 2224
  • 0811 292 2225
  • 0811 293 3433

Fasilitas dan layanan medis Rumah Sakit Margono Soekarjo

Sesuai dengan mottonya yaitu melayani dengan sepenuh hati, Rumah Sakit Margono di Purwokerto semakin mengembangkan pelayanan dan fasilitas kesehatan dengan kecanggihan teknologi kesehatan yang dimiliki. 

Beberapa layanan medis yang menjadi unggulan adalah pelayanan bedah saraf, jantung, dan maternal perinatal.

Selain itu, masih ada banyak fasilitas dan layanan medis yang diberikan Rumah Sakit Margono Soekarjo untuk pasiennya, seperti:

  1. Bedah sentral, dilengkapi dengan fasilitas neuroendoscopy, laparoscopy, cusa, bronchoscopy, caspar, endourologi, dan C-Arm.
  2. Endoskopi, teknik yang digunakan Rumah Sakit Margono Soekarjo terbagi menjadi dua yakni pemeriksaan dan pengobatan melalui saluran cerna bagian atas (esogafo gastro duodenoscopi) dan saluran cerna bagian bawah (kolonoskopi).
  3. Transfusi darah.
  4. Radiologi, dilengkapi dengan pemeriksaan MRI atau magnetic resonance imaging.
  5. Radioterapi.
  6. Hemodialisa, pelayanan medis meliputi hemodialisis kronik, sequential ultrafiltration hemodialysis (SQUF HD), sustained low efficiency dialysis (SLED), paediatric hemodialysis, profiling hemodialysis, dan travelling dialysis.
  7. Rehab medik, terdiri dari dokter spesialis rehabilitasi medik, ortotik prostetik, fisioterapis, terapis wicara dan okupasi.

Pelayanan rawat inap

Untuk pasien yang membutuhkan pengobatan dan perawatan menginap, Rumah Sakit Margono Soekarjo memiliki 5 jenis kamar rawat inap. Berikut ini adalah kamar rawat inap dan fasilitas yang akan kamu dapatkan.

  • Kelas VVIP B. Dilengkapi dengan 1 tempat tidur pasien, kamar mandi di dalam dengan ketersediaan air panas atau dingin yang kamu inginkan, bedside cabinet, kulkas 2 pintu, lemari pakaian dan sepatu, over bed table, sofa bed 2 set, televisi, ketel listrik, personal kit, surat kabar harian, souvenir hingga welcome fruits.
  • Kelas VVIP A. Fasilitas kamar kelas VVIP A hampir sama dengan kelas VVIP B, yang membedakannya adalah kulkas dan sofa bed. Pada kelas VVIP A kulkas yang disediakan hanya kulkas 1 pintu dan sofa bed yang disediakan hanya 1 set.
  • Kelas VIP. Dilengkapi dengan 1 tempat tidur elektrik, over bed table, bedside cabinet, sofa, kamar tunggu di teras depan, kursi tunggu di teras depan, lemari pakaian, televisi, kulkas, telepon, kamar mandi dengan ketersediaan air panas atau dingin sesuai yang kamu inginkan, AC dan surat kabar harian.
  • Kelas I. Fasilitas yang disediakan adalah 1 kamar rawat inap dengan 2 tempat tidur pasien, 2 over bed table, 2 bedside cabinet, kamar tunggu di teras, kamar mandi, dan AC.
  • Kelas II. Fasilitas yang disediakan adalah 1 kamar rawat inap terdiri dari 4 tempat tidur pasien, over bed table, 4 bedside cabinet, AC, dan kamar mandi.
  • Kelas III. Fasilitas yang disediakan seperti 1 kamar rawat inap yang terdiri dari 8 tempat tidur, 6 side cabinet, dan kipas angin.

Pelayanan rawat jalan

Rumah Sakit Margono Soekarjo menyediakan perawatan dan pengobatan dengan lebih dari 50 poliklinik yang disediakan, beberapa di antaranya seperti:

  • Poliklinik anak
  • Poliklinik bedah (bedah anak, bedah umum, dan bedah digestive)
  • Poliklinik mulut
  • Poliklinik onkologi
  • Poliklinik orthopedi 
  • Poliklinik bedah saraf
  • Poliklinik bedah plastik
  • Poliklinik bedah toraks,
  • Poliklinik bedah urologi
  • Poliklinik endokrin metabolik dan diabetes melitus
  • Poliklinik gastro entero hepatologi
  • Poliklinik penyakit jantung
  • Poliklinik gigi
  • Poliklinik kulit dan kelamin
  • Poliklinik hipert & ginjal
  • Poliklinik paru-paru
  • Poliklinik penyakit dalam, dan masih ada banyak lagi poliklinik di Rumah Sakit Margono Soekarjo

Mengingat pandemi covid 19, Rumah Sakit Margono Soekarjo menyediakan fasilitas pendaftaran rawat jalan online melalui pendaftaran antrian digital untuk masing-masing poliklinik.

Pelayanan rawat darurat

Pelayanan rawat darurat terbuka selama 24 jam tanpa henti. Selain memberikan pelayanan khusus pada pasien yang sedang diambang kematian, Rumah Sakit Margono Soekarjo juga mengelola pelayanan khusus siaga bencana dan pelayanan medis saat bencana, mengelola pelatihan penanganan pasien gawat darurat bersama divisi Pendidikan dan Penelitian, serta pelayanan maternal perinatal.

Adapun ruang perawatan darurat terdiri dari ruang perawatan IGD abiyasa sebanyak 16 kapasitas, ruang perawatan IGD RSMS sebanyak 28 kapasitas, dan kamar bersalin IGD sebanyak 4 kapasitas.

Pelayanan rawat intensif

Berbeda dengan IGD, instalasi rawat intensif yang dimiliki Rumah Sakit Margono Soekarjo terdiri dari staf dan petugas medis khusus yang bisa memberikan pelayanan selama 24 jam tanpa henti. 

Demi menekan angka kematian pasien saat masih dalam pantauan dan perawatan dokter, rumah sakit umum daerah yang satu ini memiliki tiga bagian khusus untuk menangani pasien, yakni  High Care Unit (HCU), Intensive Care Unit (lCU) dan Intensive and Coronary Care Unit (ICCU).

Tarif kamar rawat inap Rumah Sakit Margono Soekarjo

Berikut ini adalah tarif kamar inap yang berlaku di Rumah Sakit Margono Soekarjo beserta biaya administrasi untuk pasien VVIP, VIP, ataupun Non VIP.

Tipe Kamar Rawat Inap Tarif Kamar Rawat Inap
Administrasi Non VIP Rp10 ribu
Administrasi VIP Rp15 ribu
Administrasi VVIP Rp25 ribu
Kelas III Rp110 ribu
Kelas II Rp300 ribu
Kelas I Rp400 ribu
Kelas Utama Rp500 ribu
Kelas VIP A Rp600 ribu
Kelas VIP B Rp700 ribu
Kelas VVIP A Rp800 ribu
Kelas VVIP B Rp1 juta
Kelas Super VVIP Rp1,5 juta

Simak pula ulasan mengenai RS Ananda Purwokerto  di artikel Lifepal lainnya!

Alur pendaftaran online RS Margono Purwokerto

Rumah Sakit Margono Soekarjo kini sudah memiliki pendaftaran online untuk pemeriksaan rawat jalan, sehingga memudahkan pasien yang akan berobat. Berikut ini beberapa alur pendaftarannya yang harus kamu tahu.

  1. Siapkan berkas-berkas pendaftaran, seperti KTP, kartu kontrol, hingga surat rujukan jika kamu menggunakan BPJS Kesehatan.
  2. Lalu, kunjungi laman untuk melakukan pendaftaran. Isi data-data diri kamu dengan benar. Jika sudah, maka kamu akan mendapatkan nomor pendaftaran online.
  3. Datang ke RS Margono Soekarjo sesuai dengan nomor pendaftaran serta berkas-berkas yang dibutuhkan.
  4. Setelah menunjukkan bukti pendaftaran, kamu bisa menunggu hingga namamu dipanggil nanti.

Asuransi rekanan Rumah Sakit Margono Soekarjo

Bukan hanya menggunakan BPJS Kesehatan saja, melainkan ada banyak perusahaan asuransi terbaik yang menjadi perusahaan penyedia fasilitas kesehatan rekanan Rumah Sakit Margono Soekarjo. Salah satunya adalah Asuransi Jiwa Tugu Mandiri.

Perusahaan asuransi yang satu ini didirikan oleh tiga institusi terpercaya yakni PT Pertamina (Persero), PT Timah (Persero) Tbk, dan Dana Pensiun Kementerian Keuangan Republik Indonesia pada 28 Juni 1985. 

Kini, asuransi yang sudah terjamin legalitasnya oleh Surat Keputusan Menteri Keuangan RI No.Kep-172/KM.17/1993 tanggal 16 Agustus 1993 memiliki banyak produk asuransi.

Selain produk asuransi jiwa yang menjadi andalan, ada banyak produk investasi yang ditawarkan. Bahkan produk asuransi tersebut bisa kamu jadikan investasi hingga mempersiapkan dana pendidikan, antara lain:

  • TM Power Link, TM Personal Accident Medicard
  • TM Power Link – Tugu Prestasi
  • TM Power Link – Tugu Proteksi
  • TM Power Link – Tugu Warisan
  • TM Power Link – Tugu Sejahtera
  • TM Health Guard
  • TM Smart Gift
  • Tugu Dana Maksima
  • Tugu Eka Warsa.  

Keberagaman produk asuransi dan pertanggungan yang tersedia menjadi keunggulan asuransi jiwa Tugu Mandiri. Sebab, nasabah bisa mendapatkan berbagai jenis pertanggungan dari satu produk asuransi. Contoh, kamu dapat menabung untuk dana pendidikan anak sekaligus memproteksi jiwa melalui produk asuransi TM Power Link.

Asuransi jiwa Tugu Mandiri terdiri dari berbagai polis dengan plan yang disesuaikan kebutuhan nasabah. Mulai dari asuransi jiwa untuk individu dan kelompok. Berikut pilihan polis asuransi jiwa Tugu Mandiri yang bisa Anda pertimbangkan.

Yuk segera daftar asuransi terbaik Asuransi Jiwa Tugu Mandiri di Lifepal. Ada banyak promo yang sering diberikan Lifepal untuk pembaca setianya. Tanyakan pada Tanya Lifepal untuk informasi lebih lanjut.

Selain memiliki asuransi kesehatan, jangan lupa juga untuk menyiapkan dana darurat, ya. Cek dana darurat dengan kalkulator dana darurat dari Lifepal ini.

FAQ seputar Rumah Sakit Margono

Biaya kamar rawat inap di rumah sakit margono soekarjo mulai dari Rp100 ribuan hingga Rp1 jutaan tergantung kelas kamar yang kamu pilih.

  • Bedah sentral,
  • Endoskopi,
  • Transfusi darah,
  • Radiologi,
  • Radioterapi,
  • Hemodialisa,
  • Pelayanan rawat inap dan rawat jalan,
  • Pelayanan darurat, dan
  • Pelayanan rawat intensif.

Asuransi rekanan yang bekerja sama dengan RSUD Margono Soerkarjo adalah Asuransi Jiwa Tugu Mandiri. Asuransi jiwa Tugu Mandiri terdiri dari berbagai polis dengan plan yang disesuaikan kebutuhan nasabah. Mulai dari asuransi jiwa untuk individu dan kelompok. Berikut pilihan polis asuransi jiwa Tugu Mandiri yang bisa Anda pertimbangkan.

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.